4 Cara Mudah Memperbaiki Mobil Yang Penyok - Suryadidik.com


Fungsi utama mobil adalah Sebagai kendaraan untuk berpergian dimana saja. Namun, pemakain mobil yang dilakukan setiap hari, pasti ada-ada saja masalah. Mulai dari komponen pada mesin mobil ada yang rusak. Selain ada kerusakan pada mesin, pada bagian bodi mobil pun mengalami masalah mulai dari bodi mobil penyok karena kurang berhati-hati saat parkir, terserempet portal jalan , terkena loncatan batu krikill  dan lain sebagainya.

Yaa namanya juga dijalanan, kita sudah berhati hati namun orang lain tidak hati-hati. yaa itulah hukum dijalalan yang tidak bisa kita hindari. Orang jalan kaki saja kadang tersandung batu padaha batu tersebut diem ditempat. Pokoknya serba salah dah bila sudah dijalan raya.

Namanya bodi mobil pasti ingin selalu terlihat mulus tanpa ada penyok dan bekas goresan sedikitpun. Karena bila kita memakai mobil yang bodinya penyok ataupun catnya sudah kusam tentu akan membuat kita menjadi kurang PEDE dan minder dijalalan.

Bodi mobil yang penyok sebenarnya mudah diatasi dan bisa kembali seperti semula jika membawanya ke bengkel cat mobil. Namun, jika membawanya ke bengkel cat mobil anda harus menyiapkan ongkos yang lumayan. Jika mobil kita sudah masuk ke bengkel cat, anda kan antri berjam-jam bahkan bila bengkel cat tersebut rame mungkin mobil anda bisa berhari-hari jadinya. Jika mobil anda berada dibengkel cat berhari-hari selain rugi materi anda juga akan rugi waktu. Yang harusnya berangkat kerja jadi cepat malahan jadi telat gara-gara nunggu angkot yang ngak datang juga. ribet juga kan bila sudah terjadi drama seperti ini. Trus yang salah siapa bila sudah begini ? Apakah salah si sopir angkot yang datangnya tidak on time.

Nah,.. Jika anda tidak mau mengeluarkan ongkos untuk biaya bengkel ataupun agar mobil anda yang penyok cepat kembali seperti semula. Berikut ini adalah solusi cara memperbaiki mobil yang penyok sendiri dirumah tanpa harus membawa ke bengkel dan pastinya hemat ongkos guys 😁😁😁


1. Menggunakan Hair Dryer

Sebenarnya fungsi utama hair dryer adalah sebagai pengering rambut, namun kita bisa menggunakanya untuk mengatasi bodi mobil yang penyok. Ngak percaya ? berikut ini adalah cara memperbaiki bodi mobil yang penyok menggunakan hair dryer. 
  • Untuk langkah yang pertama, siapkan terlebih dahulu hair dryer dan jangan lupa dinyalakan pastinya
  • Setelah hair dryer sudah panas, arahkan hair dryer pada bodi mobil yang penyok. lakukan secara terus menerus hingga  hingga area mobil yang penyok tersa lentur. Bila luka penyok luas dan dalam sobat bisa menambah suhu pemanasan. Untuk menghindari cat leleh, jangan terlalu dekat mengarahkan hair dryer ke bodi mobil yang penyok.
  • Jika area yang penyok sudah panas, anda bisa mendorong dari dalam agar bodi mobil yang penyok kembali keluar dan bisa kembali seperti semula. Gunakanlah kayu untuk mendorongnya bodi yang penyok. Jangan terlalu lama memanaskan bodi yang penyok karena  cat mobil anda menjadi gosong nantinya.
  • Bila bodi yang penyok sudah kembali seperti semula, anda bisa langsung menyiramnya menggunakan air yang dingin ataupu air keran biasa. Cara ini bertujuan agar suhu panas pada bodi mobil kembali normal dan tidak membuat penyok kembali.
Perlu anad ingat yaa.. carai ini hanya bisa digunakan bila bodi mobil yang penyok berbahan plastik. Seperti dumper mobil, aksesoris mobil seperti bodi kit dan lain sebagainya. Cara ini memanfaatkan suhu panas dari hair dryer karena bila damper yang berbahan plastik dipanaskan akan lentur dan mudah untuk tata.

 2. Menggunakan Air Panas

Untuk cara yang ke dua ini juga hanya bisa diaplikasikan pada bagian mobil yang berbahan plastik saja seperti damper mobil. Bila cara ini anda aplikasikan pada bodi mobil yang berbahan plat besi akan percuma. Karena sifat besi yang mengandung baja bila terkena air panas tidak akan bereaksi apa-apa. Berikut ini adalah cara mengatasi dumper mobil yang penyok menggunakan air panas.
  • Untuk langkah yang pertama siapkan air panas yang mendidih terlebih dahulu.
  • Sambil menunggu air panas mendidih, anda bisa melepas damper yang penyok terlebih dahulu, Pencopotan dumper bertujuan untuk memper mudah proses mengembalikan dumper yang penuok.
  • Setelah air sudah mendidih, siramlah ke bagian dumper yang penyok secara pelan pelan. Perlu anda ingat siramlah air dari dalam damper agar tidak membuat cat mobil anda rusak. Namun, jika penyoknya sedikit atau tidak terlalu dalam anda cukup membasuhnya dengan air mendidih  menggunakan kain atau kanebo. Karena air masih dalam keadaan panas, bertahi-hatilah saat membasuh dumper yang penyok. Jangan sampai malah tangan anda menjadi korban air panas.
  • Setelah bagian dumper yang penyok terkena air panas, Segeralah anda mendorong keluar penyok pada dumper tersebut. Gunakanlah sebilah kayu untuk mendorong keluar bagian damper yang penyok.
  • Jika satu kali penyiraman air panas belum membuat lentur bagian yang penyok. anda bisa mengulangi lagi proses penyiraman air panas hingga bagian yang penyok lentur. Selagi air  masih panas dan bagian yang penyok sudah lentur. Segeralah lakukan proses pendorongan. Jika air sudah dingin damper yang penyok akan kembali mengeras.
  • Langkah yang terakhir, jika bagian yang penyok sudah kembali seperti semula segeralah siram atau basuh dengan air yang dingin atau anda juga bisa menggunakan air keran. Ini bertujuan agar suhu panas pada damper kembali normal dan bekas penyok pada damper tidak kembali penyok kedalam.
  • Dan damper anda yang penyok pun kembali seperti semula.

3. Menggunakan Es Batu.

Selain menggunakan cara pemanasan, anda juga bisa mengatasi mobil yang penyok mnggunakan cara lainya. Cara memperbaiki mobil yang penyok  adalah dengan menggunakan es batu. Ana juga harus menyiapkan hair dryer dan juga kompresor. Ketiga bahan-bahan tersebut bisa membantu anda untuk mengatasi bodi mobil yang penyok. Bdrikut ini adalah langkahl-langkah cara mengembalikan bodi mobil yang penyok menggunkan ketiga alat tersebut. Cegidot...
  • Langkah pertama, tempelkan es batu ke bagian bodi mobil yang mengalami prnyok. Biarakan menempel kurang lebih 5 menit. Ini bertujuan agar es batu bereaksi ke bodi yang penyok. Agar tangan tidak terasa dingin saat menempelkan es batu, anda bisa menggunakan sarung tangan yang cukup tebal.
  • Anda bisa menggungu hingga es batu membentuk butiran-butiran menyerupai salju disekeliling bodi mobil yang penyok.
  • Lepaskan es batu jika sudah mucul butiran-butiran salju yang cukup banyak.
  • Kemudian anda bisa mengarahkan hair dryer pada bagian bodi yang penyok hingga penyok pada mobil kembali seperti semula.
Perlu anda ingat cara memperbaiki bodi mobil yang penyok menggunakan es batu ini hanya efektif jika penyok tersebut berskala mikro atau penyok ringan.

4. Menggunakan Vakum

Untuk langkah yang ke empat atau langkah yang terakhir anda bisa mengatasi mobil yang penyok dengan menggunakan vakum. Alat vakum bias anda beli ditoko-toko matrial atau anda juga bisa membelinya melalui online. Berikut ini adalah cara mudah menggunakan vakum.
  • Langkah pertama, tempelkan vakum ke bagian mobil yang mengalami penyok..
  • Kemudian anda bisa menariknya hingga bodi mobil yang penyok ke dalam dapat keluar kembali
  • Anda bisa mengulangi langkah-langkah diatas hingga bodi mobil yang penyok kembali seperti semula.

Meskipun kelihatanya cukup mudah untuk dilakukan, menggunakan vakum ini dibutuhkan keahlian yang khusus. Namun, jika tidak terbiasa menggunakan vakum anda bisa menggunakanya dengan perlahan-lahan supaya tidak membuat cat mobil menjadi lecet. Bila yang penyok merupakan mobil tahun 90.an anda harus membutuhkan tenaga yang extra. Karena mobil keluaran tahun 90.an memiliki ketebalan plat yang lumayan antara 0.1 sampai 0.2 mm.

Jika bodi mobil yang penyok  keluaran terbaru seperti Agya, Ayla, Calya, Brio, Avansa, Xenia dan lain sebagainya. Anda bisa mendorong bodi yang penyok secara manual atau menggunakan tangan namun jika penyok pada bagai sudut atau bagain yang tidak bisa dijangkau oleh tangan. Kok bisa mengatasi mobil yang penyok menggunakan tangan ? itu karena bodi mobil keluaran terbaru terbuat dari bahan yang lebih tipis dari pada mobil keluaran tahun 90.an. Banyak oarng yang menyebut mobil keluaran terbaru merupakan mobil kaleng krupuk. Kok bisa kaleng krupuk?  karena mobil keluaran terbaru terbuat dari bahan yang tipis sehingga seperti kaleng krupuk. Tak heran jika mobil keluaran terbaru dipakai buat tabrakan mobil akan ringsek semua.


Catatan. Cara-cara yang sudah dijelaskan diatas hanya bisa diaplikasikan pada bodi mobil yang penyoknya tergolong ringan. Dan untuk mempermudah pengejaanya anda bisa melakukanya dengan dua orang. Namun, jika penyok pada mobil tergolong parah, anda bisa membawanya ke body repair atau ke bengkel karoseri terdekat.






Demikian tadi beberapa cara mengatasi bodi mobil yang penyok taembawanya ke bengkel cat atau body repair. Semoga tips dan trik diatas bisa membantu anda dalam mentasi masalah pada mobil kesayangan anda. Sampai jumpa di tips dan trik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel