Cara Belajar Mendempul Mobil Dengan Baik Dan Benar


Pemakaian mobil setiap hari selama terus menerus pasti mobil sobat akan mengalami berbagai masalah mulai dari servis mesin atau ganti onderdil ini itulah. Tidak hanya mesin yang bermasalah pasti bodi mobil sobat juga ada masalah. Mulai dari kena kuku kena percikan batu atau krikil, kena goresan pagar, atau kurang hati-hati pada saat parkir. bahkan yang paling extrim seperti mobil habis  tabrakan dan lain sebagainya.

Bila bodi mobil kesayangan sobat sudah terkena goresan atau penyok pasti sobat ingin buru-buru  membawa  mobilnya  sobat ke bengkel cat. karena bodi mobil yang mulus merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan keeleganan mobil yang anda kendarai. Bila sudah masuk ke bengkel cat tidak sedikit sobat harus membayar ongkos untuk cat mobil tersebut. Bisa sampai habis ratusan ribu bahkan bisa samapi 7 juta untuk ongkos pendempulan ulang total dan pengecatan. Berikut ini saya akan berbagi ilmu cara mendempul mobil sendiri dengan baik dan benar. Agar sobat bisa menghemat ongkos membawa mobil sobat ke bengkel cat. Lumayan itung-itung ngirit sob ongkos ke bengkel cat nya bisa buat beli berasπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Sebelum ke langkah-langkah cara mendempul sendiri dengan baik dan benar, sobat harus tau dahulu macam-macam jenis dempul dan kegunaanya. Berikut ini adalah jenis-jenis dempul dan kegunaanya.

1. Dempul Polyester Putty

Dempul ini terdiri dari 2 komponen yaitu dempul dan hardener untuk pengering dan sering disebut dempul plastik dempul ini ada yang warna hijau,kuning dan putih. Untuk harganya sendiri bermacam macem intinya dempul warna hijau lebih murah dari pada yang putih bahkan dempul hijau harganya 2 kali lepat dari dempul yang berwarna putih.

2. Dempul Epoxy Putty

Dempul yang kedua ini adalah dempul yang bersifat lama pengeringanya. Hanya cocok untuk pengecatan yang menggunakan oven karena dempul epoxy lama keringnya.

3.Dempul Lacquer Putty Atau Dempul Spot

Dempul lacquer putty atau disebut juga dempul spot hanya satu komponen tanpa menggunakan hardener. Dempul spot ini hanya digunakan untuk memplamir atau mendempul pada goresan yang tipis karena penggunaanya hanya tipi-tipis saja. Bila digunakan secara tebal maka akan pecah dan bersifat cepat kering walaupun tanpa hardener. Dempul lacquer putty juga bisa untuk penganti poxy. Cara penerapannya cukup melapisi dempul pastik atau dempul yang pertama hingga tertutup. Dempul spot biasanya berwarna coklat

Bila sudah mengetahui jenis-jenis dempul dan kegunaanya, sobat cukup gunakan dempul polyester putty atau dempul plastik. Berikut ini adalah cara mendempul mobil dengan menggunakan dempul plastik.
  • Sebelum melakukan pendempulan sobat harus membersihkan bagian yang akan didempul hingga bersih menggunakan amplas kasar. Bila logam atau plat pada mobil terdapat karat, sobat bisa menggunakan gerinda untuk mnghilangkan karat yang menempul. Bila kurang bersih masih terdapat debu atau karat dempul tidak menempel bila menempel dempul tersebut akan cepat mengklupas. Usahakan pada saat menggrinda sobat memakai masker agar debu karat tidak masuk ke dalam hidung.
  • Setelah bersih dari debu dan karat sobat langsung ke proses pendempulan. Sebelum melakukan pendempulan sobat harus menyiapkan alat-alat seperti scrup untuk mendempul siku alumunium atau sobat bisa memanfaatkan gergaji bekas dan sarung tangan bila diperlukan. Tujuan memakai siku alumunium adalah untuk mendapatkan hasil pendempulan yang rata dan rapi.


  • Ambil secukupnya dempul plastik kemudian campurkan dengan hardener sedikit saja perbandinganya adalah 5 banding 1 atau sobat bisa membaca petunjuk yang tertera dikaleng dempul tersebut. Intinya bila terlalu banyak memberi hardener dempul akan cepat mengering begitu sebaliknya bila hardenernya sedikit dempul akan lama kering.
  • Setelah dempul dan hardener  tercampur dengan rata sobat bisa langsung mengoleskan dempul ke media yanga akan sobat dempul menggunakan scrub dempul tadi. Bila area pendempulan luas sobat bisa memakai alat bantu seperti siku aluminium atau gergaji bekas . Cara menggunakan pun cukup mudah cukup oleskan dempul ke media yang akan didempul kemudian tarik menggunakan siku tadi sampai dirasa pendempulan rata. Bila satu tarikan belum rata sobat bisa menggulanginya hingga rata.
  • Bila media pendempulan berbentuk lekukan sobat bisa memberi hardener sidikit saat mencampurkan dempul. Tujuanya agar dempul tidak cepat kering karena dibagian yang ada lukukanya memang cukup sulit.
  • Sobat harus menunggu dempul kering dulu, kemudian sobat bisa menggulangi pendempulan hingga rata dan halus.

  • Setelah dempul rata kemudian sobat bisa langsung ketahap pengamplasan. Untuk pengamplasan sobat bisa memakai amplas air nomor 120 dan nomor 240/400. Pengamplasan bisa dilakukan setelah dempul benar-benar kering sekitar 40 menit.
  • Lakukan pengamplsan mengunakan amplas nomor 120 terlebih dahulu dengan alas pengamplsan menggunakan papan kayu yang tipis ini bertujuan agar hasil pengamplasan bisa rata dan halus. saat pengamplasan harus memakai air. Bila pengamplasan di lekukan sobat bisa menggunakan alas karet yang kaku agar bisa lentur dilekukan. Sobat bisa memanfaatkan sandal jepit swallow bekas asalkan karetnya masih bagus untuk pengamplasan. pastinya jangan ngambil sandal emak emak sob πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ Ulangi pengamplasan hingga rata dan halus.
  • Setelah menggunakan amplas nomor 120 sobat ulangi pengamplasan menggunakan amplas nomor 240 agar saat proses pengecatan tidak terlihat goresan-goresan bekas pengamplasan. Cara pengamplasanya sama seperti diatas. Pengamplasan dilakukan sampi benar-benar halus dempul tersebut. Sobat bisa memakai sabun colek merk apapun. Caranya sobat cukup mengoleskan sabun tersebut ke dempul kemudian lakukan pengamplasan. Sabun colek disini sebagai alat bantu pengamplasan agar dempul cepat rata dan halus.
  • Setelah pengamplasan selesai dan dempul sudah halus dan rata sobat tinggal ke proses pengecatan.

Perlu diingat sobat, bila media yang akan didempul penyok yang dalam sobat harus ke ketog magic terdekat atau tukang las untuk memperbaikinya dulu. Karena bila penyok dalam langsung didempul bisa memboroskan dempul sob dan tentunya dempul tidak kuat  menempel. Hasilnya pun kurang bagus bila pendempulan terlalu tebal.

Intinya pendempulan mobil itu hampir mirip dengan cara memplester tembok rumah. yaa.. bahasa gaulnya 11 12 lah. Karena mendempul mobil dan memplester rumah tujuanya sama yaitu agar permukaanya rata dan halus. bedanya hanya tidak proses pengamplasan pada saat memplester tembok. Bila sobat masih kurang mahir dalam hal pendempulan sobat bisa membawa mobilnya ke bengekl cat atau memangil jasa tukang dempul yang sudah profesional.

Demikian artikel cara mendempul mobil dengan baik dan benar yang bisa saya bagikan dan semoga bisa bermanfaat untuk sobat semua. sampai jumpa lagi di artikel lainya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel