Cara Yang Benar Mengatasi Rem Cakram Motor Yang Keras


Cara mengatasi rem cakram motor keras - Semua kendaraan bermotor tentu disematkan komponen rem untuk menunjang keselamatan dalam berkendara. Tanpa alat ini tentu anda akan merasa keteteran baik saat berbelok atau sekedar ingin berhenti. Sehingga kondisinya harus selalu prima agar dapat menggurangi laju motor.

Untuk sepeda motor sendiri memiliki 2 rem yakni depan dan belakang, untuk yang depan kebanyakan menggunakan rem cakram namun ada juga yang menggunakan rem tromol pada jenis motor tertentu. Sama halnya dengan sparepat lainya sektor keamanan dalam berkendara ini terkadang juga pengalama masalah baik dalam sekala ringan atau sedang salah satunya adalah handle rem cakram keras.

Dengan handle yang keras tentu tangan akan merasa kesulitan pada saat menekannya dan berdamptk kurang pakemnya sektor pengereman. Karena seperti kita ketahui bila sistem pengereman mengalama masalah tentu akan membahayakan keselamatan anda dijalan.

Baca juga Cara Memperbaiki Sendiri Shock Depan Motor Yang keras 

Kerasnya rem ini tentu disebabkan dari sektor cakram yakni pada piston. Piston yang kotor atau rusak membuat oli rem tidak bisa bekerja dengan semestinya. Agar dapat kembali normal langkah yang dapat ditempuh adalah membersihkan piston rem itu sendiri namun jika kondisini sudah rusak ya harus diganti lah.

Cara mengatasi rem cakram motor keras

Dibawah ini ada beberapa tahapan atau cara mulai awal hingga akir untuk mengatasi rem cakram motor keras, untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama uraian dibawah ini :


  • Tips pertama anda harus membuka tuas rem serta lepaskan master dari stang motor menggunakan kunti T 8inci.
  • Steep ke dua anda harus membuka penutup master.
  • Selanjutnya anda dapat melepaskan klem pengunci piston tersebut dan tarik piston secara perlahan dengan tang penjepit.
  • Bersihkan piston tersebut dengan menyemprotkan angin kompresor atau bisa menggunakan bensin.
  • Setelah bersih anda dapat memasang piston master kembali serta jangan lupa untuk menambakan oli sesuai takaran yang ada pada master. Serta pasang kembali ke stang motor berserta handle rem nya juga.
 Baca juga Cara Aman Membersihkan Filter Udara Motor Injeksi Tanpa Kompresor

Karena rem cakram dapat merusak lapisan cat, sebisa mungkin jangan sampai oli mengenai dek motor biar lebih aman anda dapat melapisi dek dengan kain atau lap. Namun jika sudah terlanjur terkena oli segera bersihkan dengan lap yang sudah dibasahi air. Maka tidak ada salahnya sebelum proses ini anda sudah menyiapkan air didekat motor untuk berjaga-jaga.

Baca juga 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubless Sering Kurang Angin 

Biar lebih aman cek kondisi piston beserta karetnya, jika sudah mengalami kerusakan sebaiknya ganti dengan yang lebih baru. Untuk harganya dijual kisaran 60rb. Namun bila anda tidak yakin untuk melakukanya sendiri janganlah terlalu dipaksa lebih baik bawa saja ke bengkel untuk mengindari hal yang tidak diinginkan.

Sampai disini pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi rem cakram motor yang keras, Sebaiknya untuk keamanan dalam berkendara cek kondisi rem secara rutin dan gantilah kampas jika sudah mulai habis. Utamakan safety dan jangan lupa pakai hlem sob.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel