Cara Gampang Menghilangkan Cat Yang Mengkerut - Suryadidik.com


Gagal dalam pekrjaan itu memanglah hal yang wajar. Namun bila kita berfikir lebih jauh semua pekerjaan apapun pasti ada resikonya tidak akan semulus kulitnya sahrini....heeehee

Apalagi pekerjaan yang kita lakukan sangat menguras tenaga, waktu dan pikiran. Untuk pekerjaan yang cukup rumit seperti halnya mekanik cat, bila terjadi kesalahan saat pengecatan pasti hal yang sangat... sangat melelahkan dan membosankan.

Contohnya simpel saja guys, saat kita melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil. Tapi kita tidak tau kuwalitas cat pada mobil tersebut apakah cat standart pabrik atau sudah pernah dicat ulang tapi, menggunakan cat yang kualitas rendah. Bila cat tersebut berkualitas rendah sedangkan sobat saat proses pengecatan memakai cat yang berkualitas tinggi standrt pabrik, sudah dipastikan cat tersebut akan mengangkat dan keriting. Pasti sobat mekanik cat pernah mengalami hal-hal seperti itu. Bila sudah terjadi cat mengkerut sobat harus memulai pekerjaan mulai dari nol lagi untuk mengatasi cat yang mengkerut pada mobil. Itulah salah satu resiko bekerja sebagai mekanik cat.

Maka dari itu, disini saya akan membahas bagi mana cara mengatasi cat yang keriting atau mengkerut. Sobat tidak perlu untuk menggulangi pekerjaan mulai dari awal lagi tanpa membuang banyak waktu. Sebelum ke inti cara menghilangkan cat yang keriting, alangkah baiknya sobat harus mengetahui jenis cat berstandard pabrik atau cat dibawah standard biasa agar sobat tidak salah dalam melakukan pengecatan ulang pada mobil.




Cara mencegah terjadinya kriting pada cat lama.Sebelum kita membahas cara mengatasi cat yang kriting atau mengkerut, alangkah baiknya kita ketahui sebab-sebat cat lama bisa mengkrut atau keriting. Sebelum melakukan pengecatan, sobat bisa amati terlebih dahulu apakah cat mobil tersebut masih original pabrik atau pernah dicat ulang dengan kualitas cat yang rendah.

Cara membedakan cat berkualitas baik dengan cat yang berkulitas relatih mudah sob. Bila cat yang berkualitas baik atau original pabrik cat tersebut bila dilihat terasa halus meskipun istilahnya seperti kulit jeruk tapi tetep kelihatan halus. Sedangkan cat yang berkualitas rendah walaupun warnanya sama persis tapi kalau dilihat secara teliti meskipun cat tersebut sama seperti kulit jeruk tapi cat tersebut terlihat kasar karena cat yang berkualitas rendah susah nutup. Tapi, meskipun terlihat kasar cat mobil tersebut kalau diraba atau dipegang akan sama-sama terasa halus.

Berikutnya bila sobat masih ragu apakah cat ini berkualitas rendah atau tinggi. Sobat bisa membasahkan tinner sedikit saja ke cat mobil tersebut. Bila cat tersebut bereaksi mengkerut atau kriting. Sudah dipastikan saat sobat melakukan pengecatan menggunakan kualitas cat yang lebih baik dari kualitas cat tersebut sudah dipastikan cat lama tersebut akan kriting atau mengkerut. Bila cat mobil tersebut menggunakan cat berkualitas tinggi atau masih original pabrik bila cat tersebut dibasahi menggunakan tinner, cat tersebut tidak bereaksi apapun dan cat mobil yang masih original pabrik tidak akan luntur bila terkena tinner.

Cara mengatasi cat yang keriting atau mengkerutPertama saat kita melakan penyemprotan usahakan tipis-tipis terlebih dahulu jangan langsung tebal, untuk menghindari cat akan kriting dan mengkrut. Namun, bila penyemprotan sudah dilakukan tipis-tipis tapi cat yang kita timpa tadi bereaksi menjadi kriting atau mengkerut sobat harus hentikan pengecatan. Bila pengecatan tidak segera dihentikan cat yang kriting tersebut akan menjadi semakin parah.

Namun, bila saat pengecatan sudah terlanjur kriting atau mengkerut sobat tidak usah binggung. Dibawah ini saya akan membahas langkah-langkah mengatasi cat yang sudah terlanjur mengkerut atau keriting.

Pertama kita tunggu cat tersebut kering terlebih dahulu. Sobat bisa menunggu sekitar 40 menit agar cat tersebut kering sempurna.

Jika cat tersebut sudah kering, kemudian amplas bagian cat yang keriting atau mengkerut menggunakan amplas air halus nomor 1500 hingga permukaan cat tersebut menjadi halus.

Kemudian keringkan dahulu hingga air bekas pengamplasan tadi hilang.
Sobat bisa langsung memulai pengecatan namun, sobat harus membuat takaran cat yang lebih kental agar cepat nutup. Dan untuk setelan spuyer spray gunnya kita ubah agak sedikit dikecilkan spuyer catnya hingga catnya keluar seperti debu. lalu untuk spuyer angin, kita besarkan agar cat yang kental mudah untuk di semprotkan nah untuk spray gun sebaiknya gunakan juga spray gun yang standard agar hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

Dan disini kesabaran mekanik cat diuji. Saat proses pengecatan sobat tidak boleh terburu-buru. berikan jarak jeda 5-10 menit setiap lapisan cat hingga tertutup sempurna.

Kemudian setelah cat menutup sempurna sobat harus diamkan lagi cat tersebut hingga 1 jam agar cat mengering sempurna. Disini kesabaran sang mekanik cat pun diuji lagi hheeehee..😁😁😁.... Bila pengecatan sobat berwarna merah atau putih seralic sobat harus memberi dasaran putih terlebih dahulu agar cepat nutup karena cat warna merah atau putih seralic catnya berbentuk jernih dan susah nutup.

Setelah cat mengering dengan sempurna sobat bisa langsung ke proses pengeclearan. Pada saat pengeclearan sobat juga harus hati-hati agar cat tidak mengkerut dan keriting kembali. saat pengeclearan atau pernis sobat harus memberi jeda setiap lapisanya jangan langsung tebal karena clear atau pernis akan leleh.

Untuk mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal, usahakan sobat harus amati setiap lapisan pengecatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari cat yang bereaksi menjadi kriting atau mengkerut agar tidak semakin banyak dan lebar.

Demikian artikel cara ampuh mengatasi dan menghilngkan cat yang keriting. Semoga artikel ini bisa membatu sobat semua..Sampai jumpa diarikel-artikel selanjutnya dan semoga sukses selalu....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas