Penyebab Dan Cara Mengatasi Ban Mobil Tubeless Sering kempes


Penyebab ban mobil tubeless sering kempes - Tekanan angin pada ban mobil yang pass tentu akan membuat performa mobil terasa stabil terutama saat mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Jadi biar nyaman saat berkendara sebaiknya cek tekanan angin pada ban baik itu pada pan depan maupun belakang. Dan pastikan juga ban serip dalam kondisi aman, tidak kekurangan angin seingga jika sewaktu waktu dibutukan sudah siap untuk dipakai.


Dalam dunia otomotif baik roda 2 maupun roda 4 ban terbagi menjadi dua jenis yakni ban non tubless(menggunakan ban dalam) dan ban tubeles(tanpa ban dalam). Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknilogi yang awalnya menggunakan ban non tubles saat ini banyak mobil maupun motor yang menggunakan ban tubeless. Kecuali mobil bertonasi besar seperti truk, bus, maupun fuso.

Banyak sekali kelebihan ban tubeless ini mulai dari tekanan angin yang awet, bisa diandalkan untuk berakseleras dan yang paling menonjol adala tidak mudah kempes meskipun tertusuk paku. Berbeda bila ban menggunakan ban dalam jika sudah tertanjap paku sih langsung bocor ditempat. Tak heran jika diajang balap Moto GP maupun F1 menggunakan ban tubeless.

Baca juga Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mudah Mengatasinya 

Dari sekian banyak kelebihanya sobat pernah mengalami ndak tekanan angin pada ban cepat habis ?

Katanya tadi ban tubles tekan anginya awet kok malah cepat kempes, begini penjelasanya. Penyebab ban mobil tubeless mobil sering kempes disebabkan karena beberapa faktor yang harus dilakukan pengecekan satu persatu untuk mengetau penyebabnya.

Penyebab dan cara mengatasi ban tubeless mobil bocor halus 

Penyebab Pertama, 

Penyebab pertama yang membuat ban mobil anda cepat kempes ini dapat disebabkan pori-pori ban sudah terbuka. Untuk mengetahuiny, lepas ban dari mobil terlebih dahulu kemudian siapkan sabun colek ataupun sabun cuci piring. Oleskan sabun ke seluruh permukaan ban pakai kuas cat dan beri sedikit air biar keluar busanya gitu.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban

Sembari mengoleskan air sabun cek kondisi permukaan ban baik pada bagian tengah ataupun samping. Bila ditebukan gelembung gelembung kecil yang cukup banyak muncul itu menandakan pori-pori ban sudah terbuka. Terbukanya pori pori ini bisa terjadi apabila kondisi kembangan ban sudah mulai berkurang.

Apakah harus ganti ban baru bila sudah bocor alus seperti ini ? Pengganti ban baru juga merupakan salah satu solusi agar ban tidak kembali kempes. Namun bila dompet lagi nipis masih ada cara lain kok untuk mengatasinya, yakni dengan menggunakan cairan ban tubeless.

Baca juga Cara 6 Sederhana Bikin Vleg Mobil Mengkilap Tanpa Harus Ke Bengkel

Menggunakan cairan ban tubeless merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengatasinya bahkan caira ini sudahh saya lakukan dan hasilnya memuaskan. Sobat cukup membeli 2 botol cairan tubeless yang dijual 30rb/botol. Kemudian Masukkan cairan tersebut ke dalam ban dengan cara membuang seluruh angin yang ada didalam ban dan buka pentilnya. Masukkan 2 botol cairan tersebut ke dalam ban dan pasang kembali pentilnya untuk mengisikan angin kembali.
 
Cairan tubeless ini berfungsi sebagai penutup bila terjadi kebocoran pada ban baik karena bocor halus ataupun karena tertutuk paku. Bila disimpulkan ini sama halnya dengan lem langsung bekerja menutup lubang apabila mengalami bocoran.

Penyebab Ke Dua

Jika cara pertama suda dicoba namun tidak menemukan gelembung udara dari permukan ban baik pada bagian tengah ataupun samping, berikutnya ada bisa mengecek bagian sela sela vleg. Oleskan air sabun keseluruh sela velg baik pada sela depan maupun belakang. Bila ditemukan gelembing udara itu dia penyebab ban anda mudah kempes.

Penyebab ban tubeless bocor pada sela velg ini disebabkan adanya kotoran seperti budiran pasir dan debu. Jadi untuk mengilangkanya anda harus membuka ban terlebih dahulu kemudian amplas sela velg tersebut untuk menghilangkan kotoran serta buturan pasir yang menempel. Kemudian pasang ban kembali dan cek pakai air sabun apkah masih m,engeluarkan gelembung udara atau tidak. Jika masih mengeluarkan gelembung udara dapat disimpulkan masih ada butiran debu yang masih nyangkut jadi amplas kembali hingga dipastikan tidak ada partikel debu yang nempel.

Itulah 2 faktor yang jadi penyebab ban tubeless mobil sering kempes, jadi bila ada tukang tambal ban yang memberi alasan lainya dan harus mengganti dengan yang baru itu hanya alasan mereka air ban yang dijual laku. Bila anda kurang mahir untuk melakukan pengecekan sendiri sebaiknya bawalah mobil ke tukang tambal ban yang sudah terpercaya. Toh sekarang sudah banyak tambal ban yang anda di lokasi SPBU.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel