Mengejutkan..!! Ternyata ini Dia Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla


Duo Srigala eettss.. Duo kembar LCGC mangsudnya hehehe  Atau istilah dari Low Cost Green Car dari Toyota dan Daihatsu sekilas bila terlihat memang serupa. Memang, kalau dilihat dari segi bodi terlihat hampir mirip bahkan bisa dikatakan 99.9% keluaran mobil Toyota dan Daihatsu terbaru kebanyakan sama. Namun, keduanya bila kita teliti ternyata cukup banyak perbedaan loo.. Perbedaan bisa dilihat mulai dari segi disain, warna, variasi, fitur-fitur yang ditawarkan sampai harganya pun berbeda bisa dikatakan Toyota lebih mahal dari pada Daihatsu.

Biar anda tidak binggung memilih antara Toyota Agya atau Daihatsu Ayla, berikut ini kami akan mengulas secara detai apa saja perbedaan toyota agya dan daihatsu ayla beserta spesifikasinya.

sumber autonetmagz.com


      1. Desain Eksterior.

Pada eksterior bagian depan Toyota Agya lebih terlihat stylish dengan grill depan yang lebih elegan. Sedangkan Daihatsu Ayla memiliki grill depan yang lebih dinamis, terlihat lebih lebar dan tinggi sampai di bemper bagian bawah.

Sementara untuk tipe terbaru, di bagian bodi hampir memiliki kesamaan dengan tipe yang lama. Namun unyuk tipe TRD S terbaru pada bagain depan mobil sangat jelas terlihat perbedaanya. Secara umum untuk bagian depan memiliki bentuk yang berbeda. Jika Toyota Agya memiliki desain yang lebih agresif  sedangkan Toyota Ayla menggunakan desain yang lebih  ke wise.

Jika diibaratkan Toyota Agya memiliki muka seperti Joker's Smile. Sedangkan Daihatsu Ayla lebih terlihat kalem dengan grill yang dipadu dengan headlamp-nya layaknya seperti Daihatsu Terios. Namun semunya kembali kepada selera anda memilih Toyota Agya atau Daihatsu Ayla yang jelas kedua mobil ini bila dilihat dari depan memiliki bentuk yang berbeda. 

Sementara untuk bagian samping, tampak adanya perbedaan dari desain side skirt dan juga pada list body yang hanya tersedia pada Toyota Agya Agya. Perbedaan ada pada emblem atau logo TRD Sportivo untuk tipe tertinggi Toyota Agya. Sedangkan Daihatsu Ayla terdapat penggunaan list chrome pada bagian bawah kaca belakang dan pada spoiler kedua mobil ini juga sedikit terdapat perbedaan. Namun, kedua mobil ini memiliki kesamaan yaitu penambahan body kit pada risplinag kanan kiri sehingga, bila dilihat dari samping terlihat elegan.

      2. Lampu Depan atau Headlamp

Sementara sektor mapu depan Toyota Agya absen dan hanya mengandalkan LED positioning lamp. Sedangkan untuk rivalnya Daihatsu Ayla pada headlamp disediakan LED DRL meskipun tidak terintegrasi langsung ke dalam headlamp dan masih berada di bagian bawah dumper depan saja..
    
       3. Head Unit.

Pada sektor hiburan kedua mobil Agya dan Ayla memiliki fitur-fitur yang cukup berbeda. Pada Toyota Agya head unit nya disebut dengan nama  New Advanced Entertainment yang dilengkapi dengan support koneksi Bluetooth yang memudahkan anda saat menghidupkan mp3 melalui handphone. Sedangkan pesaingnya Daihatsu Ayla malahan lebih canggih. Mengapa bisa cangggih??? karena tidak hanya ada fitur Bluetooth yang ada pada Head unit melainkan juga sudah di support touchcreen dan support DVD. Sementara pada Toyota Agya untuk hiburan dalam kabin hanya CD-MP3-WMA-AUX dan USB saja.

      4. Headrest dan Seatbelt.

Perbedaan lainya dapat terlihat dari headrest dan seatbelt yang ada pada kabin kedua mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Pada Toyoa Agya headsert sudah tersedia pada jog bagian belakang bahkan bisa tiatur ketinggianya. Sedangkan pada Daihatsu Ayla hanya tersedia pada posisi kanan dan kiri saja. Sehingga jok bagian belakan hanya cukup untuk dua orang saja.

Sedangkan untuk fitur seatbelt pada Toyota Agya sudah dilengkapi seatblet tiga titik pada semua jog mobil. Sedangkan daihatsu Ayla, pada jog bagian belakang masih menggunakan seatbelt dua titik.
Untuk bagian Headrest pada Toyota Agya keluaran terbaru pada jog belakang sudah tersedia untuk tiga orang dan dapat diatur pula ketinggianya. Sementara pada Daihatsu Ayla, meskipin jog belakang dapat diatur ketinggianya namun, hanya seatbelt dua titik saja atau pada bagian jog belakang Ayla hanya didesain untuk dua orang saja.

      5. handling.

Untuk Toyota Agya tipe TRD S A/T menggunakan velg dengan diameter 14 inci dengan ukuran ban 175/65. Sedangkan Toyoa Ayla tipe X A/T menggunakan velg dengan diameter berukuran 13 inci dengan ukuran ban 155/80. Jika dilihat secara keseluruahan, sistem handling kedua mobil ini memang memiliki kemiripan. Namun, gerakan mobil Agya lebih presisi dikarenakan ukuran bannya mencapai 175 mm.


Sesuai denagn teori yang sudah ada, semakin lebar tapak ban maka akan membuat pergerakan ban lebih presisi serta membuat handling mobil semakin baik. Namun dengan ukuran velg yang lebih besar dan ban yang lebih tipis, sehingga rasionya skitar 65%  dan tentunya memiliki kenyamanan yang berbeda jika dibandingkan dengan Toyota Ayla yang mempunyai rasio profil ban sekitar 80%. Jadi karaktir saat mengendarai ke dua mobil ini terasa berbeda

      6. Fitur Keselamayan. 

Perbedaan yang lainya bisa dilihat adalah fitur keselamatan yang sudah diterpakan kedua mobil tersebut. Misalnya pada fitur keselamatan anak, Daihatsu Ayla kurang memperhatiakan dalam fitur ini. Berbeda dengan Toyota Agya yang saat ini memiliki sistem ISOFIX untuk mendukung peleetakan bayi yang ada pada kursi belakang. Selain itu fitur keamanan lainya seperti SRS AIRBAGS serta Side Impact Beam, meskipun keduanya sama-sama memilikinya. Namun fitur keselamatan tersebut hanya dimiliki oleh Toyota Agya pada tipe 1.2 TRD S.

      7. ABS (Anti-Lock Braking system)

Pada sektor pengereman, meskipun keduanya sama-sama memiliki sitem Dual SRS Airbag dan Side Impact beam yang masing-masing ATPM mempunyai letak yang berbeda. Nyatanya sistem pengereman seprti ABS hanya tersedia pada Toyota Agya pada tipe 1.2 TRD saja.

      8. Spesifikasi Mesin Dan Perfoma

Untuk sektor pacu pada Toyota Agya dan Daihatsu Alya sebenarnya sama-sama hadir dengan ua pilihan mesin yaitu 3 sillinder 1.0l DHOC dan 4 sillinder. Keduanya sama-sama menggunakan jenis mesin jenis 1.2 L. namun, hal ini akan berbeda pada jenis mesin 1.0 L. Pada Daihatsu New Ayla mesin 1.0 L tidak mengalami perubahan dan masih tetap menggunakan teknologo VVT-i atau disebut Variable Valve Intelligent.

Sedangkan Pada Toyota Agya mesin 1.0 L sudah dilengkapi dengan teknologi VVT-i.  Apakah kegunaan teknologi VVT-i ?? teknologi VVT-i bisa mengefisiensi penggunaan bahan bakar hingga 30%  serta bisa mengurangi getaran pada mesin. Selain membuat irit bahan bakar, teknologi VVT-i juga menambah performa mesin lebih bisar daripada yang sebelumnya yaitu teknologi 67 PS.

      9. Varian dan Warna.

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla lainya adalah pada varian warna. Untuk Daihatsu Ayla sudah mengeluarkan 6 varian yang dirilis di Indonesia, sedangkan untuk Toyota Agya hanya hadir dalam 3 saja. Daihatsu Ayla hadir dalam tipe D, D+, M, M dan sporty, X, X airbags dan Elephant yang masing-masing hadir dalam sistem transmisi AT dan MT. Sedangkan Toyota Agya sudah merilis 3 tipe di Indonesia yaitu tipe E, G dan TRD S.

Untuk pilhan warna masing-masing juga ada yang berbeda. Jika Toyota Agya dalam 7 varian warna, mulai dari warna silver metalic, white, grey metalic, light blue, metalic gray, red, dan black. sementara untuk Daihatsu Ayla memiliki 6 pilihan warna yaitu classic silver metalic, ultra black solid, light blue metalic, red solid, icy white dan dark grey metalic.

       10. Harga.

Perbandingan yang satu ini mungkin yang paling banyak dilihat para konsumen saat memutuskan mobil apa dan jenis apa yang akan dipilih. Meskipun secara umum memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun ke dua harga mobil ini jelas berbeda. Untuk Daihatsu Ayla pada tipe tertinggi ditawarkan dengan harga Rp 146.250.000. Sedangkan pada Toyota Agya tipe tertinggi ditawarkan dengan harga Rp 151. 900.000. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla tipe terendah atau termurah ditawarkan dengan harga Rp 125.250.000 dan Untuk tipe Toyota Agya dibandrol dengan harga Rp 134.600.000. Perbedaan yang cukup signifikan bukan ??

 
Nahhh.... itu tadi bebapa ulasan perbedaan duo kembar LCGC dariToyota Agya Dan Daihatsu Ayla beserta spesifikasinya. Intinya konsep dari mobil Agya dan Ayla umumnya sama, karena sudah sama-sama menggunakan konsep mobil hemat bahan bakar dan ramah terhadap lingkungan.  ebtadi 7 ulasan perbedaan dari duo kembar LCGC dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.  Semua mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi. yaa.. namanya juga hidup didunia pasti ngak ada yang sempurna.

Semoga artikel diatas dapat memjadi referensi anda untuk memilih mobil mana yang mau dibeli. dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel