Cara Mengatasi Pintu Mobil Yang Keras Dan Berisik Saat Ditutup - Suryadidik.com


Cara mengatasi pintu mobil yang keras saat ditutup - Sebagai pemilik mobil ya... bisa dikatakan cukup tua pasti akan menemukan berbagai masalah. Salah satunya pada saat kita menutup pintu mobil jika kita tidak menutupnya dengan keras pintu mobil tersebut tidak akan tertutup dengan rapat. Bahkan sampai tersengar suara braaakk yang membuat telinga kita risih saat mendengarnya. Bahkan suara keras saat menutup pintu mobil sampai terdengar tetangga sebelah. Repot juga kan bila gara-gara kita menutup pintu sampai dimarahin tetangga heheee

Beda lagi kalau kita membeli mobil bekas dari pabrikan Paman Sam Amerika atau buatan dari Benua Eropa karena mobil tersebut memiliki beban pintu yang berat atau tebal sehingga jika kita menutup pintunya masih teras enak tanpa harus dibanting-banting segala.

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi pintu mobil yang keras saat ditutup alangkah baiknya anda mengetahui penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan pintu mobil keras atau susah saat ditutup.

1. Peranti Pengait atau doorlock 

Doorlock sendiri berfungsi untuk mengaitkan jangkar dari daun pintu sesaat setelah daun pintu ditutup dengan entakan. Persoalan ini mulai terjadi saat anda terbias menutup pintu mobil dengan tenaga yang cukup keras.

Akibat terlalu sering menutup pintu mobil dengan keras, akan membuat doorlock akan cepat aus. Meskipun mobil tersebut masih tergolong relatif mobil baru dengan usia 3 atau 4 tahun.

Penyebab pintu mobil keras ditutup lainya adalah Saat anda mencuci mobil dengan tekanan air yang tinggi dari steam dan dan pintu tidak tertutup rapat sehingga bisa menyebabkan air akan masuk ke perangkat doorlock tersebut. Alngkah baiknya jika doorlock atau jangkar pengaitnya mulai mengering anda bisa mengoleskan sejenis pelumas atau paselin secukupnya. Ini bertujuan agar terasa ringan saat menutup pintu mobil.

2. Engsel Pintu Turun.

Pada umunya penyebab engsel pintu yang turun lantaran usia mobil  atau karena perawatan mobil yang kurang benar. Meskipun usia mobil masih relatif muda, tetapi bila pintu kerap dibuka dan daun pintu dibiarkan menggantung terlalu lama akan membuat posisi engsel menjadi menurun.

Meskipun penurunan engsel hanya seperempat atau setengah milimeter, bila terlalu sering menggantung daun pintu  lama kelamaan bergeseran engsel akan semakan bertambah. Selain itu jika  menutup pintu mobil dengan keras atau nyaris dibanding juga bisa perpengaruh pada pintu mobil anda. Jika engel pintu sudah bergeser setengah milimeter saja sudah berpengaruh terhadap kesempurnaan menutup pintu mobil anda.

Cara mencegah engsel pintu agar tidak turun atau tergeser adalah jangan terlalu lama menggantung daun pintu saat membukanya. Selain itu anda juga bisa mengoleskan cairan pelumas atau paselin pada engsel pintu mobil anda.

3. Karet Pintu.

Karet pintu mulai mengeras terjadi seiring berjalanya usia mobil. Namun, mobil baru pun bisa mengalami masalah pada karet bila posisi karet salah. untuk menambah wawasan anda bisa membaca
Cara Mudah Memperbaiki Kaca Pintu Mobil Yang Macet Beserta Perawatanya

Karet yang bergeser atau pengantian karet dengan ketebalan yang tidak tepat juga menjadi penyebab pintu mobil terasa keras saat ditutup. Alangkah baiknya jika ingin menganti karet pintu, pilihlah bahan karet yang tepat atau karet berstandart pabrik.

Nahh... Setelah anda mengetahui penyabab pintu mobil keras, berikut ini adalah cara sederhana bahkan tidak perlu mengeluarkan modal. Pertama-tama siapkanlah bahan-bahanya terlebih dahulu seperti, isolasi warna item dan guting, udah itu aja simple bukan. kebetulan mobil sedan tua ane dirumah juga berisik sekali saat menutup pintu mobil yahh maklum faktor usia hheeehe.. Setelah semua bahan sudah siap, yuk kita mulai praktekkan caranya.



Sebelumya bersihkan dahulu doorlock pintu tersebut hingga semua kotoran atau oli yang menempel hilang. Kemudian doorlock tersebut kita balut menggunakan isolas, cukup balutkan isolasi 3 setelah itu kita potong dengan gunting.  Perlu anda ingin janganlah terlalu tebal saat membalutkan solasi, bila terlalu tebal maka pintu mobil anda susah untuk dibuka kembali.

Cara ini memang tidaklah permanen, karena setiap setahun sekali harus ganti dengan isolasi yang baru akibat isolasi yang menempel sudah mulain mengelupas. Namun itu semua tergantung seberapa seringnya kita membuka tutup pintu mobil.  Untuk menambah wawasan anda bisa membaca 4 akibat menggunakan air mineral pada radiator mobil

Sebenarnya ada adap tata cara  menutup pintu mobil tua dengan benar, mobil barupun ada adapnya agar menutup pintunya lebih lembut. Cara yang benar menutup pintu mobil adalah dengan tarik handlenya kemudian dorong pintu sambil menekan titiki handle berada. Jika pintu mobil terbuat dari plat tipis, bisa dibantu dorongan pada bagian badan pintu. Jangan menekan terlalu keras jika mobil anda berjenis kaleng karena akan membuat pintu mobil terdapat jejak yang tidak mengenakkan.

Demikanlah beberapa informasi cara mengatasi pintu mobil yang keras saat ditutup. Semoga bisa membantu anda dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel