Lampu Mobil Anda Berwarna Kuning Dan Kusam ? Ini Dia Cara Mengatasinya..


Ngomong-ngomong soal lampu mobil, lampu mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil anda . Kok bisa sangat penting ? karena tanpa lampu kita tidak akan bisa melihat jalan saat malam hari terutama lampu mobil bagian depan. Repot juga kan bila berkendara saat malam hari tanpa penerangan dari lampu mobil

Namun tak sedikit orang menyadari bahwa begitu pentingnya merawat lampu mobil. Seiring dengan berjalanya waktu lampu mobil yang awalnya bersih dan bening bila tanpa perawatan akan berubah menjadi kusam. Selain menjadi kusam, lampu mobil juga akan berubah menjadi kuning. Ini biasanya terjadi pada bagian mika lampu namun terkadang noda kuning juga berasal dari dalam mika lampu mobil.

Bila saat ini lampu mobil anda menjadi kuning dan kusam, anda tidak usah terburu-buru untuk membawanya ke salon mobil maupun ke bengkel mobil. Anda cukup mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini dan bisa langsung mempraktekanya sendiri tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk membayar jasa salon mobil.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya cara mengatasi lampu mobil yang kuning dan kusam.

Sebelum ke langkah yang pertama anda harus mengetahui penyebab kenapa lampu mobil menjadi kuning atau kusam. Apakah disebabkan karena goresan-goresan halus ? terkena debu ? atau akibat dari proses oksidasi sehingga membuat lampu mobil menjadi kuning dan kusam ataupun juga bisa terjadi karena minimya perawatan. Proses oksidasi terjadi saat lampu mobil dihidupkan, lama kelamaan suhu didalam lampu akan menjadi panas dan akan terjadi proses pengembunan yang membuat noda kuning pada mika lampu mobil anda.

Tahap Ke 1. Mencuci Lampu Hingga Bersih.

Langkah yang pertama cuci terlebih dahulu lampu mobil anda.dengan mengunakanlah sabun atau shampo ini bertujuan agar partikel-parkitel debu yang menempel pada lampu mobil akan hilang serta untuk mempermudah proses menghilangkan noda kuning dan kusam pada lampu mobil. Untuk menghindari bekas bercak air atau jamur alangkah baiknya, setelah selesai mencucinya anda bisa langsung mengeringkannya menggunakan kain yang kering ataupun juga bisa menggunakan kanebo. Keringkan lampu mobil hingga tidak ada air yang masih menempel pada permukaan mika maupun disekitar area lampu.

Tahap Ke 2. Pengamplasan.

Untuk cara menghilangkan noda kuning pada lampu mobil yang ke dua adalah dengan melakukan proses pengamplasan. Gunakanlah amplas yang paling halus anda bisa memakai amplas nomor 1000. Untuk mempermudah proses pengamplasan anda bisa melepas terlebih dahulu lampu mobil anda. Namun, jika tidak mau ribet anda juga bisa melakukan pengamplasan tanpa harus melepas lampu. Sebelum melakukan pengamplasan, basahi terlebih dengan air yang bersih amplas dan lampu mobil yang terdapat noda kuning ini bertujuan agar mengguragi pergesekan antara lamopu dan amplas.

Lakukan proses pengamplasan dengan gerakan memutar dengan memberi sedikit tekanan. Proses pengamplasan harus dilakukan dengan sabar dan jangan terburu-buru. Selama proses pengamplasan anda bisa mengamati apakah noda kuning sudah mulai hilang atau belum. Bila noda kuning juga terpadat pada bagian dalam lampu anda bisa membuka lampu mobil dengan pelan-pelan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. kemudian amplas bagian dalam mika kaca lampu hingga noda kuning yang menempel pada mika hilang.

Untuk memasang mika lampu lampu kembali, anda bisa mengelemnya menggunakan lem sealer atau lem khusus kaca. Cara pengelemanya, cukup mengoleskan sedikit lem sealer ke sudut-sudut mika setelah itu rekatkan mika dengan bagian lampu. Bila ada sisa-sisa lem sealer yang menempel pada lampu, segeralah bersihkan dengan kain yang kering. Bila lem sealer dibiarkan terlalu lama menempel pada mika lampu maka akan susah untuk dihilangkan.

Tahap Ke 3. Gunakan Kompon

Langkah yang ke tiga untuk menghilangkan noda kuning dan kusam pada lampu mobil adalah dengan menggunakan kompon. Caranya pun hampir sama dengan yang diatas, Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  • Bersihkan terlebih dahulu lampu mobil anda namun alangkah baiknya anda bisa mencucinya menggunakan sabun ataupun shampo. Agar semua partikel demu dan kotoran yang menempel pada permukaan lampu hilang.
  • Setelah lampu bersih, oleskan kompon secukupnya ke permukaan  lampu mobil yang terdapat noda kunin dan kusam. Lakukan proses pemolesan menggunakan tangan dengan gerakan memutar. hilang. 
  • Untuk menghilangkan sisa-sisa kompon yang masih memepel pada permukaan lampu anda bisa meng oleskan kit ataupun turtell. 
  • Jika anda ingin mempoles bodi mobil juga anda bisa mengikuti langkah-langkah Cara Mempoles Mobil Agar Mengkilap Seperti Baru
Tahap ke  4. Gunakan pasta Gigi.

Untuk tahap terakhir cara menghilangkan noda kuning dan kusam pada lampu adalah dengan menggunakan pasta gigi. perlu anda ingat gunakanlah pasta gigi yang berwarna putihgunakanlah pasta gigi yang berwarna putih jika menggunakan pasta gigi berbentuk jelly maka akan sulit untuk menghilangkan noda kuning pada lampu. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan pasta gigi.
  • Bersihkan lampu mobil terlebih dahulu menggunakan air bersih menggunakan sabun supaya mempermudah menghilangkan debu dan noda kotoran yang memepel pada lampu mobil anda.
  • Keringkan dahulu lampu mobil tersebut setelah proses pencucian. Untuk mempercepat pengeringan lampu anda bisa mengeringkanya menggunakan kain yang kering dan halus
  • Oleskan pasta gigi secara merata ke permukaan mika lampu, kemudian, gosok secara mereta menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar. Bila noda kuning masih susah hilang anda bisa mengoleskan pasta gigi kembali.
  • Jika noda kuning juga terdapat pada bagian lampu anda bisa membuka terlebih dahulu lampu tersebut.
Noda kuning dan kusam pada lampu mobil tentunya akan menggurangi daya penerangan saat malam hari. Selain menganggu penerangan, lampu mobil yang kuning juga akan membuat penampilan mobil anda berkurang.




    Untuk mengantisipasi lampu mobil anda agar tidak menjadi kuning dan kusam,  alangkah baiknya anda bisa melaukuan perawatan-perawatan ringan seminggu sekali. Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati guys hehehe....

    Berikut ini adalah beberapa cara sederhana merawat lampu mobil agar awet dan tidak mudah kuning dan kusam. Sehingga bisa membuat peforma lampu tetap bersinar terang secara maksimal, agar perjalanan anda dimalan hari tidak terganggu. Langsung saja berikut adalah penjelasanya.

    1. Merawat Bagian Mika.

    Untuk cara merawat lampu mobil yang pertama adalah bersihkan secara rutin bila lampu anda terdapat banyak debu yang menempel. Selain itu terkadang ada juga kotoran burung atau getah pohon yang menempel, segeralah bersihkan noda-noda tersebut hingga bersih. Bila terlalu lama dibiarkan kotoran burung ataupun getah pohon yang menempel pada lampu mobil akan sulit untuk dihilangkan. Anda juga bisa melakukan waxing agar lampu mobil selalu terlihat bersih dan mengkilap.

    Saat musim hujan, sebisa mungkin setelah mobil kehujanan, segeralah keringakn lampu mobil anda menggunakain kain yang kering atau kanebo. Hal ini bertujuan supaya tidak ada bekas bercak air ataupun jamur yang menempel pada lampu mobil. Selain membersihkan lampu dari air hujan, anda juga bisa melakukan pencucian mobil agar cat mobil terhindar dari jamur. Mencuci mobil setalah kehujanan juga bisa menbuat mobil anda tidak mudah kropos atau korosi. Bila mobil anda terdapat karat atau korosi anda bisa membaca cara ampuh menghilangkan karat pada bodi mobil dan perawatanya untuk menghilangkanya.

    2.  Selalu Parkirkan Mobil dalam Ruangan.

    Cara perawatan lampu mobil yang terakhir adalah jangan membiasakan memparkirkan mobil diluar ruangan saat malam hari. Selain bisa membuat cat mobil cepat kusam, parkir mobil diluar ruangan juga bisa membuat lampu mobil anda menjadi kuning dan kusam. Jika tidak mempunyai garasi,anda bisa menutupi mobil anda dengan sarung bodi. Hal ini bertujuan agar mobil anda terhindar dari embun yang ganas dimalam hari.

    Begitupun juga saat siang hari, usahakan jangan memparkirkan mobil dibawah terik matahari langsung. Selain bisa merusak cat mobil, bila lampu mobil terkena panas matahari, bagian dalam lampu mobil anda akan terjadi proses pengembunan yang bisa membuat lampu mobil menjadi kuning dan kusam. Alangkah baiknya anda bisa mencari tempat yang teduh untuk memparkirkan mobil anda saat siang hari. Usahakan jika ingin memparkirkan mobil dibawah pohon, carilah pohon yang masih kuat dan aman. Ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya tertimpa ranting atau dahan pohon yang patah bahkan yang paling berbahaya jika pohon itu tumbang dan menimpa mobil anda.

    Demikanlah beberapa cara menghilangkan noda kuning dan kusam pada lampu mobil berserta perawatanya. Semoga beberapa tips dan trik diatas bisa membantu anda untuk mengatasi lampu mobil yang kuning dan kusam dan semoga sukses selalu.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel