Cara Mudah Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Yang Macet Beserta Perawatanya - suryadidik.com


Jumpa lagi nii sama Salon Mobil yang selalu memberikan tips dan trik cara mengatasi berbagai masalah tentang mobil anda. Kemarin kami sudah membagikan artikel 8 cara mudah mengkilapkan cat mobil yang sudah kusam dan pudar dan sekarang kami akan membahas cara mengatasi kaca pintu mobil yang macet dan cara perawatanya. Berikut ini adalah ulasan cara mengatasi kaca pintu mobil yang macet dan perawatanya mari kita simak bersama.

Kaca mobil merupakan salah satu komponem yang sangat penting bagi mobil, selain untuk melihat pandangan diluar kaca mobil juga bisa melindungi anda dari terpaan angin dan dari air hujan. Kaca pintu mobil juga bisa dijadikan sirkulasi udara saat AC mobil anda rusak atau mati. Maka dari itu kaca pintu mobil dibuat sedemikian rupa agar bisa dinaikan dan diturunkan.

Jika kaca mobil sudah mulai rusak atau macet, terkadang banyak orang yang langsung memfonis bahwa sistem power window sudah mulai rusak. Kasihan banget kan si power window yang tidak salah apa-apa langsung terkena fonis.😂😂😂😂

Namun, usut punya usut bukan power windowlah yang menyebabkan kaca mobil anda macet. Dan akhirnya si power window tidak bebas karena tidak terbukti bersalah 😄😄😄
Sebelum menyalahkan power window yang rusak alangkah baiknya anda bisa mengecek bagian karet pada bagian jendela dalam mobil anda apakah karet tersebut dalam keadaan bagus atau sudah mengeras. karet kaca mobil yang mengeras disebabkan karna faktor umur karet pada kaca mobil tersebut atau juga bisa karena faktor cuaca khusunya di indonesia yang terkadang puanass kadang juga hujan.



Nahh...Bila kaca mobil anda macet disebabkan karet kaca mobil anda sudah mengeras, berikut ini adalah beberapa tips yang sangat mudah dan simpel  cara mengatasi kaca jendela mobil yang macet yang bisa sobat praktekan sendiri dirumah.

Sebelum mempraktekanya sobat harus menyiapkan alat-alat sebagain berikut :
  • Minyak goreng atau oli yang masih jernih.
  • plastik putih kecil kiloan yang berwarna putih.
  • Dan yang terakhir adalah jarum pentul.
Jika peralatannya sudah lengkah semua, sobat bisa mempraktekan beberapa ulasan cara udah mengatasi kaca jendela mobil yang macet. Berikut penjelasanya.

       1. Cara Yang Pertama.

Teteskan minyak goreng tadi kedalam bagian karet lis kaca mobil secukupnya. Untuk mempermudah meneteskan minyak goreng kedalam karet kaca mobil anda bisa membungkus minyak goreng tersebut dengan plastik kiloan yang sudah anda sediakan, kemudian lubangi ujung plastik tersebut dengan menggunakan jarum pentul tadi.

Setelah itu anda bisa mencoba menaik turunkan kaca mobil tersebut. Anda juga bisa menggunakan oli yang masih jernih agar tidak membuat karet kaca mobil anda menjadi kotor. Caranya pun sama dengan menggunakan minyak goreng, yaitu dengan meneteskan oli secukupnya ke dalam karet lis kaca mobil anda.
   
      2. Cara Yang Ke Dua

Selain meneteskan oli atau minyak goreng pada karet kaca mobil, anda bisa membuka dinding pintu mobil anda secara hati-hati agar tidak membuat lecet pada mobil anda. Setelah terbuka dengan selamat 😁😁  anda bisa menyemprotkan sedikit demi sedikit minyak goreng atau oli pada bagian ujung rel pada kaca. Bila tidak mempunyai semprotan anda bisa memakai semprotan yang bisanya buat memandikan burung heheee

Dan jangan lupa kaca mobil juga dinaik turunkan agar minyak goreng tersebut merata ke seluruh bagian dalam rel kaca mobil anda.

Untuk menghindari kaca jendela anda macet kembali, repot jugakan bila saat driving kaca jendela malah mendadat macet tidak bisa dinak turunkan. Alangkah baiknya jika karet kaca mobil anda sudah mengeras karena faktor usia anda bisa mengantinya dengan karet kaca yang baru.

Bila cara pemberian oli atau minyak goreng belum bisa membuat kaca pintu mobil anda bergerak naik turun, sobat bisa melakukan pengecekan langsung pada power window. Bila terjadi kerusakan pada power window anda bisa mencoba beberapa tips dibawa ini CARA MEMPERBAIKI POWER WINDOW YANG RUSAK.

  1. Cara yang pertama pastinya anda harus membuka baut pada bagian handle pintu dalam, setelah baut handle terbuka bukalah handle secara hati-hati karena terdapat kabel yang menempel pada handle. Copotlah kabel yang menempel pada handle mobil anda secara perlahan agar kabel yang terhubung pada power window tidak putus.
  2. Setelah handle terlepas, bukalah pengait besi sentral lock secara pelan-pelan.
  3. Kemudian buka dinding pintu mobil secara perlahan. Bila dinding pintu mobil masih original, cara membukanya anda cukup mencongkelnya secara perlahan. Untuk menghindari lecet pada mobil anda bisa memberi alas kain saat proses pencongkelan diding pintu mobil. baca juga 10 cara menghebat bensin mobil terbukti 100% irit
  4. Power window sendiri terdapat 10 skrup namun sobat jangan membuka semua skrut tersebut. Sobat cukup membuka 7 skrup yang ada pada pintu, dan skurp yang ke 3 menahan bagian bawah kaca bagian bawah.
  5. Kemudian keluarkan secara perlahan piranti power window pasalnya, pada saat pelepasan piranti power window kaca mobil akan cobot kebawah. Untuk menghindari kaca mobil lepas kebawa anda bisa mencari orang untuk membantu memegang atau menahan kaca mobil agar tidak jatuh kebawah.
  6. Setelah itu bukalah 3 baut pada dinamo pengerak yang ada di power window.
  7. Jika dinamo sudah terlepas, bersihkan magnet yang ada didalam dinamo atau di power window memakai cairan crab cleaner yang dijual ditoko-toko onderdil mobil terdekat. Lakukan pembersihan secara berulang kali hingga karet yang menempel pada dinamo power window hilang.
  8. Bersihkan juga bagian kumparan memakai cairan crab cleaner  setelah itu, jemur beberapa menit hingga kering agar tidak terjadi konslet saat dipasang.
  9. Lakukan pengetesan piranti magnet apakah terdapat gaya tarik menarik atau tidak,  jika tidak ada gerakan tarik menarik sudah dipastikan dinamo power window anda sudah rusak.
  10. Berilah cairan pelumas pada gigi pengerak dibagian luar dan dalam dinamo.
  11.  Kemudian anda bisa melakukan pengetesan menggunakan multitester jika punya, atau anda juga bisa menghubungkan dengan aki, pada kabel positif bertemu dengan positif dan negatif bertemu negatif. Jika terdengar bunyi dan giginya berputar, berarti power window anda masih dalam kondisi baik.
  12. Lalu pasang kaca dan karet kacat. Sebelum memasangnya alangkah baiknya anda membersihkan kaca dan karet kaca terlebih dahulu agar debu dan kotoran yang menempel pada karet kaca hilang.
  13. Beri grace pada semua bagian gigi dipower windownya.
  14. Kemudian pasang kembali dinding pinda kan handle pintu dalam dan jangan lupa menyambungkan kembali kabel yang terhubung pada power window.
  15. Dan selesai.

Untuk menghindari power window agar tidak cepat rusak, berikut ini adalah tips cara merawat power window agar tidak cepat rusak.

Cara merawat power windwo yang pertama adalah jagalah kebersihan karet rel kaca mobil anda minimal ya sebulan sekalilah. Adanya debu pada karet kaca mobil akan membuat power window macet dan itu artinya kaca akan berjalan kurang mulus, tersendat bahkan dapat membuat kaca jendela mobil anda tergores. Repot juga kan nanti bila kaca mobil anda terdapat goresan yang cukup menjengkelkan.  Bila terdapat goresan pada kaca mobil anda bisa membaca Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Goresan Pada Kaca Mobil

Selain itu, khusus pada rel yang menggunakan karet, pastikan kontisi karet baik, lentur dan tidak getas. karet yang patah juga bisa membuat kaca mobil anda tersendat saat dinaikan dan juga bisa merusak komponen lainya.

Jika rel bludru atau karet kaca sudah kotor, anda bisa membersihkanya dengan menggunakan sabun atau shampo mobil. Caranya oleskan sabun atau shampo secukupnya pada sekitar bludru atau karet penjepit kaca. Kemudian gerakkan kaca mobil naik turun hingga sabun merata dengan sendirinya. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk mempermudah menghilangkan debu yang menempel.
 
Demikianlah beberapa ulasan tips dan trik mudah memperbaiki kaca mobil yang macet.  Semoga artikel diatas bisa membantu mengatasi masalah anda dalam memperbaiki kaca jendela mobil yang macet. dan semoga selalu diberi kesuksesan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel