Akibat Yang Ditimbulkan Jika Gonta Ganti Merk Oli Mesin - Perawatan


Sobat pecinta otomatif khususnya roda 4 tentunya sudah tidak asing lagi jika kita mengulas tentang apa itu kegunaan oli dan jenis-jenis oli. Bisa disimpulkan oli mempunyai peranan yang sangat penting sebagai pelumas mesin mobil anda. Bayangkan jika mesin mobil anda tidak ada olinya sudah dipastikan semua komponen dalam mesin anda akan rusak semua. Repot juga kan bila mesin mobil anda harus turun mesin untuk menganti semua komponen mesin mobil.

Oli merupakan peranan yang sangat penting bagi mobil anda. Yaaa bila diibaratkan oli itu seperti air bayangkan bila anda 6 jam saja tidak minum air pasti semua badan akan terasa lemas tidak bertenaga. Maka, alangkah baiknya gantilah oli mesin anda dengan rutin jangan sampai mesin mobil anda kurang performa karena oli sudah lama tidak diganti.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja fungsi oli pada mesin mobil. Berikut ini adalah beberapa penjelasan fungsi oli pada mesin mobil. yuk... kita simak bersama penjelasanya.

1. Oli Berfungsi Sebagai Pendingin Mesin.

Sebagai pendingin mesin  merupakan salah satu fungsi dari oli tersebut. Panas yang dibawa oleh komponen dalam mesin mobil anda, baik itu yang terjadi karena adanya gesekan antara komponen dalam mesin atau hal yang lainya. Namun, dengan adanya oli tersebut maka, oli ini akan berperan penting untuk menjaga mesin tersebut dari over heating atau panas berlebih yang mengakibatkan mesin mobil jadi cepat rusak.

2. Oli Berfungsi Sebagai Pembersih Mesin.

Selain berfungsi sebagai pendingin mesin, Oli juga berfungsi sebagai pembersih mesin. Karena berfungsi sebagai pembersih mesin, maka oli ini sanggup untuk melarutkan kotoran yang ada pada bagian dalam mesin. Kotoran yang terdapat pada mesin, biasanya berasal dari debu yang masuk melalui filter udara atau bisa juga kotoran akibat terjadi gesekan antara komponen dalam mesin mobil.

3. Berfungsi Sebagai Pelumas.

Fungsi oli lainya adalah sebagai pelumas dalam mesin mobil. Dengan adanya oli tersebut sebagai pelumas, Maka mesin akan mudah menggerakkan komponen dalam mesin tersebut. Sehinggafungsinya akan semakin maksimal.

Bayangkan bila mesin mobil anda tanpa pelumas pasti semua komponen dalam mesin mobil akan saling bertabrakan dan pastinya akan membuat mesin mobil anda rusak. Repot juga kan bila mesin mobil anda harus turun mesin.

4. Oli Berfungsi Sebagai Pelindung Karat.

Meskin Komponen mesin mobil terbuat dari besi dan baja yang berkualitas, namun hal tersebut tidak serta  merta membuat komponen mesin mobil anda terbebas dari karat atau korosi. Namun dengan adanya oli, maka mesin maupun komponen dalam mesin anda akan terbebas dari karat atau korosi,

Sangat penting bukan sobat peran dan fungsi oli untuk mesin mobil anda ??? Oleh karena itu penting bagi anda untuk tetap melakukan servis dan pengantian oli secara berkala pada mobil anda.
baca juga 4 cara ampuh menghilangkan karat pada mobil dan perawatanya

Berbicara mengenai pemakaian oli, ada kalanya pemilik kendaraan acap kali melakukan atau menggunakan oli secara gonta ganto merk yang berbeda pada mobil atau kendaraanya.
Hal ini tentunya akan berdampak negatif terhadap performa mesin anda secara keselurukan.

Untuk itu, sebelum menganti oli mesin mobil anda alangkah baiknya anda memastikan terlebih dahulu jenis atau tipe oli seperti apa yang sesui untuk mobil anda. Karena kini di pasaran sudah banyak yang berjualan jenis oli sintetk maupun non sintetik.  Jadi usahakan anda jangan sampai salah pilih oli ataupun gonta ganti oli dengan merk yang berbeda.

Berikut ini adalah dampak gonta ganti oli berbeda merk yang bisa anda jadikan sebagai referensi. yuk... kari kita simak ulasanya berikut ini :

1. Mesin Lebih Cepat Panas.

Fungsi oli pada mesin mobil adalah untuk menjaga suhu pada mesin mobil anda tetap stabil dan tidak mengalami overheating yang tentunya bisa merusak mesin mobil anda. Namun, satu hal yang harus anda pahami bahwasanya bila anda terlau sering onta ganti oli mesin dengan merk yang berbeda, maka akan membuat mesin mobil anda lebih cepat panas.

Hal ini dikarenakan sisa oli yang sebelumnya masih berada di dalam mesin mobil anda. Apabila sisa oli lama bercampur oli baru yang berbeda merk maka berdampak akan menimpulkan mesin cepat panas. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menggunakan satu jenis atau merk  yang sama.



2. Menimbulkan Endapan atau Kerak.

Kok bisa menimbulkan kerak ??? hal ini bisa terjadi karena bila senyawa yang bercampur dari oli lama ke oli baru yang dapat menimbulkan kerak atau kotoran yang menempel pada komponen-komponen mesin mobil anda. Hal ini tentunya akan berbahaya bila anda dibiarkan secara terus menerus. Selain mengurangi performa kendaraan anda, namun juga lama kelamaan akan merusak komponen mesin mobil anda.

3. Memperpendek Usia Mesin.

Hal ini sudah jelas ya sobat, karena sudah dijelaskan diatas, bahwasana dengan terlalu sering menggonta ganti oli mobil dengan merk lain. Maka, akan menimbulkan beberapa masalah pada mesin mobil anda seperti halnya mesin menjadi cepat panas atau membuat mesin mobil anda menjadi berkarat.

Secara standar baku sampai saat ini belum ada spesifikasi waktu oli sintetis tidak baik untuk digunakan. Namun alangkah baiknya saat membeli oli sintetis carilah yang pembuatanya terbaru yaa mungkin 3-6 bulan dari mulai diproduksi. Tetapi, jika oli sintetis dipakai terus maka oli sintetis akan berumur lebih panjang dibandingakan dengan mineral oli. bahkan oli sintetis malahan lebih tahan panas, lebih tahan dingin dan ada yang tahan dengan air.

Perlu anda ketahui, oli kendaraan dari berbagai merk khususnya oli mobil pada umumnya terbagi dari dua jenis, yaitu oli mineral dan oli sintetik. Oli mineral merupakan oli yang berasal dari minyak bumi, sementara oli sintetik berasal dari minyak bumi yang sudah diolah kembali, sehingga sifat-sifat yang tidak diinginkan hilangkan. Namun anda tidak sah binggung karena ke dua oli sintetik maupun mineral aman untuk digunakan.

Alangkah baiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginka, jangan mengonta ganti merk lain saat menganti oli mesin mobil anda. Anda bisa menggunakan oli yang sudah direkomendasikan oleh montir atau anda juga bisa membuka buku panduan mobil anda oli apakah yang sesui untuk mesin mobil anda. baca juga cara mudah menghilangkan aspal pada bodi mobil

Nah,... demikianlah beberapa ulasan beberapa akibat gonta ganti oli mesin pada mobil yang bisa menjadi referensi anda. Dan semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda semua. semoga sukses...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas