10 Cara Mudah Mengetahui Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan Yang Harus Anda Ketahui - Suryadidik.com


Bagi anda yang ingin berencana membeli mobil bekas, tentunya butuh kehati-hatian dan kejelian untuk memilihnya agara bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Jika anda kurang berhati-hati dalam memilih mobil bekas, bisa jadi anda malah mendapatkan mobil bekas yang memiliki banyak segudang masalah. Tentunya hal ini akan merugikan anda karena harus mengeluarkan ongkos yang tak sedikit untuk memperbaikinya. Salah satu masalah yang sering terjadi saat membeli mobil bekas adalah ketika anda mendapatkan mobil bekas bekas tabrakan.

Bahkan cerdiknya si pemilik mobil sebelumnya akan menutupi seluruh kerusakan dan kekurangan mobil tersebut, sehingga tidak terlihat seperti mobil bekas tabrakan. Hal ini bertujuan agar si pemilik mobil mendapatkan untung yang besar. Untuk itu anda harus mengetahui ciri-ciri fisik hingga mesin kendaraan sehingga nantinya jika anda ingin membeli mobil bekas tidak tertipu. Nah.. berikut ini adalah beberapa cara mengetahui mobil bekas tabrakan yang dapat anda pelajari.



1. Cek Bagian Dalam Kap Mesin.

Tanda bekas tabrakan pertama yang anda bisa ketahui adalah dengan membuka kap mesin mobil. Anda bisa memperhatikan tentang perbedaan dari warna mobil dan juga bekas pengecatan yang kurang sempurna dan ada juga ada bagian komponen yang yang tidak seharusnya dengan cat. Namun, anda juga perlu kehati-hatian terkadang komponen mobil yang penyok akibat tabrakan akan ditutupi dempul agar tidak terlihat bekas terkena hantaman palu.

Jika anda menemukan tanda-tanda seperti itu, maka kemungkinan bekas mobil itu merupakan mobil bekas tabrakan yang diperbaiki sedemikan rupa dan sudah dilakukan pengecatan ulang agar tidak terlihat seperti mobil bekas tabrakan. Artikel terkait 4 cara memperbaiki mobil yang penyok

Anda juga bisa mengamati kondisi fisik mesin, jika mesin dan radiator mobil mengalami lecet atau terdapat goresan bisa disimpulkan mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.

2. Cek Kaca Depan Dan Belakang. 

Anda juga bisa memperhatikan kaca depan dan juga kaca belakang, sebab bagian kaca merupakan bagian yang paling rawan pecah saat terjadi penturan atau tabrakan. Jika mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah sampai membuat kaca mobil pecah, maka posisi pemasangan kaca akan tidak akan berapa pada posisi yang baik atau tidak seperti pemasangan kaca yang masih originalnya. Sehingga untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas tabrakan atau bukan, anda bisa mencoba menyemprotkan air ke bagian kaca depan maupun kaca belakang. Jika mobil tersebut memang bekas tabrakan air akan merembes pada cela-cela bagian kaca tersebut. Hal ini dikarenakan pemasangan kaca mobil  yang bukan original pabrik kebanyakan kurang bagus sehingga membuat rongga-rongga yang tipis.

3. Cek Cela-cela Pada Komponen Mobil.

Cara mengetahui mobil bekas tabrakan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan dan pengamatan cela-cela pada bodi mobil mulai cela pada lampu depan dengan bodi, dumper dengan body dan komponen yang lainya. Jika mobil tersebut bekas tabrakan yang cukup parah biasanya akan menyebabkan celah pada komponen eksterior. Mulai dari lampu mobil mengalami renggang yang tidak semestinya dan tidak simetri kerenganggan lampu kanan dengan lampu kiri. Cek juga bagian kap mobil biasanya jika mobil bekas tabrakan dari depan kap mobil tidak akan simetri dengang grill depan.



4. Cek Bagian Stir dan Lakukan Test Drive.

cara mengetahui mobil bekas tabrakan lainya adalah langsung melakukan test drive.Anda bisa meminta ijin kepada si pemilik mobil untuk melakukan test drive karena pada umunya kalau mau membeli itu harus dicoba dulu. hehee.. Pada saat anda mengemudikan mobil, tekan gas secara pelan-pelean terlebih dahui kemudian tambah kecepatan hingga 60 km/jam . Apabila pada kecepatan tinggi mobil mulai tidak terasa stabil maka kemungkinan mobilk tersebut sudah pernah mengalami tabrakan. Anda juga bisa membaca Cara Mengatasi Pintu Mobil Yang Keras Dan Berisik Saat Ditutup


5. Lakukan  Sporing Manual.

Anda bisa melakukan sporing manual dengan menggunakan benagn nilon atau tali rafia. Putar tali rafia pada 4 roda mobil huingga rata, lalu amati apakah apakah terlihat renggang antara roda depan dan belakang. Jika ditemukan kerenggangan pada roda mobil maka kemungkinan mobil tersebut mobil bekas tabrakan atau lebih jelasnya anda bisa membawanya ke bengkel mobil.

 6. Menggetuk-Ketuk Bodi Mobil.

Cara sederhana mengetaui mobil tersebut bekas tabrakan atau tidak adalah dengan cara mengetuk-ketuk bodi mobil dengan menggunakan tangan sambil mengamati kondisi luar mobil. Jika pada beberapa bagian saat diketuk terasa berat dan terasa dempul yang cukup tebal dipastikan paba bagain mobil tersebut pernah menggalami penyok. Artikel terkait 8 tips ampuh mengkilapkan cat mobil yang kusam dan pudar

7. Kembang Pada Ban Depan Habis.

Cara mengetahui mobil bekas tabrakan selanjutnya adalah dengan memeriksa ban mobil bagian depan dan juga perhatikan kembang-kembang ban tersebut. Apakah habis disatu bagian sisi saja , jika ada kemungkinan besar mobi tersebut pernah mengalami tabrakan dan harus diperiksa apakah masih bisa diperbaiki atau sudah rusak total. Namun, cara ini kurang efektif jika mobil tersebut diganti dengan ban yang baru.

8. Cek Mobil Saat Siang Hari.

Usahakan jika membeli mobil bekas pada siang hari, karena saat siang hari cahaya akan terang. Ini bertujuan membantu anda mengamati mobil tersebut dari berbagai sisi. Lakukan penggamatan bodi mobil pada sisi kanan dan kiri. Jika sisi kanan dan kiri terlihat perbedaan seperti garis pada bodi yang melenceng ataupun tidak simetri dan ada perbedaan lekukan pada bodi mobil dipastikan mobil tersebut pernah mengalami tabrakan.


9. Perhatikan Mobil Dari Jarak Jauh.

Langkah yang selanjutnya adalah dengan melakukan pengamatan dari jarak jauh. Jika bodi mobil terlihat aneh seperti warna cat yang berbeda, atau pada bodi mobil pada sisi kanan dan kiri tidak sama atau bentuk mobil yang kurang sempurna. Berarti mobil tersebut pernah dibuat tabrakan namun sudah diperbaiki.

10. Periksa Tulangan Mesin.

Langkah yang terakhir cara mengetahui mobil bekas tabrakan adalah dengan mengecek tulangan mesin mobil. Jika mobil pernah dibuat tabrakan dari depan yang membuat tulangan mesin ringsek dan penyok  walaupun sudah diperbaiki ataupun diganti namun, hasilnya tidak akan kembali seperti semula.

Periksa secara teliti dan hati-hati sebelun anda membeli mobil bekas, sehingga dana yang anda keluarkan untuk membeli mobil bekas tidak akan sia-sia dan tidak menyesal dikemudian hari. Alangkah baiknya jika ingin membeli mobil bekas, anda bisa mengajak teman atau bengkel mobil yang paham betul tendang ciri-ciri mobil bekas yang masih bagus dan berkualitas.

Demikianlah beberapa informasi cara mengetahui mobil bekas tabrakan. Semoga artikel diatas dapat membantu anda agar salah membeli mobil bekas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel