Penyebab Dan Cara Mengatasi Cvt Mio Berbunyi Cit Cit


Apabila jarak tempuh atau kilo meter (KM) motor matic mio anda sudah menyentuh angka 15000-20000 KM, dan tiba-tiba muncul suara atau bunyi cit cit seperti ada tikus dibawah motor matic yamaha mio anda, maka bisa saja itu memberi tanda bahwa telah tiba saatnya sobat otomotif untuk membersihkan atau mengganti vanbelt V-belt mio anda.

Seperti banyak yang diulas dari berbagai media, bisa disimpulkan motor matic yamaha mio merupakan bintangnya motor matic di Indonesia. Bagaimana tidak sejak peluncuranya pada tahun 2007 hingga saat ini, penjualan yamaha mio mampu bersaing dikelasnya. Kehatiranya bahkan membuat Yamaha Nouvo menjadi kalah populer.

Lucunya lagi meskipun Motor matic Mio diperuntukkan untuk kaum hawa, namun banyak juga kaum adam yang memilikinya. Kalau boleh jujur, Yamaha Mio berhasil mengedukasi pasar dan membenamkan image bahwa motor jenis matic oke-oke saja digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun kekurangan pada motor matic mio ini adalah tangki bahan bakarnya yang imut atau kecil sehingga anda harus sering mampir pom bensin.

Kapasitas tangki Mio menurut buku panduan sendiri cuman berkapasitas 3.7 liter sama dengan kapasitas tangki motor Honda Beat. Masalahnya Motor matic cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi agar motor bisa melaju atau berjalan lebih cepat. Selain itu penyakit motor matic mio yang sering dijumpai adalah bunyi atau suara cit cit pada bagian Cvt.

Dari segi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Yamaha mio dikemas sedemikian apik dengan harga yang relatif terjangkau yang memiliki dua tipe yaitu spoke wheel dsn CW. Berhubung dengan banyaknya peminak matic mio, wajar bila spare part-nya mudah didapat dipasaran dan harganya pun terjangkau.

Bunyi cit cit atau suara tikus sendiri berasal dari sistem roda belakang atau di sistem transmisi otomatis (CVT). Jika motor matic mio anda mengalami masalah demikian, untuk cara mengatasinya cukup mudah kok yaitu cukup dengan membersihkan bagian dalam cvt hingga bersihkemudian oleskan sedikit paselin atau oli pada V-belt. Jika tidak bisa membuka cvt, anda bisa membawanya ke bengkel motor agar dibersihkan si mas mekanik.Jika kondisi v-belt sudah aus maka anda bisa segera  menggantinya agar v-bel tidak putus ditengah jalan. Untuk harga V-belt dipasaran dijual sekitar Rp 60000,- sampai Rp 70000,- per piecesnya.

Nah.. suara aneh seperti tikus tercepit tersebut ternyata berasal dari CVT nya, lebih tepatnya berasal dari bagian rumah kopling ganda atau mangkok ganda. Lho kok bisa ?? apa penyebabnya ??

kalau menurut analisa dari berbagai sumber dan dari pengalaman saya pribadi, hal itu bisa terjadi karena CVT mio nya sering sering dipakai kerja keras ataupun motor sering dipakai buat mengangkat beban-beban yang berat sehingga mengakibatkan panas yang berlebih di dalam CVT. Akibatnya kampas kopling ganda bisa gosong, rumah ganda berubah warna menjadi kebiru-biruan bahkan sampai ada yang penyok rumah gandanya. Contohnya motor sering dipakai buat melibis medan yang ekstrim atau sering melakukan perjalanan jauh (touring).

sumber youtube.com
Terus bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan bunyi cit-cit di CVT mio ??


Carannya cukup mudah kok yaittu dengan melepas mangkok ganda kemudian bersihkan bagian dalamnya menggunakan amplas dan jangan lupa sediakan lem besi merk Dextone. Lem dexton ini biasanya dijual di bengkel-bengkel atupun ditoko bangunan dan harganya sekitar 10 ribuan.

Jika sebua bahan sudah tersedian, kemudian ambil mangkok ganda dan lihat rongga-rongga di sekeliling mangkok ganda. Nah rongga-rongga itulah yang nanti akan kita tutup dengan lem besi.

Campurkan lem besi antara hardener dan epoxy, aduk hingga rata kemudian oleskan hingga merata pada rongga-rongga disekeliling mangkok pastikan semua rongga-rongga tertutup semua dengan lem.
Perlu anda ingat, jangan tebal-tebal saat mengoleskan lem tersebut kalau bisa agak cepat saat mengoleskan lemnya karena lem dextone sifatnya cepat kering.

kalau sudah diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga lem besi benar-benar kering. Kemudian anda bisa memasang mangkok ganda tersebut.

Selain dengan cara pengeleman pada bagian yang longgar tadi, kita juga bisa melakukan metode pengelasan pada bagian yang longgar tadi sebanyak 4 titik pada masing-masing sisinya. Agar tidak repot anda bisa membawanya pada tukang bubut motor, biasanya tukang bubut motor sudah tahu bagian mana yang harus di las. Sebaiknya pengelasan menggunakan las karbit yaaa..

Agar Cvt motor mio tidak berbunyi cit ciit kembali, alangkah baiknya janganlah membawa motor dengan beban yang terlalu berat dan untuk menghindari Cvt cepat aus, alangkah baiknya saat motor dibawa menempuh perjalanan yang jauh berhentilah sesekali untuk mendinginkan suhu mangkok Cvt dan juga V belt.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel