Tips Mudah Mengatasi Tangki Motor Honda Tiger Yang Bocor


Setelah kemarin kami bahas tentang penyebab dan cara mengatasi cvt mio berbunyi ci ciit dan untuk kesempatan kali ini akan kami akan membagikan tips mudah cara mengatasi tangki motor honda tiger yang bocor sesuai pengalaman pribadi kami 😀😀😀 Penyakit honda tiger yang satu ini membuat para pemilik motor honda tiger kesal. Gimana ngak kesel coba jika penyakit ini selalu ada pada semua line up tiger mulai awal kemunculanya.

Nahh.. jika anda juga seorang pemilik Honda Tiger, coba perhatikan deh jika motor sudah berusia 5 tahun lebih, biasanya masalah kebocoran pada tangki akan muncul. Masalah ini biasanya muncul atau terdeteksi saat motor dalam keadaan mati, kemudian tercium bau bahan bakar yang cukup menyengat berasal dari tangi motor tersebut.



Jika sudah mengetahui hal seperti ini, coba anda raba bagian tepi bawah tangki secara merata tanpa harus melepas tangki tersebut. Jika ditangan anda terdapat bercak atau bekas bau bahan bakar bisa dipastikan tangki motor anda bocor. Namun untuk memastikan lebih lanjut anda bisa melepas tangki tersebut dan kemudian periksa secara teliti. Tentunya dengan mengosongkan terlebih dahulu isi tangki tersebut.

Emang penyebab tangki motor cepat bocor itu apa om ??

Sebenarnya banyak hal atau beberapa faktor yang menyebabkan tangki motor cepat bocor. Penyebab yang pertama adalah tutup tangki yang beradea diatas tangki dan memiliki kualitas karet seal yang kurang bagus dapat menyebabkan air menyelinap masuk ke dalam tangki. Apa lagi saat anda melakukan pencucian motor dengan cuci steam yang memiliki tekanan air yang sangat kuat dan hal tersebut akan membuat air menyelinap masuk kedalam tangki.

Yang kedua, lubang ventilasi udara yang terdapat pada tutup tangki juga dapat dimasuki oleh air.

Penyebab ke tiga uap udara luar yang mempunyai unsur hidrogen (H) itu dapat terperangkap di dalam tangki motor. Embun yang biasanya terdapat di dedaunan saat pagi hari ternyata dapat pula terjadi pada tangki motor honda tiger. Dan lama kelamaan embun tersebut akan menjadi banyak jika tidak dikeluarkan. Sehingga H2O yang terperangkap tadi berkumpul menjadi banyak dan mengendap di dasar tangki

Penyebab yang terakhir adalah karna faktor usia tangki motor. Namun pada tangki motor honda tiger terbuat dari plat yang tipis sehingga menyebabkan tangki cepat kropos atau bocor.

Jika saat ini tangki motor anda bocor, Berikut ini adalah tips ringan dan mudah cara menambal tangkin motor honda tiger :

Untuk langkah pertama, siapkan bahan-bahanya terlebih dahulu seperti :
  • Lem super (lem G atau lem altecho)
  • Bedak
  • Kertas amplas
  • Kain lap dan
  • Isolasi 
Setelah semua peralatan lengkap berikut ini adalah toritorialnya :
  1. Pertama pisahkan tangki motor atau lepas tangki motor terlebih dahulu . Kemudian cara bagian tangi yang bocor atau bekas rembesan bensin, anda bisa menandai bagian yang bocor dengan isolasi. Biasanya kebocoran atau rembesan tidak hanya terjadi pada satu titik, anda bisa mencari semua bagian mana yang mengalami kebocoran.
  2. Setelah menemukan bagian tangi yang bocor. kemudian keluarkan semua bensin yang masih ada di dalam tangki. tujuanya adalah agar nanti lem bisa masuk ke bagian yang rembes, tidak terhalang bensin.
  3. kemudian bersihkan tangi yang anda bersihkan tadi, gunakanlah lap yang kering dan bersih. Jika ada kotoran yang sulit dihilangkan anda bisa menggunakan amplas. Pastikan tidak ada bekas bensin agar nantinya lem menempel dengan kuat.
  4. Tetes kan  lem super tepat pada  bagian yang berlubang, kemudian taburkan bedak diatasnya.
  5. Ratakan bedak tadi dengan sobekan kertas agar lem dan bedak menyatu. Diamkan beberapa menit hingga lem mengering,  Jika tangan anda terkena lem, gunakanlah air hangat untuk menghilangkanya.
  6. Kemudian tambahkan lagi lem altecho/lem super dan bedak agar lubang tangki yang bocor tertutup dengan rapat.
  7. Setelah kering pastinya bekas tambalan tadi terlihat kasar, agar tidak terlihat kasar anda bisa melakukan proses pengamplasan untuk menghilangkanya.
  8. Agar bekas pengeleman tidak terlihat anda bisa mendempulnya dan mengecatan. Dan selesai tangki motor honda tiger tingal dipasang kembali.
Selain menggunkan bedak, anda juga bisa menggunakan cairan resin atau hardener namun, biaya untuk membeli bahan-bahanya sedikit lebih mahal ketimbang menggunakan bedak. Hasilnya pun juga lebih baik karena tidak merusak tambalan tangki luar.

Untuk cara penggunaanya cukup dengan mengkuras bensin, kemudian masukkan campuran cairan resin+hardener ke dalam tangki. Goyang-goyangkan tangki resin pelapisi seluruh bagian tangki motor anda. Dan tinggal jemur tangki dibawah sinar matahari langsung hingga kering.

Kedua cara menambal tangki diatas hanya bisa dilakukan jika bocornya cuma sekedar rembesan dengan lubang kecil saja. Untuk tangki mengalami bolong yang cukup besar maka mau tidak mau harus ditambal dengan las. Jika lubangnya terlalu parah tau bahkan sudah kropos lebih baik anda bisa menggantinya dengan tangki yang baru.

Agar tangki motor anda awet, tidak cepat bocor dan kropos berikut ini adalah tips ringan agar tangki tidak cepat bolong atau bocor.

Jangan biarkan kondisi tangki dalam keadaan bahan bakar berkapasitas setengah, atau malahan kosong. Kondisi ini dapat menyebabkan pengembunan pada ruang kosong tangki, sehingga bindik air akan mengumpul di bawah dasr tangki.

Kuras tangki setidaknya selama 6 bulan sekali agar kondisi dalam tangki selalu dalam keadaan bersih.

Saat anda mencuci motor usahakan jangan menyiram atau menyemprotkan air pad bagian tutup tangki, karena tekanan air yang cukup tinggi akan bisa masuk ke dalam lubang pernapasan yang terdapat pada tutup tangki.

Nah.. demikainlah tips dari suryadidik.com semuga bermanfaat untuk para baikers semua dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel