Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil - Suryadidik.com


Cara menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper atau akibat benda apapun yang bisa membuat kaca mobil anda tergores sebenarnya cukup mudah. terutama bagi anda yang sudah berpengalaman dan sudah mengetahui cara bagai mana cara menghilangkan goresan pada kaca mobil. Kasus tergoresnya kaca mobil memang terlihat sepele namun, kaca mobil yang terdapat goresan bisa mengurangi penampilan mobil anda. Selain itu, kaca mobil yang terdapat banyak gores misalkan akibat terkena wiper juga akan menganggu jarak pandang anda keluar. Saat dijualpun akan mengurangi nilai harga jual mobil anda.

Namun anda tidak usah khawatir bila kaca mobil anda sekarang ini terdapat luka goresan akibat wiper atau akibat benda lainya. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan teknik cara menghilangkan goresan pada kaca mobil.

Goresan yang umunya terjadi pada kaca mobil.

Sebelum sobat mengetahui berbagai cara menghilangkan goresan pada kaca mobil. Alangkah baiknya, terlebih dahahulu anda mengetahui penyebab dan jenis goresan yang sering terjadi pada kaca mobil.






    
     1. Baret Akibat Power Window.

Baret ini sering terjadi akibat taik turunya kaca mobil. Sehingga bila ada debu yang menempel akan membuat kaca samping mobil anda tergores. Untuk menghindari kaca tergores, alangkah baiknya anda melakukan pembersihan pada rel karet kaca  mobil anda agar debu yang menempel pada karet kaca hilang.
        
     2. Baret Akibat Wiper
       
Untuk goresan akibat gerakan wiper diakibatkan karena gerakan wiper tersebut secara terus       menerus yang mengakibatkan goresan yang membentuk pola. Tentunya goresan akibat wiper ini akan menganggu jarak pandang anda terutama saat terkena pantuan langsung sinar matahari. Selain menganggu jarak pandang anda, goresan pada kaca mobil akibat wiper juga akan menggangu penampilan mobil anda.

Salah satu faktor yang menyebabkan goresan pada kaca mobil ini biasanya disebabkan karena karet wiper yang sudah keras atau dapat juga dikarenakan penggunaan wiper yang salah. Alangkah baiknya bila dirasa karet wiper sudah keras atau kaku, anda bisa menggantinya dengan karet wiper yang baru.
 
    3. Baret Acak. 

Goresan yang terakhir ini dapat terjadi karena pemakaian alat untuk membersihkan kaca yang salah pada saat mencuci ataupun membersihkan kaca mobil dari debu. atau ada orang yang secara sengaja menggores kaca mobil anda. Untuk menjaga kaca mobil anda agar tidak terdapat goresan, alangkah baiknya saat membersihkan kaca mobil gunakanlah kain yang halus atau kain microfiber.
         
Goresan sangat kecil.

Sebenarnya cara menghilangkan goresan pada kaca mobil cukuplah mudah kok.  Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil. Berikut penjelasanya..

   1. Menggunakan Pasta Gigi.

Selain untuk memutihkan gigi, pasta gigi juga bisa untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda. Gunakanlah pasta gigi yang berwarna putih . Jangan menggunakan pasta gigi yang berbentuk jelly. Berikut ini adalah toritorial cara menghilangkan goresan pada kaca mobil mrenggunakan pasta gigi
  • Ambilah pasta gigi secukupnya, kemudian oleskan ke kain yang bersih dan halus atau anda juga bisa menggunakan tissu asalkan, jangan tissu wajah loo yaa....
  • Kemudian gosokan kain yang telah diberi pasta gigi tadi ke bagian kaca mobil anda yang terdapat goresan. Lakukan proses penggosokan dengan gerakan memutar. Bila dirasa goresan belum hilang, anda bisa mengoleskan kembali pasta gigi dan lakukan kembali penggosokan hingga goresan pada kaca mobil benar-benar hilang.
  • Setelah goresan pada kaca hilang, anda bisa lansung membersihkan sisa pasta gigi yang masih menempel pada kaca mobil. Selalu gunakanlah kain yang halus untuk membersihkan kaca mobil.
  • Untuk langkah yang terakhir anda bisa mengoleskan cairan pembersih kaca agar kaca mobil anda terlihat mengkilap.
   2. Menggunakan Cairan Amonia.

Beriku ini adalah langkah-langkah cara menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper menggunakan Cairan Amonia.
  • Campurkanlah 3 cangkir atau  kurang lebih 1/2 liter air dengan 15 ml cairan amonia atau sekitar 1/2 ons. Kemudian aduk hingga tercampur dengan rata.
  • Kemudian, celupkan kain yang bersih dan halus atau tissu ke dalam aciran yang sudah dicampur tadi.Celupkan kain yang bersih dan halus kedalam cairan tersebut.
  • Gosokkan kait yang sudah dicelupkan cairan amonia tadi pada kaca mobil anda yang terdapat goresan dengan gerakan memutar.
  •  Setelah penggosokan selesai dan goresan pada kaca mobil hilang, anda bisa lansung membersihkan kaca menggunakan air yang bersih.
Pada dasarnya goresan pada kaca mobil akibat gerakan wiper saat dihidupkan, merupakan goresan yang tipis daan sangat mudah untuk dihilangkan. Namun, terkadang goresan pada kaca mobil akibat terkena wiper juga menimbulkan goresan yang cukup dalam. Ini diakibatkan karena karet wiper yang sudah keras atau kaku.

Untuk bisa mengetahui goresan pada kaca mobil, anda dapat mencobanya dengan meraba permukaan kaca depan mobil anda.  Biasanya goresan akibat wiper membentuk pola seperti gunung. Untuk menghilangkan goresan yang cukup dalam akibat terkena wiper anda bisa mencoba beberapa teknik dibawah ini. 

Bahan-bahan yang Anda Butuhkan. 
  • Bubuk poles kaca atau cerium oxide.
  • Amplas air halus nomor 1000.
  • Isolasi kertas dan koran bekas.
  • Mesin poles.
Langkah-langkah Untuk Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil. 
  • Langkah yang pertama adalah cuci kaca mobil anda menggunakan air bersih dengan sabun atau shampo mobil hingga semua kotoran yang menempel benar-benar bersih supaya goresan pada kaca mobil semakin terlihat.
  • Gosokan amplas nomor 1000 secara pelan-pelan dan hati-hati. Lakukan penggosokan hingga goresan yang ada pada permukaan kaca mobil hilang. Perlu diingat saat melakukan proses penggamplasan kaca harus dalam keadaan yang basah atau anda juga bisa mencelupkan amplas kedalam air. Hal ini bertujuan supaya menggurangi reaksi panas yang diakibatkan dari proses geseskan amplas dengan kaca mobil.
  • Setelah semua proses pengamplasan selesai, anda bisa langsung membersihkanya dengan kanebo atau kain yang kering dan halus. Keringkan sisa-sisa air pada kaca hingga benar-benar kering agar tidak terjadi jamur pada kaca mobil anda
  • Tempelkan koran ke semua pinggir kaca mobil anda. anda bisa menempelkan koran menggunakan isolasi kertas. Hal ini bertujuan agar bubuk sisa-sisa poles tidak mengenai bodi mobil anda.
  •  Campurlah bubuk poles kaca dengsn sedikit air kemudian, aduk dengan rata sampai tercampur jadi satu hingga menghasilkan uang memiliki konsistensi sedang. Yang dimangsud konsistensi sedang disini adalah adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental.
  • Oleskan kompon dan bubuk poles yang sudah dicampur air tadi secara merata pada bagian kaca mobil anda, dan siap untuk melakukan pemolesan. Lakukanlah pemolesan hingga kaca mobil anda bersih dan terbebas dari semua goresan. Selain bisa menghilangkan goresan, proses pemolesan juga akan menghilangkan jamur pada kaca mobil anda.
  • Anda juga bisa menggunakan pemolesan secara manual atau menggunakan tangan bila tidak mempunyai mesin poles.
  •  Oleskan kompon pada kaca mobil secara merata, kemudian gosok menggunakan kain yang halus dengan gerakan memutar. Saat melakukan poles manual alias poles menggunakan tangan sendiri, beri sedikit tekanan saat proses penggosokan.
  • Setelah semua proses yang lumayan membosankan selesai, bersihkan sisa-sisa bekas 
  • pemolesan pada kaca mobil menggunakan kain yang halus dan kering
  • Agar hasil pemolesan lebih maksimal, anda juga bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih kaca.
  Hal Yang Anda Perlu Perhatikan.
  • Anda bisa mencopot wiper terlebih dahulu agar tidak menggangu, saat proses pemolesan kaca.
  • Bila cairan cerium oxide mengenai cat mobil anda, segeralah membilasnya menggunakan air bersih agar tidak membuat cat mobil anda menjadi rusak.
  • Setelah proses pemolesan selesai, segeralah lepas isolasi dan koran yang menempel pada mobil anda. Bila masih ada sisa lem benas isolasi yang menempel pada bodi mobil, anda bisa membersihkanya dengan menggunakan kompon, bensin atau minayk kayu putih.
Berikut ini adalah beberapa cara mudah agar kaca mobil anda terhindar dari goresan akibat wiper yang dapat di aplikasikan pada mobil anda.
  • Melakukan pengecekan karet pada wiper 6 bulan sekali. Bila karet wiper sudah keras dan kaku, anda bisa mengantinya dengan karet wiper yang baru.
  • Bila tidak sempat untuk membeli karet wiper yang baru, anda dapat mensiasati karet wiper yang sudah keras tadi. Anda cukup menyiapkan kompon dan serat yang agak kasar, kemudian gosokkan kompon pada karet wiper menggunakan serat yang kasar. hal ini bertujuan untuk membuka lapisan baru pada karet wiper. Setelah itu bersihkan sisa kompon dengan kain kering. cara ini cukup menahan karet wiper kurang lebih selama satu bulan.
  • Dan jangan lupa juga untuk mengecek juga pegangan karet wiper.
Nah.. bila sobat tidak ada waktu untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil sendiri, anada bisa membawa mobil anda ke bengkel spesial kaca mobil. Sesampainya dibengkel kaca mobil anda akan ditawarkan beberapa jenis pilihan untuk menghilangkan goresan pada kaca mobil anda sesuai banyaknya goresan dan jenis goresan ringan atau sedang.

Untuk kisaran ongkosnya  berbeda-beda tergantung jenis baret pada kaca mobil anda. Biasanya untuk biaya menghilangkan baret pada kaca mobil dibengkel spesialis kaca kisaran Rp50.000 - Rp100.000.  Namun, bila baret pada kaca mubil anda banyak mungkin harganya lebih mahal. Untuk waktu pengerjaanya juga berfariasi, ada yang setengah jam baru selesai bahkan ada juga yang sampai satu jam lebih baru selesai . Semua tergantung seberapa parah goresan pada kaca mobil anda. Bila goresanya sedikit ya cepat bila goresanya cukup banyak mungkin lebih lama untuk pengerjaanya.

Demikainlah beberapa ulasan cara minghilangkan baret pada kaca mobil yang bisa anda praktekan sendiri dirumah tanpa mengeluarkan ongkos untuk dibawa ke bengkel spesialis kaca. Sampai ketemu kembali di artikel-artikel selanjutnya. Semoga sukses selalu dan semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel