5 Perbedaan Cat Putih Mutiara dan Putih Metalik

Perbedaan cat putih mutiara dan putih metalik - Cat merupakan salah satu bahan auto refinish guna memperbarui tampilan suatu objek agar terlahir baru kembali. Tak hanya satu cat terdari dari berbagai macam warna baik tipe standar seperti solid, metalik atau mutiara xyralic. Pada setiap tipenya teknik pengaplikasianya pun tak bisa disamakan, baik dalam pemakian jenis thiner maupun jeda cat antara clear coatnya.

warna-warna solid umunya banyak dipakai pada kendaraan kelasik khas tahun 80.an yang memiliki nilai tersendiri bagi pecintanya. Bisa dikatakan repair warna solid sangatlah mudah tanpa khawatir warnanya akan terbalik seperti saat mengecat warna silver metalik yang sangatlah sulit terutama yang belum sama sekali mencobanya.

Sementara untuk jenis metalik banyak di aplikasikan pada kendaraan tahun 2000an sampai sekarang baik pada motor ataupun mobil. Jika tidak tahu warna metalik ini banyak kita jumpai pada mobil avanza, inova, pajero sport atau fortuner. Sementara untuk motor hampir semua merk sudah memakainya bahkan ada yang dibuat jadi doff seperti pada vario 250, PCX atau Nmax.

Perbedaan cat putih mutiara dan putih metalik

Bisa dikatan cat putih menjadi warna favorit yang tengah digemari kalangan masyarakat. Ini terbukti banyaknya permintaan mobil seken yang menginginkan warna putih baik untuk jenis minibus Mpv, City car maupun jenis sedan. Yaa mobil putih lebih terlihat elegan nan berkelas dan cocok buat kaum adam ataupun hawa. Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil


Cat warna putih sendiri terdapat tiga macam yakni putih solid, metalik dan mutiara. Lantas apa yang jadi pembedanya ?? Secara untuk urusan perawatan tidaklah beda, karen jika dibiarkan begitu saja warnanya akan menguning.

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Putih mutiara

Cat putih mutiara ini banyak kita jumpai pada mobil berkelas pada tipe tertingginya seperti pada Honda HRV, Jazz, Expander, fortuner dan jenis sedan lainya.

Putih mutiara akan nampak indah mewah bila tersorot sinar lampu atau paparan panas matahari dimana butiran xyraic akan menyala dan berwarna hijau kemerahan secara lembut diatas permukaan cat. Sehingga menambah kesan mewah pada kendaraan.

Bisa dikatakan baaya perbaikan cat warna putih mutiara lebih mahal ketimbang yang biasa, bahkan harganya bisa 2 sampai 3 kali lipat perpanelnya.

Bukanya tanpa alasan mengecat warna putih mutiara sangatlah sulid terutama bila dikerjaan diruang terbuka in door yang rawan debu dan serangga kecil hinggap.

Beda dengan cat metalik lainya warna putih mutiara ini butiran griternya terpisah, jadi pengecatan perlu dilakukan dua thap yakni menyemprotkan cat inti setelah kering dan merata tinggal menyemprotkan mutiaranya dan baru dipernis. 

Putih metalik

Sedangkan putih metalik ini banyak dipakai pada cat ori mobil tua tahun 90an seperti pada honda sedan accrod mestro dan mobil lawas lainya. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Beda dengan putih mutiara putih metalik ini butiran griternya sudah tercampur pada cat, jadi saat tersorot sinar kesanya tidak terlalu mewah. Yaa bisa dikatakan seperti warna metalic pada umunya lah tidak ada keistimewan yang lebih.



Sementara untuk biaya restorasi pengecatan ulang putih metalik biayanya tak jau.h beda dengan warna biasa pada umunya dengan proses pengerjaan yang lebih cepat karena butiran griter sudah tercampur dengan cat.

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan inti dari perbedaan warna cat putih mutiara dan putih metalic yang paling menonjol adalah butiran gliter/xyralic pada cat mutiara terlihat mengapung diatas permukaan cat yang terlihat bening dan menyala saat terkena pantulan sinyal. Sedangkan putih metalik griternya terlihat menyatu dengan cat, jadi terlihat kurang menyolok. Sementara biaya restorasi dan proses pengecatanya juga berbeda.

Nah demikianlah info dari kami tentang perbedaan cat putih mutiara dan putih metalik yang bisa jadi bahan pertimbangan. Sekian dari kami dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjunginya. Sampai jumpa dilain kesempatan dengan topik menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas