4 Cara Ampuh Menghilangkan Lecet Dan Goresan Pada Mobil Dan motor


Mempunyai mobil yang selalu mengkilap tanpa ada lecet sedikitpun merupakan dambaan semua umat manusia. Tentunya luka lecet sedikit saja pada mobil akan merasa sangat mengesalkan. Luka lecet pada mobil biasanya disebabkan oleh benda disekitar kita.

Mulai dari terkena ranting pohon, kena krikil dijalan, kena kuka atau pada saat sobat membersihkan mobil tapi tidak disenggaja malah menggunakan lap yang terlalu kasar dan faktor lain sebagainya. Disarankan pada sobat saat melakukan membersihkan mobil dari debu gunakan kain wall khusus untuk membersihkan membersihkan mobil. Kain wall bisa sobat dapatkan ditoko cat dan toko bangunan.

Sebenarnya menghilangkan goresan pada mobil itu gampang-gampang susah. Bagi sobat seorang pemula didunia otomotif pasti selalu bertanya-tanya bagai mana cara menghilangkan goresan pada bodi mobil. Bagi yang sudah lama didunia otomotif pasti sudah ada yang tau bagaimana cara menghilangkan goresan pada bodi mobil.

Namun bila sobat seorang pemula didunia otomotif  belum tahu bagaimana cara menghilangkan goresan pada bodi mobil sendiri, sobat tidak usah membawa mobil sobat ke bengkel cat atau menyewa jasa profesion. Sobat bisa melakukannya sendiri diri dirumah bila sudah tau toritorialnya tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk menghilangkan goresan pada mobil sobat.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan lecet pada bodi mobil sobat. Sobat harus terlebih dahulu mengetahu macam-macam jenis goresan pada mobil sobat. Berikut ini adalah macam- macam jenis goresan pada mobil.

      1. Goresan Ringan

Goresan yang satu ini biasanya tidak akan kena lapisan cat yang dalam. goresan ini hanya kena bagian cearnya saja. Goresan ini biasanya disebabkan oleh kena kuku, krikil kecil saat berkendara  kena bekas cat dan lain sebagainya. caranya menghilankan goresan pada mobil ini pun mudah dipraktekan dirumah sobat sendiri dan pastinya tidak mengeluarkan ongkos untuk dibawa ke bangkel cat.πŸ˜ƒπŸ˜ƒ baca juga cara ampuh menghilangkan goresan pada area handle pintu mobil akibat terkena kuku




Cara menghilankan nya sobat cukup gunakan produk-produk pemoles seperti, compon,  stratch remover, atau swrill remover. Cara pengaplikasinya pun cukup mudah. Sobat cukup oleskan salah satu bahan diatas yang terkena goresan. Oleskan  secara merata dan gosokan pada bagian yang lecet dengan menggunakan kain wall dengan posisi penggosokan memutar. Untuk hasil yang lebih maksimal sobat bisa gunakan cairan polish seperti kit dan turtell diakhir pemolesan.


      2. Goresan Sedang
        
Goresan sedang ini biasanya lumayan sulit untuk dihilangkan karena goresanya sampai membuat luka pada permukaan cear yang cukup dalam. Goresan sedang ini bisanya diakibatkan karen terkena cakaran kucing, kena benturan pada mobil yang mengakibatkan cat mobil menempel pada mobil sobat.

Cara menghilangkan lecet pada mobil goresan sedang, sobat bisa menggunakan bahan compon dan amplas  air nomor 2000. Cara mengaplikasikanya pun cukup mudah sobat cukup mengaplas bagian
yang terkena goresan hingga hilang. Saat melakukan pengamplasan sobat harus hati-hati. Cukup amplas dengan tekanan ringan saja jangan terlalu ditekan dengan kuat, dikarenakan apabila terlalu ditekan ditakutkan cear pada mobil sobat bisa mengklupas dan kelihatan cat dasarnya.

Setelah pengampalasan selesai kondisi cear sobat akan menjadi doff atau busam. Namun sobat tidak usah takut, sobat cukup oleskan compon dipermukaan tadi yang busam dengan rata. Setelah itu gosok dengan posisi memutar menggunkan kain wall yang halus sampai cear mobil sobat yang busam tadi menjadi mengkilap kembali. Ulangi beberapa kali sampai mobil sobat mengkilap kembali seperti semula. Untuk hasil yang maksimal oleskan obat pengkilap yang dijual ditoko-toko cat seperti turtell wax atau kit dll.

     3. Goresan Parah

Goresan yang satu ini merupakan goresan yang paling parih dari pada ke 2 jenis goresan diatas.
maka dipastikan goresan pada mobil sobat yang satu ini sangat dalam bahkan bisa sampai mengenai
lapisan logam pada mobil sobat. Cara mengatasinya pun lumayan sulit bagi sobat pemula pecinta otomotif.

Berikut ini adalah cara mengatasi luka lecet yang parah pada mobil sobat.

Amplasa  bagian mobil sobat kemudian dempul sampai rata, kemudian amplas kembali sampai dempulnya rata dan halus. Setelah dirasa sudah rata kemudian sobat bisa melakukan pengecatan dengan cat yang warnanya sama agar tidak beleng. Bila sobat belum mahir dalam dunia pengecatan sobat bisa membawa mobilnya dibengkel cat terdekat. Sobat bisa kehalaman selanjutnya untuk Cara Mudah Mendempul Mobil Dengan Baik dan Benar




Selain penjelasan diatas tadi, berikut ini ada cara yang direkomendasikan untuk menghilangkan luka lecet dan pastinya bahanya mudah didapat.

 1. Menggunakan Pasta Gigi

Untuk cara yang satu ini toritorialnya sangatlah mudah dan bahanya pun pastinya sudah ada dirumah sobat. Pasta gigi yang dipakai adalah pasta gigi yang berwarna putih jangan menggunakan pasta gigi  yang berbentuk jelly.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghilangkan goresan pada mobil kesayangan sobat semua menggunakan pasta gigi.

Siapkan alat-alat dan bahan-bahan seperti pasta gigi dan kain yang halus.
  •  Bersihkan mobil sobat hingga semua debu dan kotoran yang melekat pada mobil hilang.
  •  Sehingga saat menghilangkan lecet akan terasa mudah dan maksimal.
  •  Oleskan pasta gigi secukupnya di luka lecet tadi, kemudian basahi kain dengan sedikit air gosok dengan posisi memutar. Ulangi beberapa kali sampai luka lecetnya mengilang.
  • Cara ini sangat ampuh untuk lecet ringan yang tidak dalam sampai menembus cat dasar.
  • Untuk hasil yang maksimal gunakan cairan pengkilap seperti turtull wax, kit dll untuk melakukan finishing.
Fungi pasta gigi-gigi disini adalah sebagai alat untuk pengamplas.
Selain untuk menghilangkan lecet pada mobil, pasta gigi juga bisa sebagia alat untuk
menghilangkan noda kotoran dan jamur yang membandel.

     2. Menggunakan Obat Nyamuk Oles

Cara lain yang bisa sobat lakukan untuk menghilangkan lecet-lecet pada mobil
adalah dengan menggunkan obat nyamuk. Mungkin diantara sobat yang baru dalam
dunia otomotif belum tahu obat nyamuk bisa menghilangkan lecet pada mobil sobat yang menggangu dan kurang enak dipandang.

Cara ini sangat mudah untuk sobat lakukan dirumah sendiri tanpa dibawa kebengkel cat dan pastinya menghemat biaya...😁😁.

Berikut ini adalah langkah -langkah menghilangkan lecet pada mobil sobat dengan menggunakan obat nyamuk.
  • langkah yang pertama adalah siapakan obat nyamuk oles, sobat bisa memilih merk obat nyamuk apapun yang dijual dipasaran. Jumlah obat nyamuk disesuakan dengan besar kecilnya goresan pada mobil sobat. Biasanya hanya perlu 3-5 sachet obat nyamuk oles sudah cukup.
  • Oleskan obat nyamuk secukpnya saja dimobil sobat yang terkena lecet, karena semua yang berlebih-lebihan itu tidak baik..😁😁😁
  • Gunakan kain wall untuk mengaplikasiakn pemolesan dengan menggunakan obat nyamuk. perlu sobat ketahui janagan menggunakan kanebo yang masih basih karena bisa  membuat kandungan dari obat nyamuk tersebut luntur.
  •  Ulangi proses pemolesan hingga luka lecet pada mobil sobat hilang. Setelah hilang bersihkan dengan menggunakan air dan keringkan dengan kanebo atau lap kering yang bersih dan lembut.
  • Untuk hasil yang maksimal sobat bisa menggulangi kembali pemolesan dengan menggunakan obat pengkilap berbagai merk yang dijual dipasaran.
Namun perlu sobat ketahui, gunakanlah obat nyamuk secukupnya saja jangan terlalu berlebihan. karena obat nyamuk bersifat panas, jadi bisa menbuat cat mobil sobat memuduar. Dan obat nyamuk hanya bisa menghilangkan goresen  yang sedikit dan goresan sedang saja.

     3. Menggunakan kompon (Compound)

Sejak dulu kompon memang sudah banyak dipercaya untuk menghilangkan lecet dan juga bisa mengkilapkan bodi mobil sobat. Sehingga banyak orang yang percaya kompon bisa menghilangkan lecet pada mobil dan motor.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghilangkan lecet pada mobil dengan menggunakan compon.

  • Sebelum melakukan toritorialnya, terlebih dahulu bersihkan bagian  yang lecet tersebut sampai debu dan kotoran hilang. Alangkah baiknya cuci bagian yang lecet menggunakan air dan shampo mobil, agar semua debu dan jamur hilang maksimal.
  • Kemudian keringkan dengan lap kanebo atau sejenisnya sampai bersih dan kering.
  • Oleskan kompon secara merata dibagian mobil sobat yang terkena lecet tadi. Perlu anda ketahui sob kompon bisa menggikis bagian cat pada mobil sobat. Maka gunakan kompon secukupnya saja. Setelah dirasa lecet pada mobil dirasa hilang hentikan pemakain konpon.
  • Gunakan kain yang bersih untuk melakukan proses pengomponan. Alangkah baiknya sobat   membeli kain wall khusus untuk pemolesan yang dijual ditoko-toko terdekat. Harganya cuman sekitar Rp 7500 1 onsnya sob murah meriahπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ 
  • Gosok secara perlahan-lahan dengan memberikan sedikit tekanan dengan gerakan memutar  searah agar mempercepat saat proses pemolesan. Jangan mengunakan gerakan yang kasar sob, malah nanti bukan lecet yang hilang tp lecetnya malah nambahπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
  •  Saat proses pemolesan atau penggsokan hindari pemakaian cincin atau lainya. Takutnya nanti malah bisa melukai dan menambah goresan pada mobil sobat. 
  • Ulangi langkah penggosokan atau pemolesan dengan kain yang halus sampai luka lecet pada mobil bensar-benar hilang dan bersih.
4. Menggunkan Minyak Rem

Cara yang satu ini biasa sobat lalukan saat kondosi darurut saja. seperti dalam perjalanan jauh mau pergi kekondangan rumah temen mungkin...πŸ˜€πŸ˜€ tapi ditengah-tengah perjalanan mobil sobat terkene goresan yang menggangu penampilan mobil sobat. Namun sobat tidak usah panik atau takut, berikut ini adalah toritorial cara menghilangkan goresan pada mobil sobat dengan menggunkaan minyak rem  apa bila sobat tidak membawa obat poles lainya vdan pastinya membuat sobat tampil percaya diri dengan mobil yang mulus.
  • Sobat langsung saja ambil minyak rem pada kap mobil sobat. Namun sobat harus hati-hati saat menggambil minyak rem karena mesin mobil dalam kondisi panas.
  • Teteskan minyak rem pada luka lecet pada mobil sobat sedikit saja, kemudian gunakan kain yang bersih dan halus untuk menggosok mobil sobat yang lecet. Perlu kehati-hatian saat sobat meneteskan minyak rem tersebut.
  • Setelah lecetnya hilang langsung cepat-cepat sobat membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. hidarkan tetesan minyak rem pada cat mobil sobat lainya. Karena minyak rem bersifat cukup panas sehigga bisa membuat  lapisan cat pada mobil sobat rusak atau mengangkat lapisan cat pada mobil sobat.
  • Setelah itu langsung cepat -cepat dibersihkan dengan air kemudian sobat tinggal mengkeringakan dengan menggunakan kain yang bersih dan halus.
Cara ini sangat efrektif ketika sobat dalam perjalanan yang jauh, tidak membawa obat poles bodi lainya dan jauh dari bengkel cat. Namun cara ini hanya dilakukan pada saat sobat dalam kondisi daruruat saja  dan perlu kehati-hatian saat menteteskan minayak rem pada mobil sobat yang lecet.

 Bila goresan pada mobil sobat terlalu dalam atau cukup parah, alangkah baiknya mobil sobat untuk dibawa kebengkel cat terdekat. Hindari hal-hal yang bisa nenambah lecet pada mobil sobat.

Semoga artikel cara menghilangkan lecet pada mobil bisa bermanfaat untuk sobat semua.
Selamat mencobat dan semoga sukses selalu..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel