3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Perbedaan oli shell kuning dan biru - Pihak resmi sell indonesia kemarin resmi meluncurkan jenis pelumas terbarunya khususnya buat motor matic. Kedua varian tersebut adalah Shell advance AX7 Scooter 10W-30 Synthetic dan Shell Advance AX5 Scooker 20W-40. Kehadian dua varian terbaru ini tentu semakin melengkapi jenis pelumas matik lainya yang sudah ada sebelumnya, yang dimangsudkan para konsumen memilih mana yang terbaik buat kendaraanya.

Shell sendiri memiliki oli yang berbeda yang difungsikan buat mobil dan motor, yang diberi nama/label berbeda. Khusus untuk pelumas mobil dinamakan shell helix series, sementara buat motor adalah shell advance. Dengan nama atau merk yang berbeda tentu memudahkan anda memilih mana yang buat kendaraan roda empat atau dua.

Khusus buat motor pihak shell juga sudah menyiapkan beberapa varian baik buat jenis sport, matic atau bebek, diantaranya shell advance Ax5, Ax7 dan Ultra. Dengan menyediakan banyak pilihan yang diberikan sesuai kebutan konsumen.

Perbedaan oli shell kuning dan biru

Jenis oli

Beda shell advance kuning dan biru atau AX7 dan AX5 yang pertama adalah pada jenis oli. Shell AX5 sendiri termasuk jenis oli mineral sedangkan tipe AX7 oli semi sintetis. Walaupun AX5 juga diberikan kanadungan zat adiktif, namun dari komposisi bahan tidak sebanyak zat adiktif yang ada pada AX7.

Sementara dari segi performa pun tentu sangatlah berbeda, baik dalam kemampuan melumasi mesin, pembersihan mesin serta beberapa hal lainya. Untuk jenis motor terbaru, sebaiknya gunakan jenis oli minal semi sintetis.

Tingkat kekentalan

Perbedaan lainya ada pada tingkat kekentalanya. Pada jenis shell AX7 tingkat kekentalanya cendrung lebih rendah antara 10-40 W. Sedangkan pada shell AX5 lebih kental, dengan tingkat kekentalan mencapai 15-40 W.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Dengan titik didih diatas sama yaitu 40W. Perbedaan pada titik beku ini mempengeruhi performa motor tersebut. Misal pada shell AX5 membutuhkan tekanan yang lebih tinggi dari pompa oli karena teksturnya lebih kental. Titik beku yang lebih rendah juga membuat mesin mudah dinyalakan pada oli shell AX7. 

JASO dan API

Perbedaan terakhir yang bisa kita lihat adalah pada JASO dan API nya. Kedua perbedaan ini juga sama sama disebabkan oleh jumlah zat aktif pada formulanya. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

JASO pada shell AX5 lebih rendah yaitu MA, Sedangkan shell AX7 sudah bersertifikat MA2. Beda jaso MA dan dan MA2 adalah pada tingkat kemudahan oli dalam penetrisi. JASO MA2 mampu melumasi mesin jauh lebih baik tanpa menimbulkan selip pada kopling.

Sekarang kita bahas API pada kedua jenis oli ini. API sendiri merupakan pemberi tingkat atau kualitas sebuah oli. Kodenya sendiri diawali pada puruf S. Maka semakin tinggi huruf dibelkangnya, semakin bagus pula tingkat oli tersebut. Pada shell AX5 hanya memiliki standar kode SLSedangkan pada AX7 sudah mengantongi standar SM.

Harga

Untuk harga shell advance botol kuning AX7 harganya lebih mahal dibanding shell advance biru AX5. Toh.. Secara spesifikasi yang diberikan lebih tinggi untuk performa mesin lebih baik, wajar saja bila AX7 harganya jauh lebih mahal.

Shell AX5 VS AX7 Bagus Mana ?

Sekarang kita akan mengambil kesimpulan dari kedua jenis oli ternama ini. Lantas mana yang lebih unggul ? Hal tersebut semua tergantung pada kebutuhan mesin motor itu sendiri. Dengan kata lain oli yang sobat gunakan harus sesuai dengan spesifikasi mesin motor anda.

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Jadi, jika motor sobat keluaran tahun 2010 ke bawah, maka dianjurkan pakai shell AX5. Karena tingkat kekentalan oli tersebut sangat direkomendasikan atau memang diformulasikan sesuai kebutuhan mesin motor lawas.

Sedangkan jika motor sobat tahun 2010 ke atas maka sebaiknya gunakan shell advance AX7. Mengapa demikian ? Sebab cela komponen pada mesin motor tahun terbaru komponen di dalamnya cenderung lebih rapat. Jadi membutuhkan oli yang lebih encer, sehingga mudah dalam berpenterasi.

Nah itulah tadi 3 perbedaan oli shell advance kuning AX7 dan Biru AX5 untuk kebutuhan mesin motor anda. Penggunaan yang sesuai tentu akan meningkatkan performa mesin dan menjaganya dari overheat saat perjalanaan jauh. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas