Cara Mengecat Body Motor Agar Mengkilap Seperti Baru


Cara mengecat body motor agar mengkilap - Pada dasarnya body motor yang sudah berusia lebih dari 5 tahun warna cat akan semakin pudar bahkan banyak noda lecet yang menempel. Minimnya perawatan merupakan salah satu penyebab utama yang mempercepat pudarnya warna cat dek motor anda. Selain karna faktor manusia faktor alam seperti body motor terlalu sering kepanasan juga bisa menjadi penyebab cat motor anda cepat kusam dan pudar.

Selain mengurangi tampilan motor, body motor yang kusam dan pudar pastinya akan mengurangi nila jual motor tersebut. Salah satu cara atau bisa dikatan satu-satunya cara untuk mengembalikan warna cat motor agar mengkilap seperti baru adalah dengan melakukan proses pengecatan ulang. Namun jika proses pengecatan dilakukan secara asal-asalan malah akan memperburuk kondisi body motor anda.

Agar tidak keliru dalam melakukan proses pengecatan berikut ini kami akan memulis turtorial cara mengecat body motor yang bagus. Cara dibawah ini kami tulis stap by stap agar mudah anda pahami. Kebetulan saya sendiri juga seorang tukang cat sehingga tips dibawah ini sudah kami aplikasikan saat bekerja atau saat mengecat body motor. Berikut adalah penjelasanya :

 1. Siapkan Peralatan yang Kita Butuhkan

Peralatan untuk membantu proses pengecatan seperti
  • Siapkan amplas halus nomor 2000 dan 360, karena jika kita menggunakan amplas yang kasar maka setelah dicat nanti goresan bekas amplas akan terlihat. Anda bisa membeli amplas lembaran 1-2 lembar. Anda bisa menggunakan amplas air merk RMC karena amplas ini lebih awet dan tidak mudah sobek jika terkena air. Saya sendiri juga menggunakan amplas RMC ini saat mengecat motor/mobil.
  • Kemudian siapkan juga dempul secukupnya, atau anda bisa membeli dempul berukuran 1kg dengan harga sekitar 35.000(tergantung merk). Jangan lupa juga untuk menyiapkan kape dempul. Dempul disini berfungsi untuk meraeatakan bagian dek motor yang lecet atau tidak rata, namun jika dek motor masih terlihat mulus tanpa lecet tidak usah gunakan dempul.
  • Siapkan epoxy filler, untuk mengecat full body motor anda cukup membeli exopy berukuran 1/4 dengan harga 23.000(tergantung merk). Anda bisa menggunkan expoy merk alfaglos, nipe, nippon dll.
  • Thiner, pastinya temen-temen sudah tahu fungsi thinner adalah untuk mencampurkan atau melarutkan epoxy filler, cat, dan clear coat.
  • Dan pastinya siapkan cat, untuk warna cat body motor yang bagus dan warnanya tidak cepat pudar jika terkena panas. Anda bisa menggunakan cat bakar/cat PU yang biasanya dijual dengan harga 1ons 40rb, 1/4 70rb, 1/2 kg 125rb dan untuk satu 1kg harganya 200rb biasanya untuk warna-warna cerah seperti merah,pink dan putih seralic harganya sedikit lebih mahal. Namun jika budgetnya tipis, anda bisa membeli cat duco biasa yang harganya jauh lebih murah. Untuk satu motor akan menghabiskan 1/4 cat, tergantung besar kecilnya diameter dek motor yang akan anda cat.
  • Kemudian siapkan juga clear coat, yang berfungi mengkilapkan cat dan sebagai pelindung cat agar tidak mudah tergores dan pudar. Dipasaran sendiri banyak merk celar coat dari yang harangay mulai 90rb-500rb/kg. Semakin bagus kualitas clear coat maka harganya akan semakin mahal.
  • Kompon putih, kompon disini digunakan untuk proses finishing. Fungsinya untuk mempoles body motor setelah dicat agar permukaan cat terlihat halus dan mengkilap seperti baru.
  • Terakhir siapkan lakban/isolasi kertas dan koran, fungsinya untuk menutupi bagian dek yang tidak anda cat misal sticer yang menempel pada dek motor atau loga yang menempel pada body motor.
2. Tahap Pengecatan

Cara mengecat body motor agar mengkilap selanjutnya adalah tahap pengecatan. Berikut adalah langah-langah cara mengecat body motor yang benar :
  •  Tahap Pencopotan Dek
Pertama cobot dek motor dari body motor dengan cara melapaskan baut yang menempel, pada tahap ini anda bisa menggunakan obeng dan juga kunci 10inci untuk membantu melepaskan dek motor yang masih menempel. Sebenarnya bisa saja pengecatan dilakukan dengan posisi dek menempel pada body motor, namun untuk mempermudah proses pengecatan anda bisa melepas dek motor tersebut sehingga seluruh bagian dek motor terlapisi cat dengan rata.
  • Tahap Pencucian dan Pengamplasan
Agar cat menempel dan tidak cepat mengelupas, lakukan tapa pencucian dan pengamplasan dengn cara mencuci permukaan dek motor menggunakan sabun colok ataupun sabun cuci piring. Cuci menggunakan air yang bersih, alangkah baiknya anda bisa mencucinya degan air yang mengalir.

Setelah dipastikan permukaan dek motor bersih tahap pengamplasan selesai kemudian anda bisa mengamplasnya dengan amplas nomor 2000. Amplas seluruh bagian permukaan dek hingga partikel jamur yang menempel menghilang. Jika ada kotoran yang sulit untuk dihilangkan anda bisa menambahkan sabun saat mengamplasnya.

Untuk teknik pengamplasnya sendiri lakukan dengan satu arah baik dari ke kiri ke kanan atau sebaliknya, dari bawah keatas atau sebaliknya. Untuk mempermudah proses pengamplasan basahi dengan air permukaan dek dan amplas yang kita gunakan.

Jika ada bagian dek yang lecet cukup dalam atau bagian yang tidak rata, anda bisa mendempulnya dengan halus. Tunggu dempul hingga kering keras kemudian amplas menggunakan amplas nomor 360 hingga dempul terlihat rata dan halus. Biasanya dempul akan mengering dalam waktu 20 menit.
  • Tahap Pengeringan
Setelah bersih dari jamur dan kotoran yang menempel segera keringkan dek motor menggunakan kain kanebo yang memiliki daya serap air yang kuat atau menggunakan kain yang bersih dan halus. Jangan menggunakan kain sembarangan untuk mengeringkanya ya, apa lagi kain tersebut kotor ataupun bekas minyak, oli atau bekas obat pengkilap karena bisa menyebabkan cat tidak menempel pada permukaan body motor.
  • Tahap Mixing/menyampur Cat Epoxy
Proses selanjutnya adalah menyemprotkan epoxy filler sebagai lapisan utama sebelum ke tahap pengecatan. Proses epoxy ini bertujuan agar cat menempel dengan sempurna. Untuk mixing atau membuat adonan epoxy cukuplah mudah yaitu dengan menyampurkan thinner A menggunakan takaran yang pass sesuai dengan aturan pakai yang tertulis di kalang. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui 

Bila body motor sudah disemprot epoxy, namun ternyata masih ada pori-pori yang masih terlihat maka anda bisa menutupnya dengan melapisi dempul kembali hingga pori-pori tertutup dengan sempurna. Yang perlu anda ketahui anda bisa menutup pori-pori tersebut setalah epoxy sudah mengering keras. Karena sifat dempul bersifat panas maka poxy bisa mengelupas jika belum kering keras.

Sebenarnya dek motor tanpa dilapisi epoxy atau langsung dicat tidak akan masalah asalkan cat lama yang kita timpa dengan cat baru kondisi cat lama masih bagus.

Setelah epoxy mengering amplas hingga halus dengan menggunakan amplas air nomor 360, Amplas juga bagian dek yang kita dempul kembali tadi. Setelah proses pengamplasan selesai segera keringan sisa-sisa air yang menempel hingga bersih dan pastikan kembali tidak ada noda minyak atau oli yang menempel pada permukaan dek yang akan kita cat.
  • Proses Pengecatan
Sebelum ke tahap pengecatan(cat finishing), langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cat dasar. Namun sebelumnya kita harus membuat atau mixing cat dasar tersebut dengan malarutkanya menggunakan thinner A. Buatlah adoan yang sedikit kental, ini bertujuan agar cat cepat nutup sehingga kita bisa menghemat thinner dan cat. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menyampur cat dengan thinner yang pas anda bisa membacanya disini 

Lakukan penyemprotkan cat dasar hingga 2-3 lapis agar cat benar-benar nutup. Perlu anda ketahui jika ingin mengecat dek motor berwarna merah maka anda harus menyemprotkan cat dasar berwarna putih atau pink. Mengapa demikian ?

Karena cat warna merah berbentuk bening sehingga susah nutup jika kita tidak mendasarinya dengan warna putih atau pink.

Setalah cat dasar mengering, anda bisa melakukan proses pengamplasan dengan menggunakan amplas bekas 360 yang sudah kita gunakan tadi. Jika kita menggunakan ampalas yang kasar nantinya bekas amplasn akan terlihat saat proses finishing. Amplas seluruh dek hingga mermukaan cat dasar terasa halus saat diraba. Oh iya cat dasar akan mengering sekitar 30 menit tergantung kulitas cat yang kita gunakan.

Kemudian keringan sisa air bekas amplasan hingga dipastikan tidak ada sedikitpun air yang menempel pada permukaan dek yang akan kita cat. Untuk mempercepat pengeringan gunakan kain kanebo atau kain yang kering dan halus.

Tahap selanjutnya adalah menyemprotkan cat akhir atau cat jadi. Khusus cat akhir ini buatlah adonan yang sedikit encer dari pada cat dasar tadi, ini bertujuan agar hasil cat akan terlihat halus. Anda bisa menyemprotkan cat dasar sampai 3 kali atau hingga warna cat dasar tertutup rata dengan cat akhir.

Berapa jarak ideal spraygun dengan bidang yang kitab cat?

Jarak ideal spraygun adalah sekitar 20cm atau sekitar satu jengkal tangan kita. Intinya, jika jarak spraygun terlalu jauh maka hasil pengecatan akan kasar dan jika jaraknya terlalu dekat maka akan membuat cat meleleh atau celar coat meleleh.
  • Proses Pernis/Clear Coat
Tahap akhir dari proses mengecat body motor adalah proses pernis/clear coat. Proses akhir ini bertujuan agar cat terlihat mengkilap dan melindungi cat sehingga tidak mudah tergores dan tidak mudah pudar.

Untuk pengecatan full body motor bisa menghabiskan 1/4 clear coat, namun jika ingin membuat lapisan clear coat anda bisa membeli clear coat yang berukuran 1kg.

baca juga  Cara Menggunakan Clear Autoglow yang Benar

Agar hasil clear coat terlihat tebal, anda bisa melakukan proses clear coat sebanyak 3 lapis. Pada lapisan pertama buatlah adonan yang sedkit kental kemudian tahap 2 dan 3 buatlah adonan yang sedikit encer agar nantinya hasil pernis terlihat halus dan mengkilap. Untuk menghindari clear coat meleleh beri jeda pada setiap lapisan, tunggu beberapa saat agar lapisan pernis sedikit kering. Karena pernis memeleh sendiri diakibatkan karena kita terburu-buru saat proses pengecataan.

Baca juga  Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh
  • Tahap Pemolesan
Pada tahap paling akhir dari proses mengecat motor adalah hatap pemolesan. Mengapa harus dilakukan pemolesan? Proses pemolesan ini bertujuan unuk menghilangkan partikel debu dan binatang seperti nyamuk yang menempel saat proses pernis/clear coat sehingga nantinya akan pendapatkan hasil pengecatan yang terlihat halus saat kita raba. Selain itu proses pemolesan juga bertujuan untuk mengkilapkan permukaan pernis, sehingga cat akan awet mengkilap atau tidak mudah pudar.

Berikut adalah tahapan mempoles cat body motor setelah proses pengecatan :

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengamplas permukaan clear coat hingga halus, atau sampai clear coat berubah menjadi ngedoff(tidak mengkilap). Berhati-hatilah saat tahap pengamplasan terutama pada bagian sudut-sudut dek, karena pada area ini cat dan clear coat tidak menempel dengan sempurna. Sehingga jika kita amplas akan membuat clear coat dan cat cepat terkikis atau  cat menjadi botak.

Tahap selanjutnya adalah proses pengomponan, pengomponan ini bertujuan untuk mengkilapkan kembali dek yang sudah kita ampas tadi.sehingga bekas amplasan akan menghilang dan dek motor pun terlihat halus tanpa ada partikel debu dan binatang kecil yang menempel.

Untuk memudahkan tahap mengompon ini setelah dek selesai kita amplas anda bisa memasang kembali dek pada rangka motor. Setelah terpasang sobat bisa mengoleskan kompon putih secara merata pada permukaan dek yang kita amplas tadi, kemudian gosok dengan kain yang bersih dan halus dengan memberi sedikit tekanan. Lakukan tahap ini berulangkali lagi hingga permukaan cat kembali mengkilap. Memang pada tahap ini akan menguras sedikit tenaga, namun rasa capet kita akan terobati setelah melihat hasilnya.

Agar cat mengkilap dengan maksimal anda bisa mengoleskan obat pengkilap seperti kit atau turtell. Selain mengkilapkan obat pengkilap juga berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa kompon yang masih menempel.
  • Dan Selesai.
Mungkin itu tips yang bisa kami bagian seputar tips cara mengecat body motor agar mengkilap, Cara diatas sudah kami aplikasikan berapa kali saat proses mengacat body motor maupun mengecat mobil.  Jika masih ada kebingunggan anda bisa bertanya pada kami dan pasti akan kami jawab. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel