Ini Dia Cat Anti Karat Untuk Kolong Mobil - Suryadidik.com


Cat Anti Karat Untuk Kolong Mobil - Musim hujan merupakan musin yang ditunggu-tunggu oleh para petani. Namun, Musim hujan atau air hujan merupakan musuh bagi para memilik mobil terutama mobil sedan (mobil ceper).

Mengapa demikian ???

Karena air hujan mengandung zat asam tinggi sehingga jika mobil terkena air hujan dipastikan akan cepat kropos/korosi. Bagian-bagian mobil yang cepat berkarat bila terkena air hujan adalah bagian kolong-kolong mobil seperti selebor dalam, sasis dan juga lantai mobil.

Pada bagian-bagian tersebut merupakan bagian yang sering terkena air saat musim hujan. Jika kolong mobil terkena air hujan secara terus menerus dan tanpa ada pencegahan dipastikan mobil anda akan cepat berkarat dan kropos.

Lantas bagai mana cara mengantisipasi agar bagain kolong mobil tidak cepat berkaret ?

Cat anti karat pada kolong mobil merupakan salah satu pencegahan agar pada bagian sasis dan lantai mobil tidak cepat berkarat. Penyemprotan cairan anti karat ini sangat dianjurkan untuk mobil-mobil yang sudah berusia 10 tahun lebih. Memang, sebelum mobil di jual ke pasaran pihak pabrik sudah menyemprotkan flingkut anti karet. Namun, tidak ada salah nya kita untuk mengoleskan flingkut kembali. Toh pencegahan itu lebih baik dari pada mengobati.

Terus bagaimana cara mengecat bagian kolong mobil ??

Cat apa saja yang diperlukan ??

Sebenarnya pengecatan pada bagian kolong mobil tidak jauh beda dengan pengecatan bagian lainya. Namun karena bagian kolong berada dibawah jadi kita butuh kesabaran dan ketelitian untuk memberikan cairan anti karat. Lebih parahnya lagi mobil yang akan dicat jenis mobil ceper seperti jenis sedan. Wah gimana ni caranya biar ni tangan nyampek tengah kolong๐Ÿ’ฌ๐Ÿ’ฌ (cari akal)....

Binggung yaa gimana caranya..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Caranya cukup mudah kok cukup bawa mobil anda ke tukang cucian mobil yang ada hidrolisnya. Mobil tinggal diangkat pakai hidrolis dan bagian lantai mobil anda terkena cat anti karat semua๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Toh sekarang sudah banyak tempat cucian mobil yang menyediakan jasa pengecatan fllingkit pada kolong mobil.

Namun, jika saat ini budget lagi tipis, tenang suryadidik.com masih ada ide yang murah merih dan mudah anda praktekan sendiri dirumah. Berikut adalah triknya :
  • Siapkan terlebih dahulu dongkark gunting, balok kayu dan juga flingkut(cat anti karat) beserta thiner atau bensin. baca juga cara memperbaiki dongkrak yang rusak 100% berhasil
  • Parkirtkan mobil terlebih dahulu tempat yang datar, angkat mobil dengan dongkrak dan lepas satu persatu ban tersebut. Jangan lupa kendorkan baut ban sebelum diangkat.
  • Jika ban sudah dilepas angat mobil agak tinggi, kemudian ganjal tromoll dengan balok kayu.
  • Kemudian lepas dongkar untuk mengangkat ban yang satunya dan ganjal juga dengan balok kayu yang sejajar tingginya. Ban belakang juga dilepas juga iya..Tenang saja aman kok ngak bakal roboh tu mobil.
  • Esst ada yang lupa siapkan juga kardus yaa biar ngak kotor..

Setelah keempat ban sudah terlepas semua anda tinggal melakukan proses pengecatan kolong mobil. Untuk proses pengecatan siapkan bahan-bahanya seperti :
  • Siapkan cat anti karat seperti flingkut atau cat hamerton. Untuk satu mobil cukup beli satu kaleng atau 1 kg saja. Untuk ada 2 macem yaitu flingkut kuas dan flingkut semprot terserah anda pilih yang jenis apa.
  • Jangan lupa siapkan bensin 2 liter. pakai thiner juga bisa namun akan lebih boros๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
Jika semua bahan sudah siap, bersihkan terlebih dahulu kolong-kolong mobil hingga tidak ada kotoran atau karat yang menempel. Jika kolong mobil bersih maka cat anti karat akan menempel kuat dan tahan lama tentunya.

Jika anda tidak memiliki kompresor untuk mengecat, anda bisa melakukan pengecatan anti karat pada kolong mobil menggunakan kuas. Lakukan pengecatan hingga semua bagian terlapisi cat anti karat karat.

Setelah selesai pengecatan kolong mobil pasang kembali ban mobil anda dan mobil sudah terlindungi dari karat.

Agar mobil anda awet dan terbebas dari namanya biang karat, anda bisa mengikuti tips-tips ringan dibawah ini :
  1. Lakukan pencucian mobil terutama setelah dipakai hujan-hujanan. Semprot bagian kolon-kolong mobil hingga dipastikan tidak ada air hujan yang mengendap.
  2. Lakukan penyemprotan solar secara berkala pada bagian kolong mobil terutama pada bagaian sasis, lantai dan juga selebor dalam. Karena bagian tersebut rawan kropos.
Nah... Demikianlah sedikit ulasan tentang cat anti karat untuk kolong mobil. Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel