Trik Mudah Memperbaiki Dumper Mobil Yang Renggang, Robek dan Penyok - Tips dan trik


Bila kita membahas tentang komponen serta aksesoris mobil, tidak luput dengan yang namanya dumper mobil. Ngomong-ngomong soal dumper mobil, dumper mobil merupakan salah satu komponen atau aksesoris mobil yang sangat penting bagi mobil. Letak dumper mobil sendiri berada didepan maupun dibelakang, fungsi dumper sendiri merupakan sebagai pelindung saat terjadi benturan pada mobil anda. Letaknya yang didepan dan dibelakang, selain sebagai pengaman saat terjadi benturan, dumper mobil juga bisa dijadikan sebagai aksesoris mobil.

Untuk bahan pembuatan dumper mobil adalah dari plat besi, plasti, namun terkadang ada juga yang terbuat dari fiber. Pada mobil keluaran tahun 80.an dumper mobil masih terbuat dari plat besi yang ketebalanya mencapai 0,2 mm. Namun seiring dengan perkembangan zaman banyak orang yang memodifikasi dumper mobilnya sedemikian rupa  menggunakan bahan plastik atau fiber sehingga dumper yang terbuat dari plat besi tidak terpakai. Karena menurut mereka lebih kelihatan elegan menggunakan dumper berbahan plastik ketimbang dumper yang terbuat dari plat besi.

Sehingga untuk mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar,  membuat para produsan mobil sekarang membuat dumper mobil menggunakan bahan plastik. Namun dumper mobil yang terbuat dari plastik lebih rentan pecah maupun penyok saat terjadi benturan. yaa ada kelebihan pasti ada kekuranganya lah, namanya juga hidup didunia ngak bakalan ada yang sempurna mungkin hanya kekasih dihati yang terlihat sempurna.hehehee

Terkadang ada juga yang menambahkan body kit atau sejenis aksesoris yang menempel pada dumper dan  reisplangmobil.Tujuanya agar bisa menambah  penampilan mobil menjadi bertambah elegan. yahh namanya juga manusia pasti tidak akan pusa dengan semua keadaan.
Letak dumper yang berada di depan dan belakang menjadikan dumper sebagai korban utama saat mobil terjadi benturan atau tabrakan tak heran jika dumper mudah pecah, penyok maupun robek. Lalu bagai mana cara menperbaiki dumper yang sudah pecah maupun robek ? Tenang saja, kata patah mengatakan banyak jalan menuju roma hehehe...

Berikut ini adalah beberapa cara meperbaiki dumper mobil yang pecah maupun penyok. Anda cukup membacanya sampai selesai dan langsung mempraktekanya sendiri dirumah. Berikut adalah cara memperbaiki dumper mobil yang mengalami rusak ringan hingga parah.





PENYOK

Penyok merupakan salah satu luka dumper yang diakibatkan karena terjadi karena benturan bengan benda keras..Yang pasti bukan nabrak angin lo yang menyebabkan dumper anda menjadi penyok. Dibawah ini adalah beberapa cara yang cukup sederhana memperpaiki dumper yang penyok.

          1. Menggunakan Hair Dryer.

Selain fungsinya utamanya sebagai pengering rambu, hair dryer juga bisa digunakan untuk memperbaiki dumper mobil yang penyok. Siapkan hairy dryer dan berikut ini langkah-angkah mengatasi dumper mobil yang penyok menggunakan hair dryer.
  • Untuk langkah yang pertama panaskan dumper yang mengalami penyok menggunakan hair dryer hingga dumper sedikit lunak. Ini bertujuan bila plastik dipanaskan akan mudah untuk diatur. Perlu anda ingat, saat memanaskan dumper janganlah terlalu dekat agar cat mobil anda tidak rusak. Cukup arahkan hair dryer ke dumper dengan jarak kurang lebih 15 cm. 
  • Setelah dumper mobil terlihat lunak, anda bisa mendorongnya dari dalam menggunakan balok kayu agar dumper yang penyok kedalam bisa kembali keluar. Setelah dumper mobil yang penyok kembali seperti semula, siram area dumper yang terkena panas menggunakan air keran atau air biasa. Hal ini bertujuan agar menetralkan suhu panas pada dumper dan supaya dumper mobil tidak kembali penyok kedalam.
    • Jika dumper penyok di bagian sudut atau bagian yang susah untuk mendorongnya dari dalam, anda bisa membuka dumper tersebut.
    • Untuk tahap yang terakhir anda bisa melakukan pengecatan bila diinginkan. Namun, jiika masih terdapat goresan yang tidak terlalu dalam, anda bisa mengatasinya dengan mengikuti toritorial 4 cara ampuh menghilangkan lecet dan goresan pada mobil dan motor. 

              2. Menguunakan Air Panas 
      
    Jika tidak memiliki hair dryer, anda bisa menggunakan cara lainya yaitu menggunakan air panas atau air mendidih. Berikut adalah langkah-langkah cara memperbaiki dumper yang penyok dengan air panas.
    • Siapkan dahulu air yang mendidih secukupnya, sambil menunggun air mendidih anda bisa melepas dumper terlebih dahulu. Kemudian, siramlah air panas ke bagian dumper yang penyok. Perlu anda ingat siramlah bumper mobil dari bagian dalam agar mempermudah proses mendorong dumper yang penyok.
    • Lakukanlah penyiraman beberapa kali dibarengi dengan proses pendorongan pada dumper yang penyok. Perlu anda ingat karena air yang digunakan air panas gunakanlah balok kayu untuk mempermudah proses mendorong dumper yang penyok. Dan berhati-hatilah jangan sampai tangan kita malah menjadi korban terkena air panas.
    • Setelah dumper yang penyok kembali seperti semula, segeralah siram dumper dengan air yang bersuhu normal atau dengan air keran agar suhu panas pada dumper kembali normal.
    • Dan dumper pun kembali seperti semua tanpa mengeluarkan ongkos untuk membawanya ke bengkel cat mobil. hehehee

    ROBEK atau PECAH.

    Dumper mobil yang terbuat dari plastik ataupun fiber memang bisa menambah penampilan mobil anda menjadi lebih terlihat elegan. namun dibalik semua kelebihanya, dumper mobil yang terbuat dari plastik lebih rentan robek maupun penyok bahkan bisa pecah bila terjadi benturan yang cukup keras.

    Bila dumper mobil anda sekarang ini mengalami robek atau pun pecah, jangan terburu-buru untuk membawanya ke bengkel cat. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti cara dibawah ini.

                 Menjahit Dengan Kawat Kecil Atau Kawat Bendrat.

    Langkah yang pertama anda bisa menggunakan kawat bendrat untuk melakukan proses penjahitan dumper. Sebelum melakukan  prose penjahitan, siapkan lah beberapa alat pembantunya seperti  kawat bendrat, solder, tang catut atau tang jebit dan lem. Untuk masalah lem anda bisa menggunakan merk A..ECO yang memiliki daya rekat yang kuat dan cepat kering. Setelah semua peralatan lengkap, anda cukup mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan berurutan..
    • Untuk langkah yang pertama, lepaskan dumper terlebih dahuli dari mobil. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penjahitan dan pengeleman dumper yang pecah maupun robek..
    • Gunakanlah solder untuk melubangi kedua sisi dumper yang akan dijahit.
    • Setelah terlubangi semua anda bisa melakukan proses penjahitan menggunakan kawat bendrat. Untuk mempermudah proses penjahitan anda bisa menggunakan tang ataupun catut
    • Proses penjahitan dumper ssama seperti dengan proses penjahitan baju yang robek. Namun, bedanya hanya menggunakan kawat bukan menggunakan benang.
    • Jika robeknya sedikit atau tidak lebar anda hanya cukup mengelemnya saja. Agar proses pengelemanya menempel dengan kuat, anda bisa menaburkan pasir atau serbuk kopi saat mengoleskan lem..
    • Setelah robek atau pecah pada dumper terjahut dengan rapi, anda bisa melakukan pengeleman agar menambah kuat jahitan pada dumper.  
    • Untuk langkah yang terakhir anda bisa melakukan proses pendempulan pada bekas jahitan dumper. Lakukan pendempulan hingga rata dan bekas jahitan tertutupi.
    • Setelah terdempul dengan rata, lakukanlah proses pengamplasan dan pengecatanSetelah t. Alangkah baiknya jika belum mahir dalam proses pendempulan, anda bisa menyewa jasa orang yang ahli dalam pendempulan atau membawanya langsung ke bengkel cat mobil.
              
     RENGGANG.         

    Sebelum mengetahui cara memperbaiki dumper mobil yang renggang, alangkah baiknya anda mencari dahulu penyebab dumper mobil anda renggang. Penyebab dumper renggang biasanya disebabkan saat anda melewati jalan yang rusak sehingga bisa membuat dumper terguncang - guncang sehingga membuat clip dumper yang menghubungkan bodi patah. Penyebab lainya adalah terlalu seringnya dumper dibongkar pasang sehingga bisa membuat clip pada dumper patah. Jika dumper anda saat ini mengalami renggang berikut ini ada beberapa cara mengatasi dumper mobil yang renggang.
    • Langkah pertama, anda bisa mengamati dahulu dan menggukur berapa jarak renggang dari bodi ke dumper mobil.
    • Kemudian anda bisa mecopot dumper dari mobil. Saat mencopot dumper lakukanlah dengan hati-hati agar tidak menambah patah clip pada dumper atau bisa membuat dumper lecet. Untuk membuka dumper, anda cukup membuka skrup yang ada pada bagian atas dan bawah dan lepaskan kabel-kabel lampu yang menempel pada dumper.
    • Setelah dumper terlepas, dudukan lubang skrup pada bodi anda stell kembali dengan pegangannya dari body ke dumper mobil sesuai dengan ukuran yang telah anda ukur. Namun, jika lubang skrup pada dumper rusak atau patah maka anda harus membuat pegangan yang menghubungakan dumper dengan bodi menggunakan serat fiber yang sudah ditempel dan dibekukan pada dumper.
    • Untuk langkah selanjutnya, buatlah lubang pada bodi mobil menggunakan bor. Lubang ini berfungsi untuk memasang kembali pegangan dumper yang telah diukur tadi.
    • Kemudian anda bisa memasang kembali dumper mobil secara perlahan-lahan agar tidak membuat lecet dumper anda dan jangan lupa untuk memasang kabel-kabel lampu yang telah anda copot tadi.
    • Jika dumper dipasang namun masih terlihat renggang anda bisa mengikat dumper dengan kawat ke bagian dalam bodi mobil. Caranya cukup lubangi bagian dalam pojok atas dumper dananda tinggal mengkaitkan kawat bendrat. Supaya kawat bendrat tidak kelihatan, anda bisa mengikat kawat bendrat ke bagian dalam kap mobil.




    Untuk menghindari dumper agar tidak cepat rusak, alangkah baiknya anda bisa menerapkan beberapa cara dibawah ini sehingga dumper mobil anda akan awet dan tetap mulus.
    • Untuk cara pertama hindari jalanan yang rusak jika terpaksa untuk melewatinya anda bisa melewatinya namun dengan ektra hati-hati dan jangan menekan kas terlalu dalam.
    • lakukan pengontrolan skrup-skrup pada dumper mobil bila ada skrup yang kendor segeralah untuk mengencangkanya kembali agar saat melewati jalanan yang berbatu dumper mobil tidak mudah patah.
    • Untuk cara merawat dumper mobil yang terakhir adalah  jangan membuat mobil terlalu ceper.  Bila mobil terlalu ceper jika melewati jalalan yang beda tinggi dumper akan rentan robek dan patah.
    Nahh... Demikianlah beberap aulasan cara mengatasi dumper mobil yang penyok, renggang maupun patah.  Semoga tips dan trik diatas daopat membantu anda dalam memperbaiki dumpr mobil yang rusak tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk dibawa kebengkel. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel