Cara Yang Benar Mengatasi Rem Cakram Motor Yang Keras


Cara mengatasi rem cakram motor keras - Semua kendaraan bermotor tentu telah disematkan komponen rem untuk menunjang keselamatan dalam berkendara. Tanpa alat ini tentu anda akan merasa keteteran baik saat berbelok atau sekedar ingin menurunkan kecepatan. Sehingga kondisinya harus selalu prima agar dapat menggurangi laju kendaraan.

Untuk sepeda motor sendiri memiliki 2 rem yakni depan dan belakang, untuk yang depan kebanyakan menggunakan rem cakram namun ada juga yang menggunakan rem tromol pada jenis motor tertentu. Sama halnya dengan sparepat lain sektor keamanan dalam berkendara ini terkadang juga pengalama kendala baik dalam sekala ringan atau sedang salah satunya adalah handle rem cakram terasa keras saat ditekan.

Dengan handle yang keras tentu tangan akan merasa kesulitan pada saat menekannya dan berdampak kurang pakemnya sektor pengereman. Karena seperti kita ketahui bila sistem pengereman mengalama masalah tentu akan membahayakan keselamatan anda saat dijalan. Baca juga perbedaan kit paste wax biru dan kuning

Kerasnya rem ini tentu disebabkan dari sektor cakram yakni pada piston. Piston yang kotor atau rusak membuat oli rem tidak bisa bekerja dengan semestinya. Agar dapat kembali normal langkah yang dapat ditempuh adalah dengan membersihkan, namun jika kondisinya sudah rusak ya harus diganti lah.

Cara mengatasi rem cakram motor keras saat ditekan

Dibawah ini ada beberapa tahapan atau cara mulai awal hingga akhir untuk mengatasi rem cakram motor keras, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama uraian dibawah ini :


  • Tips pertama anda harus membuka tuas rem serta lepaskan master dari stang motor menggunakan kunti T 8inci.
  • Selanjutnya anda dapat melepaskan klem pengunci piston tersebut dan tarik piston secara perlahan dengan tang penjepit.
  • Bersihkan piston tersebut dengan menyemprotkan angin kompresor atau bisa menggunakan bensin.
  • Setelah bersih anda dapat memasang piston master kembali serta jangan lupa untuk menambakan oli sesuai takaran yang ada pada master. Serta pasang kembali ke stang motor berserta handle rem nya juga. 
Baca juga cara alami menghitamkan body motor matik secara permanen

Karena rem cakram dapat merusak lapisan cat, sebisa mungkin jangan sampai oli mengenai dek motor biar lebih aman anda dapat melapisi dek dengan kain atau lap. Namun jika sudah terlanjur terkena oli segera bersihkan dengan lap yang sudah dibasahi air. Maka tidak ada salahnya sebelum proses ini anda sudah menyiapkan air didekat motor untuk berjaga-jaga.

Biar lebih aman cek kondisi piston beserta karetnya, jika sudah mengalami kerusakan sebaiknya ganti dengan yang lebih baru. Untuk harganya dijual kisaran 60rb. Namun bila anda tidak yakin untuk melakukanya sendiri janganlah terlalu dipaksa lebih baik bawa saja ke bengkel untuk mengindari hal yang tidak diinginkan.

Sampai disini pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi rem cakram motor yang keras saat ditekan, Sebaiknya untuk keamanan dalam berkendara cek kondisinya secara rutin dan gantilah kampas jika sudah mulai habis. Sekian dan terimakasih kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas