Cara Mudah Mendempul Mobil Dengan Baik dan Benar


Cara mendempul mobil dengan baik dan benar - Pendempulan merupakan salah satu serangkain  atau urutan proses sebelum melakukan pengecatan pada mobil. Proses pendempulan ini dilakukan untuk meratakan bodi mobil yang tidak rata atau untuk menutupi body mobil yang penyok bekas tabrakan. Proses pendempulan juga dilakukan untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil.

Emang berapa om kira-kira berapa biaya pendempulan pada mobil ??

Anda bertanya kepada orang yang tepat karena pekerjaan utama adalah tukang cat atau tukang dempul😁😁😁

Untuk biaya pendempulan pada mobil biasanya dihitung dari seberapa parah mobil yang akan di  dempul. Jika bagain mobil penyok yang harus didempul berarti sekitar Rp 400.000 - Rp 600.000 per panel itu sudah termasuk ongkos cat dan kenteng(ketok magic).




Jika yang didempul hanya lecet - lecet ringan doang biayanya sekitar Rp 250.000 - Rp 300.000 per panel sudah termasik biaya pegecatan.


Kalau dempul full bodi berapa om biayanya ??

Untuk harga pendempulan full bodi dan pengecatan kisaran Rp 4.000.000 - RP 7.000.000. Jika ada bodi mobil yang kropos biaya pendempulan full bodi bisa lebih dari Rp 7.000.000.

Wooww😲😲😲 mahal juga ya ternyata biaya untuk mendempul mobil.

Namun, jika anda saat ini memiliki budget yang minim dan ada body mobil yang harus didempul  anda masih bisa mereparasi kendaraan anda sendiri.

Nah .. dalam pembahasan kali ini akan kami ulas tentang cara mendempul mobil dengan baik dan benar. Dan kabar gembiranya pembahasan kali ini kami buat sedemikian rupa agar mudah anda  pahami👏👏 Langsung saja beriku adalah penjelasanya

Sebelum ke tahapan pendempulan, alangkah baiknya anda mengetahui jenis-jenis dempul terlebih dahulu.

Dempul Polyester Putty

Jenis dempul ini adalah tipe dua komponen dan sering disebut dengan dempul plastik. Dempul ini sendiri menggunakan organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk lapisan yang tebal dan mudah untuk diamplas.

Dempul jenis ini menghasilk[an testur yang keras  setelah kering.  Berbagai merk dempul polyester diantaranya San-polac, Alfa, Osanglous, Tanury, Autoclass, Isamu, Bodylight dll.

Dempul Epoxy Putty

Jenis dempul yang kedua adalah Epoxy Putty. Dempul ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap karat dan memiliki daya rekat yang baik terhadap berbagai matrial dasar. Bahan utama dempul Epoxy putty adalah epoxy resin dan amine sebagai hardener atau obat pengering. Anda juga bisa membaca takaran untuk mencampur cat dengan thiner

 Dempul Lacquer Putty

Jenis dempul ketiga ini bahan utamanya terbuat oleh Nitrocellulose dan acrylicb resin. Lacquer putty dapat anda aplikasin secara tipis-tipis untuk menutupi goresan-goresan kecil pada mobil anda.

Terus saya harus pakai dempul jenis apa dan merk apa ??

Untuk mendempul mobil, anda bisa menggunakan jenis dempul Polyester putty. Anda bisa menggunkan dempul merk Osanglous ataupun Autoclas. Untuk harga dempulnya sekitar Rp 75.000. Jika pendempulan hanya sedikit, anda bisa membeli dempul yang kiloan dengan harga kisaran Rp 30.000. Sobat juga bisa menggunakan dempul tersebut untuk mendempul tangki sepeda motor.

Setelah mengetahui jenis-jenis dempul, siapkan juga alat-alat untuk cara mendempul mobil yang baik dan benar. Berikut adalah peralatanya :



➢ Yang pertama pastinya siapkan dempul merk apapun
Kape/scrap
Kape/scrup adalah alat utama yang digunakan untuk proses pendempulan mobil maupun proses      pendempulan motor, berbentuk persegi empaty yang tipis dan lentur, terdiri dari dua bagian besar dan kecil.
Jidar
Jidar merupakan alat bantu proses pendempulan yang berbentuk panjang yang lurus sekitar 30-50cm. Alat jidar ini biasanya hanya digunakan untuk mendempul bidang yang datar, luas dan membutuhkan pendenmpulan yang banyak.
Amplas
Amplas merupakan bahan untuk meratakan atau menghaluskan dempul agar rata seperti bidang aslinya. Untuk pengamplasan dimulai dari yang kasar hingga yang halus. Urutan nomor pengamplasan adalah  no80-no120-no240-no400-no2000. Dan untuk tahap pengamplasan dempul anda bisa menggunakan no80-no120-no240. Untuk proses pengamplasanya anda bisa membaca cara mengamplas dempul mobil yang baik dan benar 
Dan yang terakhir siapkan juga segelas kopi dan pisang goreng.


Berikut adalah Cara mudah mendempul mobil yang baik dan benar :
  1. Cara yang pertama adalah bersihkan terlebih dahulu media yang akan didempul, Anda bisa melakukan pengamplasan untuk menghilangkan jamur dan kotoran yang menempel. Jika ada yang berkarat anda bisa menggunakan grinda untuk menghilangkan nya. Tujuan untuk membersihkan media sebelum di dempul adalah agar dempul menempel dengan kuat dan pastinya lebih awet. 
  2. Cara mendempul mobil agar tidak bergelombang selanjutnya adalah cek bagian-bagian yang akan di dempul jika ada bagain yang tidak rata atau terdepat beberapa lekukan, maka ratakan terlebih dahulu dengan menggunakan palu kecil. Ini bertujuan agar hasil pendempulan tidak terlalu tebal.
  3. Selanjutnya bersihkan kembali pada bagain yang akan didempul hingga tidak ada kotoran yang menempel.
  4. Kemudian ambil dempul secekupnya dan jangan lupa untuk mencampurkan sedikit obat dempul atau biasa di sebut dengan hardenner. Jika pemberian hardenner terlalu banyak maka dempul akan cepat kering.
  5. Setelah dempul tercampur dengan obat maka dempul akan berubah warna tergantung dari segi merknya (biasanya berubah menjadi warna hijau dan kuning)
  6. Segeralah untuk menempelkan dempul dengan scrap. Karena jika dempul yang sudah bercampur obat akan cepat mengering.
  7. Jika permukaan yang ingin didempul lebar, anda bisa menggunakan alat jidar untuk menarik dempul agar proses pendempulan bisa rata.
  8. Untuk bagian lekukan-lekukan anda bisa menggunakan gergaji kayu bekas untuk menarik dempul. Karena gergaji lebih lentur dan mudah dibengkokan. Namun, jangan bagian gigi gergaji ya untuk menarik dempul bisa ancur dah nanti tu dempul 😄😄😄 gunakan bagian atas gergaji atau bagian yang lurus untuk menarik dempul dibagian lekukan.
  9. Agar mendapatkan hasil dempul mobil yang rata, gunakan kartu domino untuk mendempul di bagian lekukan-lekukan kecil atau pada bagian sudut.

Perlu anda ingat, dalam proses mendempul mobil tidak bisa langsung jadi harus setahap demi demi setahap untuk menghasilkan dempul yang rata. Tunggu dempul setengah kering, kemudian ulangi kembai proses pendempulan sampai dempul bisa rata.

Jika dempul sudah rata, lakukan proses pemplamiran (mengoleskan dempul secara tipis-tipis) untuk menutupi pori-pori dan juga menghaluskan dempul agar mudah untuk proses pengamplasan

Sebenarnya cara mendempul mobil dengan baik dan benar tidak jauh beda dengan proses memplester dinting/tembok. Bedanya hanya bahan yang digunakan. Jika anda terbias memplaster tembok tentunya akan sangat mudah untuk belajar mendempul mobil.

Untuk pendempulan full satu mobil biasanya menghabiskan 5 - 6 kaleng dempul tergantung besar kecilnya ukuran mobil. Satu kalengnya berisi sekitar 3kg dempul. Namun jika pendempulan hanya sedikit anda bisa membeli dempul yang 1kg.

Esssttt...Sampai lupa tu ama kopi dan pisang goreng. Naahh sambil menunggu dempul kering anda bisa minum tu segelas kopi ama pisang goreng.

Biasanya setelah 1 jam dempul sudah kering dan siap untuk proses pengamplasan untuk proses pengamplasan anda bisa baca disini

Nah,.. demikian lah tadi ulasan Cara mudah mendempul mobil dengan baik dan benar yang bisa anda praktekan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

NB : jika anda tidak mau ribet, anda bisa membawa nya di bengkel kami. Selain menerima jasa pendempulan kami juga menerima jasa cat mobil/motor, poles, kenteng bodi penyok(ketok magic).

Bengkel kami sendiri beralamat di KOTA PATI Ds Dengkek Jawa Tengah. Nomor WA 08564037019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel