8 Cara Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin Dan Sejuk - Perawatan Mobil


Sistem pendingin udara dalam mobil atau biasa disebut dengan AC ( air conditioner ) merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menunjang kenyaman anda aat berkendara terutama pada saat siang hari. Tak heran jika keluaran mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi denagn sistem pendingin udara atau AC bahkan didukung dengan teknologi terbaru utuk menjunjang kenyamaan saat berkendara.

Sebagai salah satu fitur yang cukup pending didalam mobil, tentunya komponen AC perlu diberikan perawatan secara berkala untuk menunjang kenyamaan anda saat berkendara. Jika tidak dilakukan perawatan secara berkala maka akan muncul berbagai masalah yang nantinya akan menganggu kinerja pendingin mobil anda salah satunya adalah masalah AC yang kurang dingin.



Biasanya banyak orang yang menganggap bahwa bila AC mobil kurang dingin disebabkan karena freonnya habis. Sehingga pemilik mobil hanya tingal mengisi froen tersebut. Padala tak semua AC mobil yang kurang dingin disebabkan oleh freon yang habis. Berikut ini adalah penyebeb lain yang membuat AC mobil kurang dingin.
  • Kebocoran selang pada AC yang disebebkan karena faktor usia pakai yang memang sudah cukup lama atau penggunaan spare part yang tidak berstandart pabrik atau tidak original. baca juga 4 akibat penggunaan air mineral pada radiator mobil
  • Penyebab AC mobil kurang dingin yang ke 2 adalah Kerusakan yang terjadi pada evaporator serta kondensor yang disebabkan karna faktor usia atau ada kotoran dan debu.
  • Yang terakhir adalah kerusakan pada komponen kompresor, bia terjadi kerusakan pada kompresor biasanya ini akan muncul bunyi- bunyian yang berasal dari ruangan mesin. baca juga 8 cara mudah mengkilapkan cat mobil yang sudah kusam dan pudar
Untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan AC kurang dingin, maka alangkah baiknya anda bisa merawat AC mobil secara berkala. Kalau kata pepatah mencegah itu lebih baik dari pada menggobati. Berikut ini adalah beberapa cara merawat AC mobil yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

1. Bersihkan Condesor AC Mobil.

Ketika anda sedang mencuci mobil atau membersihkan mobil, cobalah untuk membuka kap mobil dan semprotkan air sedikit kencang ke arah kondesor AC. Letak condesor AC sendiri berada didepan radiator dan memiliki bentuk seperti radiator.  Hal ini bertujuan agar debu dan kotoran yang menempel pada condesro AC bersih dengan sempurna. Bila ada kotoran atau debu yang menempel pada condesor AC jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan korosi yang akhirnya mengakibatkan kebocoran pada bagian condesor AC.

2. Jagalah Kebersihan Karpet dan Lantai Mobil.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, anda juga harus menjaga kebersihan interior mobil terutama pada bagian lantai dan karpet mobil. Kebersihan dalam interior mobil tentunya akan membuat udara didalam kabin akan menjadi bersih. Sehingga kinerja filter AC tidak terbebani terlalu berat saat menyaring kotoran dan debu.

3. Parkirkan Mobil Ditempat Yang Teduh.

Usahakan pada saat memparkirkan mobil carilah tempat yang cukup teduh. Selain membuat cat mobil cepat pudar, panas matahari juga bisa mengakibatkan suhu pada dalam kabin akan menjadi panas. Sehingga bila AC dihidupkan akan membuat kinerja AC terbebani untuk membuat suhu dalam kabin menjadi dingin. Alangkah baiknya jika terpaksa memparkirkan mobil di bawah panas matahari anda bisa membuka sedikit kaca pintu mobil. Ini bertujuan agar suhu dalam kabin tidak terlalu panas.

4. Mengistirahatkan AC Saat Perjalan Jauh.

Saat bepergian kesuatu tempat yang cukup jauh berikanlah sedikit waktu AC untuk beristirahat beberapa saat.  Dan jika suhu dalam kabin mulai panas, maka anda bisa menghidupkan AC kembali. Cara ini bertujuan agar AC tidak bekerja secara terus menerus untuk mendinginkan suhu dalam kabin dan untuk menghindari resiko jika terjadi pembekuan pada saluran AC.


5.  Usahakan Tidak Merokok.

Jangan sampai anda merokok saat berapa didalam kabin mobil. Selain dapat merusak paru-paru, asap rokok juga bisa mengkotori evaporator karena nikotin yang terkanding dalam rokok akan lengket dan bisa menimbulkan bau yang kurang sedap serta susah untuk dihilangkan.

6. Menambahkan Extra Fan.

Fungsi extra fan adalah untuk menambah hembusan dingin di dalam kabin mobil. Sehingga AC tidak bekerja sendirian untuk membuat suhu udara dalam kabin menjadi dingin. AC pun akan lebih awet dan tahan lama.


7. Matikan AC Sebelum Mesin Dimatikan.

Biasakanlah untuk mematikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil anda dan berlaku sebaliknya. Hidupkan lah mesin terlebih dahulu baru kemudian anda bisa menghidupkan AC jika dirasa kinerja mesin sudah stabil. Dan juga jangan terlalu sering untuk membuka kaca jendela mobil saat AC dihidupkan. Hal ini bisa memperberat kinerja AC yang menyebabkan suhu dalam kabin tidak dingin lagi.

 8. Lakukan Pengecekan Secara berkala.

Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah dengan selalu merawat komponem-komponen didalam AC mobil anda. Pengecekan ini juga bertujuan untuk mengetahui jika ada kerusakan pada AC mobil.
Sehingga jika ada kerusakan pada AC cepat diperbaiki dan tidak menggangu kinerja komponen lainya. Merawat AC secara rutin juga memiliki banyak manfaat yaitu bisa membuat AC menjadi dingin lebih lama dan juga awet serta membuat udara yang dikeluarkan lebih sejuk dan lebih sehat pastinya.

Demikianlah beberapa informasi cara merawat AC mobil agar tetap dingin. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel