Cara Mudah Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap Seperti Baru - Suryadidik.com


Ditahun sekarang ini memang dunia otomotif berkembang pesat terutama kendaraan roda empat. Karena dijaman yang sekarang mobil seperti kebutuhan pokok setiap keluarga memiliki mobil sendiri bahkan setiap orang memiliki 2 mobil atau lebih.. Oleh karena itu semua orang berlomba-lomba agar interior dan exterior mobilnya selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan mobil merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan keeleganan mobil yang anda kendarai.

Maka dari itu sobat pasti selalu menjaga mobil sobat agar selalu mulus dan bersih. Biasanya pengguna mobil mengganti cat mobil nya bila cat tersebut sudah mulai kusam. Tetapi pengecatan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, tentu akan merugikan sobat semua. Selain merugikan waktu sobat juga harus mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit untuk membayar jasa pengecatan mobil anda. Pengecatan ulang juga akan membuat mobil anda sudah tidak orginal lagi dan akan menurunkan harga jual bila suatu saat mobil sobat ingin dijual. Oleh karena itu alangkah baiknya sobat selalu merawat cat mobil agar tidak mudah kusam dan kropos. Berikut ini saya akan menjelaskan cara mudah merawat cat mobil sobat supaya slalu terlihat kinclong.






1. Hindari Sinar UV Yang Berlebihan.

Sebisa mungkian mobil anda jangan lama-lama berada dibawah terik matahari langsung karena sinar matahari yang terik bisa membuat mobil sobat cepat busam. Oleh karena itu bila mobil sobat tidak kepakai sebisa mungkin carilah tempat parkir yang teduh. Misalkan didalam kedung atau dibawah pohon. Namun ketika anda tidak menemukan parkir yang cukup teduh, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan sarung mobil ataupun penutup mobil lainnya agar tidak terkena sinar mata hari langsung.

2. Gunakanlah Shampo Khusus Mobil Saat Mencuci.

Saat sobat sedang mencuci mobil gunakanlah shampo khus mobil jagangan gunakan detergen untuk mencuci. Hal ini dikarenakan shampo mobil mempunyai komposisi yang memang telah disesuaikan dengan cat mobil sehingga dapat merawat cat body mobil lebih baik. Oleh karena itu sabun datergen tidak direkondasikan untuk mencuci mobil karena mengandung bahan keras yang dapat membuat cat mobil cepet kusam.

Dan perlu diingat ketika saat mencuci mobil gunakanlah kain yang halus atau sobat bisa menggunakan busa. Jangan mencuci mobil diluar ruangan ketika saat cuaca terik atau dibawah sinar mata hari langsung. karena bisa membuat air sabun saat mencuci akan cepat menggering dan akan menimbulkan bekas yang akan mengganggu keindahan mobil sobat. Maka dari itu untuk menghindari bekas bercak air pada bodi mobil maupun dikaca mobil, setelah selesai mencuci mobil sobat harus langsung mengkeringkan diseluruh bagian mobil maupun kaca mobil menggunakan kain kanebo. artikel terkait 7 cara menghilangkan jamur pada kaca mobil super cepat

3. Cucilah Mobil Ketika Kehujanan.

Cara merawat cat mobil selanjutnya adalah cucilah mobil secepatnya bila kehunajan. Karena air hujan mengandung zat asam yang tinggi, sehingga bisa membuat cat mobil anda cepat kusam dan mobil akan cepat korosi atau kropos. Oleh karena itu cucilah mobil keseluruhan mulai dari bodi sampai kebawah sasis dan slebor dalam mobil. Bila sobat sibuk atau tidak ada wakyu untuk mencuci mobil sendiri sobat bisa membawa ke tukang cuci mobil terdekat. 

4.  Gunakan Wax Saat Selesai Mencuci

Anda bisa menggunakan wax pada saat selesai mencuci mobil. Namun tidak direkomendasikan menggunakan wax setiap hari, cukup 1 atau 2 bulan sekali. Karena bila dipakai secara terus menerus akan mengkikis cat mobil anda. Sobat bisa mekai merk turtell wax atau enamel polish untuk mengkilapkan cat mobil anda dan gunakan kain yang halus untuk melakukan proses polish

5. Hindari Parkir mobil Diluar Ruangan Saat Malam Hari 

Jangan biarkan mobil sobat terparkir diluar ruangan pada malam hari, hal ini dikarenakan air embun pada malam hari bisa memudarkan cat mobil anda bahkan bisa menggurangi ketehananan pada cat bodi mobil. Bila dibiarkan secara terus menerus maka dapat membuat body mobil mengalami keretakan keretakan kecil yang cukup menganggu. Selain merusak cat mobil, embun di malam hari juga mengakibatkan mobil sobat cepat korosi atau berkerat. Bila sobat tidak memiliki tempat parkir didalam ruangan sobat bisa menggunakan sarung bodi untuk menghindari embun pada malam hari.

6. Gunakan Kain Yang Halus Untuk Membersihkan Mobil

Meskipun kelihatan sepele, namun sobat harus memperhatikan ketika mengunakan kain untuk membersihkan mobil. Selalu gunakanlah kain yang halus dan lembut atau sobat bisa membeli kain microfiber yang dijual ditoko cat terdekat. Kain ini sudah didesain untuk membersihkan mobil maupun pada kaca mobil. Bila sobat sembarangan menggunakan kain, cat mobil sobat akan rusak karena banyak bekas goresan dari kain yang kasar. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih, karena jika kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih.

7. Poles Bodi Mobil

Perawatan mobil lainya adalah mengkompon bodi mobil bila cat mobil sudah mulai kusam atau ada goresan sedikit. Namun ketika sobat berencana untuk melakukan kompon mobil, anda hanya diperbolehkan untuk melakukannya di bagian-bagian tertentu saja terutama pada bagian yang terdapat kotoran atau goresan. Perlu di ingat guys, pengomponan hanya dilakukan seperlunya saja. Karena, bila dikompon secara terus menerus cat mobil anda akan mengkikis dan bila terus menerus cat mobil akan rusak. 






 
Nah.. demikian ulasan 7 cara merawat cat mobil agar awat dan mengkilap. Dengan cara-cara tersebut diharapkan akan membuat mobil sobat akan menjadi lebih bersih dan lebih mengkilat seperti halnya mobil baru lagi. Beberapa cara tersebut jika dilakukan dengan rutin serta menggunakan cara yang benar, hasilnya bisa lebih maksimal dan tampilan mobil akan lebih mengkilap dan bersih, body mobil juga akan terasa lebih halus bila dipegang. Demikianlah beberapa cara merawat cat pada bodi mobil agar tetap mengkilat dan awet pastinya dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel