Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen


Menghitamkan Dek Motor Matic - Motor merupakan salah satu kendaraan yang sangat digemari oleh masyarakat. Karena di saat jalanan yang macet motor bisa diandalkan untuk aktifitas sehari-hari. Bahkan satu orang terkadang memiliki 2 atau 3 motor atau malah lebih baik itu jenis motor matic atau jenis bebek.

Seiring dengan membludaknya para pemilik sepeda motor, banyak juga orang yang share sana sini untuk mencari info cara merawat motor matic. Tidak hanya pada bagian mesin, perawatan juga harus dilakukan pada bagian bodi motor terlihat seperti baru.

Masalah yang sering dijumpai pada bodi motor adalah dek motor menjadi kusam atau pudar. Biasanya maslah sering ini terjadi pada dek motor matic yang berwarna hitam atau biasa disebut body kulit jeruk.



Terus Apa penyebab dek motor matic warna hitam cepat pudar ??

Sebenarnya ada beberpa faktor yang menyebabkan dek motor matik warna hitam cepat pudar. Berikut ini adalah penyebabnya.

Salah dalam perawatan. Terkadang banyak orang atau si abang cucian motor menggunakan silicon atau semir ban untuk menghitamkan dek motor matic. Memang, mengoleskan silicon atau semir pada dek motor akan membuatnya semakin mengkilap. Namun, dalam jangka panjang dek motor matic anda akan menjadi pudar dan kusam.

Cara menghitamkan dek motor matic menggunkan silicon atau semir sebenarnya tidak direkomendasikan karena bahan yang terkandung dalam silicon atau semir adalah bahan-bahan kimia yang bisa mengikis cat saat dioleskan secara terus menerus.

Panas matahari. Selain bisa membuat kulit hitam, panas matahari juga bisa membuat dek motor matic anda cepat pudar dan kusam.


Faktor usia. Terkadang jika motor sudah berusia lebih dari 5 tahun dan minimnya perawatan sedikit demi sedikit warna hitam pada dek motor akan semakin memudar. Biasanya ini terjadi pada cover dek bagian tengah, dashboard motor matic serta slebor bagian belakang motor bebek.

Selain beberapa faktor diatas, terlalu sering membawa barang belanjaan di bagian tengah dek motor juga bisa membuat dek hitam pada motor matic cepat pudar dan lecet.

Jika dek hitam motor matic anda kusam dan pudar, berikut ini adalah cara alami menghitamkan dek motor matic anda agar mengkilap seperti baru beli. Dan tentunya tips yang kami bagikan aman tidak ada efek samping dalam jangka panjang.

Pertama siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu seperti
  • Minyak goreng merk apa saja asal jangan minyak jelantah yaaaaπŸ˜πŸ˜€πŸ˜€
  • Kain halus (bisa kain bekas kaos dalam dll)
  • Lap kanebo  
  • Pisang goreng
  • Dan secangkir kopi
Setelah semua bahan tersebut siap, langkah yang pertama cuci lah motor dengan sabun hingga bersih dari kotoran dan debu. Agar tidak meninggalkan bercak air, setelah selesai mencuci segeralah keringkan menggunakan kenebo.

Setelah motor kering, olesakan minyak goreng ke bagian kulit jeruk sepeti spakbor belakang, bagian dhasboard motor matic dan dek bagian tengah motor matic anda. Oleskan hingga rata menggunakan kain atau bisa menggunakan tangan. Lalu ratakan minyak goreng tersebut ke seluruh dek motor matic anda.

Untuk bagian dek yang sudah parah pudarnya, tunggu hingga 1 menit agar minyak meresap. Kemudian lap menggunakan kanebo seluruh dek yang terkena minyak dan lihat hasilnya. Jika dek terlalu mengkilap dan terlihat lebay anda bisa mengelapnya kembali dengan kain.

Agar motor tambah manis oleskan jiga minyak pada slebor belakang, vleg, body bawah, tutup kipas radiator, cover kenalpon, tutup filter dll.

Kalau sudah selesai segera cuci tangan lalu nikmati lah pisang goreng dan segelas kopi yang masih hangat sambil melihat hasil motor yang sudah kinclong. Jika ditambah dengan poles body dijamin mak yuss dah motor anda.

Selain untuk menghitamkan dek motor matic, minyak goreng juga bisa anda oleskan pada ban sebagai penganti semir. Perlu anda ingat, oleskan minyak pada bagain pinggir ban nya saja jangan sampai ke bagian tengah ban. Bisa licin dah tu ban bila bagian tengah nya terkena minyak.

Apakah ada plus minusnya pakai minyak goreng om ??

Kalau kekurangan ya pastinya ada, bila terkena air hujan minyak akan luntur dan motor akan kembali seperti semula setelah dicuci. Bila ingin mengkilapkan warna hitam pada dek motor anda bisa mengoleskan minyak kembali.

Kalau kelebihanya ??

Untuk kelebihanya yang pasti hemat diongkos kita cuman ambil minyak goreng di dapur dan ngak usah beli😁😁😁

Aman ngak min ??

Karena minyak goreng tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti silicon, minyak goreng aman digunakan untuk menghitamkan dek motor matic anda. Saya sendiri sudah melakukan  cara ini semenjak 2013 lalu dan alhamduliliah warna hitam pada motor vario saya masih bagus malah semakin mengkilap setelah saya oleskan minyak goreng.

Agar warna hitam pada dek motor matic tetap awet, berikut ini adalah tips ringan yang bisa anda aplikasikan sehari-hari.
  • Bila ingin membawa barang belanjaan di bagian depan, alangkah baiknya anda melapisi dek menggunkan kain ataupun koran agar dek motor matic tidak tergores karena barang belanjaan. Biasanya ini terjadi saat emak-emak belanja dipasarπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
  • Jika motor tidak terpakai alangkah baiknya anda menaruh motor ditempat yang teduh. Karena panas matahari akan membuat dek motor anda cepat kusam dan pudar.
  • Jika motor masih baru alangkah baiknya anda tidak usah mengoleskan silikon atau semir pada dek kulit jeruk motor anda.Memang mengoleskan silikon pada dek motor bisa membuat semakin mengkilat, namun jika terus dilakukan warna pada dek motor akan cepat memudar.
  • Perlu anda ingat jangan sesekali melakukan pengecatan untuk menghilangkan warna kusam pada body motor anda. Memang pengecatan bisa menghilangkan warna kusam pada body motor anda. Namun pengecatan justru menambah masalah bagi anda karena dek kulit jeruk bila dicat akan cepat mengelupas bila cat sudah mengelupas tentunya akan menganggu penampilan motor anda.
Itulah tadi sedikit ulasan tentang Cara alami menghitamkan body motor secara permanen. Semoga tips-tips ringan diatas dapat membuat motor matic anda semakin terlihat kinclong dan nampak seperti baru kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel