Ini Lah Dia Tips Mudah Menghilangkan Clear Atau Pernis Yang Leleh

Pada umumnya semua orang mengginginkan cat bodi mobil selalu terlihat sempurna, mulus, bersih dan tanpa ada cacat sedikitpun. Akan tetapi bila sobat melakukan cat ulang terkadang hasilnya kurang memuaskan atau kurang sempurna. Seperti salah satunya ada bekas cear atau pernis yang meleleh.

Tentunya sobat merasa kecewa bila hasil pengecatan kurang sempurna atau kurang memuaskan. tidak dipungkiri sobat pasti binggung memikirkan bakai mana cara menghilangkan clear atau pernis yang meleleh. Sebelum ane kasih tau cara menghilangkan clear yang meleleh sobat harus tau sebab-sebab cear yang meleleh.



Berikut adalah faktor yang menyebabkan clear atau pernis meleleh.

1. Faktor manusia

Faktor ini disebabkan oleh tukang tukang catnya sendiri, biasanya disebabkan karena terlalu terburu-buru saat menyemprotkan fernis. Jadi fernis akan meleleh dan menjadi leleh pada cat mobil sobat. Saat proses pernis dibutuhkan kehati-hatian dan kesabaran biar tidak terjadi kesalahan.

cara mengantisipasi agar saat proses pengeclearan berjalan sempurna adalah kesabaran. Jangan terburu-buru saat melakukan pernis. Tunggu sampai setengah kering agar claer menempel dengan cat kemudin ulangi proses prngeclearan dan begitu seterusnya.
Beberapa lapisan tipis juga tentu akan memberikan hasil yang lebih baik dari satu kali lapisan yang tebal.

2. Penyampuran atau pengoplosan clear dengan tinner kurang pas.

Terkadang saat mencampurkan clear dengan tinner malah terlalu kental jadi besar kemungkinan saat disemprotkan clear akan meleleh. jadi sobat butuh kehati-hatian saat menyampurkan cat dengan pernis. Teralalu encer juga tidak dianjurkan karena hasilnya akan kurang mengkilap. Jadi saat penyampuran jangan terlalu encer dan terlalu kental. Tekanan udara di spray gun juga mempengarui saat pengecatan. Usahakan tekakan udara selalu stabil dan jangan sampai tekanan udara kurang kencang. 

3. Jarak spray gun yang terlalu dekat.

Mesipun sepele tapi jarak spray saat pengecatan juga harus diperhatikan. Apabila terlalu dekat besar kemungkinan cat akan meleleh, bila spray gun terlalu jauh hasil pengecatan akan terasa kasar. Umumnya jarak spray gun adalah 25 sampai 30 cm dari permukaan yang akan dicat.


4. Ayunan spray gun terlalu lambat.

Bila sobat saat mengayunkan spray gun sobat harus berhati-hati dan jangan melamun, terutama melamunin pacar heheeee.....Jika terlalu lambat mengayunkan spray cat akan meleleh terutama pada saat proses pernis.

Prinsipnya adalah menjaga jarak nozzle spray kita se konstan mungkin, kalau bidangnya datar seperti lambung pintu sih gampang.  Masalahnya kalau bidangnya banyak lengkungan dan lekukan. ya... di situlah letak seninya tukang cat. Sampaimana kita bisa memainkan kelenturan pergelangan tangan kita guys

penting guys khusus untuk sobat yang pemula dalam dunia pengecatan, alangkah baik nya anda hati-hati saat memegang spray gun. Usahakan sebelum menyemprotkan spray ke media yang akan dicat, alang baiknya sobat mencoba dulu untuk menyemprot kan spray gun ke media yang lain. Misalkan drum kosong atau ke plat besi yang tidak kepakai. Asal jangan ke muka temen guys hehe he..😁😁😁
Langkah ini bertujuan agar tidak terjadi kejadian yang tidak sobat inginkan seperti clear yang meleleh.

Namun sobat tidak usah binggung bila sudah terjadi clear yang leleh, dibawah  ini adalah tips ampuh menghilangkan clear yang leleh pada cat baru.

Sobat harus menyiapkan alat-alat berupa :
  • Amplas air halus nomor 2000.
  • compon.
  • Dan kain wall yang halus.
Tunggu terlebih dahulu agar clear atau pernis mengering sempurna, clear akan mengering sempurna selama 24jam. Setelah clear mengering sempurna sobat tingal mengamplas bagian clear yang meleh. Namun sobat harus hati-hati saat proses pengamplasan. Karena bila pengamplasan terlalu ditekan, maka clear akan botak atau habis dan akan kelihatan cat dasarnya saja. Sobat cukup mengamplas dengan pelan-pelan saja jangan terlalu ditekan. Saat pengamplasan gunakan lah alas papan tipis agar saat pengamplasan clear hilang dengan rata.

Bila dirasa clear yang leleh tadi sudah rata dan tidak kelihatan leleh, sobat langsung esekuasi saja dengan menggunakan kompon. Cara menggunakan compon adalah sebagai berikut.
  • Oleskan kompon secara merata pada clear yang sudah diampals tadi.
  • kemudin gosok dengan menggunakan kain yang halus. Sobat juga bisa menggunakan mesin poles bila dirasa tangan capek menggosok manual.
  • sobat bisa menggulangi proses penggosokan dengan gerakan memutar sampai cat menjadi mengkilap kembali.
  • Untuk hasil yang maksimal sobat bisa mengoleskan cairan pengkilap seperti kit atau turtell wax dll diakhir pemolesan.
 Baca juga  Cara Mempoles Mobil Agar Mengkilap Seperti Baru 

Bila dirasa clear masih terasa empuk atau belumkering sobat harus  sabar menunggu sampai kering sempurna. Karena beda merk clear atau pernis yang dipakai beda juga lama pengeringannya. Namun umumnya clear sudah kering selama 24 jam. Bila clear yang masih basah dipaksa untuk diamplas, clear akan mengklupas. Bila mengklupas sobat akan kerja dua kali harus mulai mengecat dari nol lagi.

Demikain tips dan trik cara mengatasi clear atau pernis yang meleleh.Tetap stay di SALON MOBIL yang akan selalu memberikan tips dan trik menarik dan pastinya jangan lupa bahagiaaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel