Cara Mempoles Mobil Agar Mengkilap Seperti Baru


Jika cat mobil sudah lama atau minim perawatan tentunya cat mobil akan menjadi kusam dan kurang mengkilap. Memang hal wajar jika cat mobil lama kelamaan akan menjadi kusam. Apa lagi jika cat mobil tersebut bukan cat original bawaan pabrik atau sudah pengecatan ulang sudah dipastikan tersebut jika minim perawatan akan cepat kuam atau kurang mengkilap.

Bila cat mobil anda ini sudah kusam dan pudar, anda tidak usah terburu-buru untuk membawanya ke salon mobil maupun ke bengkel cat mobil untuk melakukan pemolesan. Anda sendiri jua bisa kok melakukan pemolesan mobil tanpa harus membawanya ke salon mobil atau bengkel cat. Lumayan kan bisa ngirit ongkos biaya perawatan mobil.

Anda cukup memamahi dan mengikuti langkah-langkah dibawah ini kemudian tinggal mempraktekanya. Berikut ini adalah cara mempoles mobil agar mengkilap seperti baru :


Cuci mobil terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pemolesan, cucilah mobil terlebih dahuli supaya debu dan kotoran yang menempel pada mobil hilang.  Jika mobil berdebu dan terdapat kotoran-kotoran yang menmepel maka akan mempersulit anda saat proses pemolesan. Bahkan bisa membuat cat mobil anda akan terdapat banyak goresan karena ada debu-debu yang ikut berputar pada mesin poles. Saat proses pencucian mobil selalu gunakanlah shampo khusus untuk mencuci mobil.

Persiapan pemolesan.

Parkirkan terlebih dahulu mobil anda didalam ruangan. Ini bertujuan supaya saat proses pemolesan tidak ada kotoran yang jatuh pada  mobil. Jika anda tidak memiliki tempat parkir didalam ruangan, anda bisa kok melakukan proses pemolesan diluar ruangan. Namun, anda harus memastikan terlebih dahulu tidak ada kotoran atau apapun yang jatuh diatas mobil anda. Untuk waktu pemolesan biasanya 2 sampai 3 jam. Itu berarti anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk fokus melakukan pemolesan.

Jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat pemolesan seperti mesin poles tentunya, obat pengkilap mobil merk apapun juga bisa dan yang terakhir siapkan juga kompon. Untuk masalah kompon, gunakan kompon yang berwarna putih. Namun ada juga kompon yang berwarna merah. kompon merah hanya digunakan saat mempoles mobil yang baru dicat.




Cara Mempoles mobil.

Sebelum melakukan pemolesan, amati terlebih dahulu cat mobil anda. Apakah clear atau pernis mobil masih tebal atau sudah tipis. Jika clear mobil sudah tipis jangan terlalu lama saat peroses pemolesan. Dan perlu berhati-hatilah agar tidak membuat clear mobil terkena mesin poles. Kalau clear masih tebal ya aman-aman saja tapi, juga perlu kehati-hatian saat pemolesan.

Untuk mengetahui apakah cat mobil masih tebal atau tipis, anda bisa memmelihat permukaan cat mobil dari samping. Jika permukaan cat terlihat garis-garis halus seperti kulit jeruk yang masih tebal, berarti cat mobil anda masih tebal. Namun, jika garis-garis halus pada permukaan cat tipis berarti cat mobil anda sudah tipis.

Lakukan pemolesan berurutan secara hati-hati. Anda bisa melakukan pemolesan mulai dari atas mobil  kemudian bagian lambung kanan dan kiri, bagian depan dan yang terakhir bagian belakang. Lakukanlah pemolesan satu panal satu panel. Alangkah baiknya anda selesaikan pemolesan satu panel tersebut kemudian pindah ke satu panel lainya. Perlu anda ingat jangan lupa sebelum melakukan pemolesan, oleskan dulu kompon secukupnya ke bagian yang akan dipoles.

Bila pada bagian yang tidak bisa dijangkau oleh mesin poles seperti bagian pojok dan bagian lekukan anda bisa melakukan pemolesan secara manual penggunakan tangan. Oh iyaaa... untuk bagian dalam mobil seperti pintu dalam dan juga kap mesin anda juga harus melakukan pemolesan secara  manual. Dan pastikan semua bagian mobil sudah terpoles semua agar cat mobil anda mengkilap dengan rata.

Saat melakukan pemolesan menggunakan mesin anda juga harus mengamatinya. Jika cat mobil terasa panas anda bisa menghentikan pemolesan. Karena bila pemolesan dilanjutkan akan membuat cat mobil anda botak termakan mesin poles. Jika pemolesan belum mendapatkan hasil yang mengkilap anda bisa mengulangi proses pemolesan hingga cat mobil kembali mengkilap seperti baru.

Untuk hasil yang maksimal, setelah proses pemolesan selesai anda bisa melakukan pemolesan kembali, namun dengan menggunakan obat pengkilap. Anda bisa melakukan pemolesan dengan dua pilihan yaitu secara manual atau dengan mesin. Jika dengan mesin anda harus mengganti busa poles yang bersih atau busa khusus untuk proses fhinising.

Untuk cara pemolesanya sama dengan cara mempoles menggunakan kompon kok. Selain mengkilapkan mobil pemolesan menggunakan obat pengkilap bertujuan untuk membersihkan sisa-sia kompon yang menempel pada permukaan cat.

Setelah pemolesan selesai bersihkan kaca dari sisa-sisa kompon yang masih menempel menggunakan kain yang halus. Untuk membersihkan sisa-sisa kompon pada area handle pintu anda bisa membersihkanya menggunakan sikat gigi.

Perawatan mobil setelah dipoles.

Agar cat mobil anda awet dan tetap mengkilap, anda bisa melakukan perawatan-perawatan ringan setaip harinya. Berikut ini adalah beberapa cara perawat cat mobil yang habis dipoles agar tetap mengkilap.

  • Lakukan pencucian mobil jika sudah kotor atau saat kehujanan. Setelah mencucinya anda bisa mengoleskan obat pengkilap agar menambah knclong mobil anda.
  • Jangan parkirkan mobil dibawah sinar matahari langsung, karena panas matahari langsung bisa membuat cat mobil anda kusam dan cepat pudar.
  • Dan untuk perawatan yang terakhir parkirkanlah kendaraan didalam ruang jika tidak memiliki garasi anda bisa menutupi mobil menggunakan sarung bodi. Ini bertujuan agar mobil anda tidak terkena embun dimalam hari. Selain bisa membuat mobil cepat kropos embun juga bisa membuat cat mobil anda cepat kusam.

Demikanlah tadi ulasan yang sedikt panjang lebar cara mempoles mobil sendiri dirumah beserta perawatanya. Semga bermanfaat untuk anda semua dan selamat mencobanya. Tetap stay di Salon Mobil yang akan selalu memberikan tips-tips bermanfaat bagi mobil anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel