Cara Mudah memperbaiki Aki Yang Rusak, Soak, Mati 100% Berhasil - Suryadidik.com


Semua orang pastinya sudah tahu bila aki mobil merupakan salah satu komponem yang sangat penting. Bahkan bisa di ibaratkan aki adalah jantungnya mobil tampa aki mobil tidak bisa hidup. Karena begitu pentingnya aki mobil, maka jika sampai aki mobil anda rusak ataupun soak akan menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan. Anda sendirikan yang repot bila mobil mau dibawa pergi malah mendadat akinya mati. Lalu bagai mana cara memperbaiki aki basah pada mobil yang sudah  rusak atau soak??  Berikut ini adalah penjelasanya.

Penyebab aki basah rusak atau soak ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah seperti pemakaian arus listrik yang terlalu berlebihan, kebocoran arus listrik, sel-sel yang sudah tidak baik, air aki yang sudah tidak berkualitas dan lain sebagainya. Jika kondisi aki dibiarkan seperti ini terus maka akan menyebabkan kerusakan pada komponem lainya, Nahh.. Berikut ini adalah cara memberbaiki aki basah yang sudah rusak dan soak yang bisa anda praktekan sendiri dirumah.




Pertama-tama anda harus menyiapkan alat-alatnya untuk memperbaiki aki basah terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa alat yang harus anda siapkan.
  • Air aki
  • Obeng 
  • Air kran
  • Sarung tangan
  • Corong kecil
  • Masker
Setelah menyiapkan alat-alat tersebut maka inilah langkah-langkah cara memperbaiki aki basah yang rusak dan soak yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.
  • Lepaskan aki dari mobil terlebih dahulu.
  • Buka petutup lubang aki, anda dapat menggunakan obeng atau anda bisa memutarnya dengan tangan.
  • Buang cairan yang ada didalam aki dengan cara memperbaikinya, karena air cukup berbahaya buanglah aki ditempat yang aman. Anda bisa menggunakan sarung tangan untuk menghindari tandan terkena air aki.
  • Masukkan air panas ke dalam lubang aki satu persatu, kemudian kocok dan buang air tersebut. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga aki besah benar-benar bersih.
  • Balikkan aki dan biarkan hingga air bilasan tadi benar-benar habis keluar dari dalam aki.
  • Setelah air benar-benar hilang anda bisa menggisi lubang aki menggunakan air aki satu persatu hingga batas level. Kemudian tutup kembali dengan rapat menggunkan tutup yang sudah anda lepas tadi.
  • Kemudian charge atau strum aki hingga bebera jam minimal ya 8 jam lahh....
  • Anda bisa mencoba menghidupkan mesin dan mencoba menggunakan kendaraan anda selama beberapa jam agar dinamo amper mobil dapat menyimpan strum kembali. 

Jika kondisi aki memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi atau aki sudah rusak parah maka cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengganti aki yang rusak atau soak mengantinya dengan aki yang baru atau alias beli yang baru.😀😀

Agar aki tidak kembali rusak dan soak alangkah baiknya jika sobat melakukan perawatn aki secara berkala agar aki tidak kembali rusak dan soak. Berikut ini adalah beberpa cara merawat aki mobil agar tidak rusak kembali.
  • Lakukan pemeriksaan rutin pada aki mobil minimal yaa sebulan sekalilah. Meliputi seluruh komponen didalam aki mobil periksa secara tiliti apakah ada keretakan, karat maupun kabel yang mengklupas.
  • Pastikan untuk menggisi air aki sesuai level yang telah ditentukan. Jangan mengisi air aki terlalu berlebihan karena semua yang berlebihan itu tidak baik😀😀😀
  • Panaskanlah mobil sebelum anda memakainya, Bila mobil tidak digunakan alangkah baiknya anda memenaskan mobil setiap pagi minimal 15-20 menit lah setiap harinya. selain menjaga aki tetap awet memanaskan mobil juga akan membuat dinamo amper anda tetap awat.
  • Matikan semua komponem elektronik mulai dari tape, ac, lampu dan lainya sebelum anda mematikan mobil.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kualitas aki mobil, pastikan selalu menggunakan aki yang berkualitas terbaik agar aki awet dan tidak cepat rusak.

Agar aki mobil anda awet dan tidak cepat rusak, berikut ini adalah beberapa cara merawat aki mobil agar awet dan tidak cepat rusak.

       1. Memeriksa jumlah Elektrolit Aki.

Priksalah secara rutin jumlah elektrolit aki mobil anda minimal sebulan sekali. Bila air aki berkurang atau berada dibawah garis low maka, itu menandakan bahwa elektrolit aki sudah berkurang dan anda harus menambahkan air aki sampai batas garis atas.

Apabila jumlah air aki sudah berkurang, juga akan mempengaruhi daya listrik pada aki mobil anda. Bila air aki tidak secepatnya diisi, maka aki mobil anda akan tekor dan kendaraan anda tidak dapat dihidupkan karena elektrolit pada aki sudah tidak bisa menampung batrai atau daya.

       2. Memeriksa Terminal Aki.

Langkah yang kedua adalah dengan memeriksa terminal aki. Anda bisa memeriksanya dengan cara visual yaitu pastiakn terlebih dahulu bahwa terminal aki tidak berkarat , tidak jamuran, dan tidak mengalami kelonggaran. Apabil aki mobil anda terdapat noda jamur dan terdapat karat maka, anda bisa melaukan pembersihan. Gunakanlah air panas untuk membersihkan aki mobil anda yang terdapat karat dan jamur. Jamur akan mudah hilang bila disiram dengan air panas.

Dan bila terminal aki mobil anda mengalami kelonggaran atau kendor maka, anda harus mengencangkanya terlebih dahulu. Apabila sudah tidak bisa dikencangkan anda bisa mengganti dengn terminal yang baru.

      3. Memanaskan Mobil.

Apabila mobil anda jarang digunakan, alangkah baiknya anda memanaskan mobil anda sehari sekali ataupun dua hari sekali. Karena pada dasarnya Seua aki mobil akan mengalami self discharge karen akapasitas atau daya aki akan berkurang walaupun tidak digunakan.


Itulah salah satu alasan mengapa kendaraan yang dibiarkan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa dilakukan pemanasan mesin mobil maka, bisa mengalami kerusakan aki dan tidak kuat untuk menghidupkan mesin mobil anda.

Maka bisa anda ketahui seberapa besar pentingnya untuk memanaskan mesin mobil anda. Panaskan mobil anda minimal 15-20 menit per harinya. Namun bila mobil anda digunakan setiap hari maka proses untuk memanaskan mesin mobil 10 menit sudah cukup.

      4. Memeriksa Sistem pengisian

Cara merawat aki yang sederhana selanjutnya adalah hanya dengan melihat indikator pada batrai aki yang ada pada dashbord mobil anda, pada saat kunci pada posisi ON dan mesin mati maka batrai akan menyala. Dan apabila dalam keadaan hidup maka gambar batrai aki

Nah.. itulah tadi beberapa ulasan cara memperbaiki aki mobil yang sudah rusak dan beberapa tips cara merawat akai mobil anda agar tetap awet. Jika anda menemukan tanda-tanda aki mobil bermasalah maka segeralah lakukan perbaikan agar aki mobil tidak rusak semakin parah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel