9 Cara Memilih Mobil Bekas Yang Bagus Dan Berkualitas - Suryadidik.com


Suryadidik.com.. Tidak bisa dipungkiri jika semakin hari mobil bekas akan banyak yang dijual. Tentunya hal ini kerena semakin hari banyak mobil baru yang diproduksi dengan teknologi yang lebih canggih. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan mobil bekas banyak dijual dipasaran. Terlebih lagi mobil keluaran terbaru selalu menarik perhatian para pemilik mobil lama sehingga para pemilik mobil lama menjual mobilnya untuk membeli mobil keluaran terbaru dengan teknologi yang lebih canggih.

Perlu anda ketahui mobil bekas tak selamanya dalam kondisi normal, tergantung penggunan dan perawatan pemilik mobil sebelumnya. Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah  mobil tersebut bekas terkena bencana alam seperti kebanjiran ataupun mobil bekas tabrakan yang disulap sedemikian rupa agar si penjual mendapatkan untung yang besar. Kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas mobil bekas yang ada dan akan merugian para calon pembeli. Sehingga para calon pembeli harus cermat dan teliti dalam memilih mobil bekas agar menyesal dikemudian hari.

Dalam memilih mobil bekas, calon pembeli harus memperhatikan beberapa hal terkait kondisi mobil bekas tersebut. Entah itu dari segi mesin maupun dari bodi mobil bekas tersebut.



Siapa yang tidak tergiur dengan harga mobil bekas yang murah? Pasti semua orang akan menginginkanya. Apalagi mobil bekas tersebut mobil yang berkualitas dan dalam kondisi normal tak heran jika sekarang ini mobil bekas menjadi solusi jika ingin membeli mobil dengan bajet yang minim.

Namun, tidak semua mobil bekas yang harganya murah terjamin kualitasnya. Terkadang ada juga para pedagang mobil bekas nakal ingin menipu para calon pembeli demi mendapatkan untung yang banyak. Nah... agar anda tidak tertipu dalam membeli mobil bekas, berikut ini adalah beberapa referensi cara memilih mobil bekas yang berkualitas agar anda tidak tertipu oleh pedagang yang nakal. Agar tidak tertipu saat membeli mobil bekas anda bisa membaca 10 cara mengetahui ciri-ciri mobil bekas tabrakan

1. Tempat Pembelian

Cara yang pertama untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang sekarang ini banyak tempat atau showroom yang menjual mobil bekas dengan segala penawarah bahkan ada juga yang memberikan bromo untuk menarik para calon pembeli. Namun anda juga bisa menbeli mobil bekas langsung dari orang yang memang ingin menjual mobilnya secara langsung. Bahkan anda juga bisa mencari mobil bekas melalui internet ataupun facebook.

Membeli ke showroom memang akan membuat anda mendapatkan banyak pilihan, namun perlu anda ketahui dibalik banyak pilihan tentunya membeli lewat showroom pasti haraganya lebih mahal dibandingan jika anda membeli langsung dari orang pertama.

Membeli mobil bekas melalui perantara juga akan membuat harga mobil menjadi lebih mahal. Alangkah baiknya anda bisa membeli mobil dari tangan pertama yang harganya lebih murah terbebas dari calo, apalagi penjualnya adalah oarang yang anda kenal. Maka dari itu memperhatikan tempat anda membeli mobil merupakan hal yang penting agar mendapatkan mobil yang murah dan berkualitas.

2. Cek Eksterior Mobil

Setelah anda menemukan penjual dan menemukan mobil yang anda inginkan, maka langkah selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan. Anda bisa melakukan pengecekan dari bagian eksterior terlebih dahulu. Karena bagian eksterior atau bagian bodi mobil merupakan bagian pertama yang terlihat.

Perhatiakan dengan teliti apakah ada goresan atau penyok pada bodi mobil bekas tersebut. Untuk meng atasi penyok pada mobil anda bisa mengatasinya dengan 4 cara mudah memperbaiki mobil yang penyok. perhatiakan juga permukaan catnya apakah masih mulus atau sudah rusak. Jika mobil bekas tersebut sudah melakukan pendempulan ulang, perhatiakan permukaan dempul mobil tersebut jika ada dempul yang akan terkelupas atau ada dempul yang menonjol dapat dipastikan plat mobil tersebut akan berkarat bahkan sudah kropos.

Selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan pada bagian kaca, cek semua bagian kaca mulai dari kaca depan belakang dan kaca pintu jendela apakah ada bagian kaca yang mengalami retak atau pecah. Selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan ke bagian lampu apakah ada bagaian lampu yang pecah ataupun kusam. Kemudian anda bisa menghidupkan lampu tersebut apakah lampu depan dan belakang masih bersinar terang cek juga lampu sain apakah keduanya bisa hidup normah atau malahan ada yang mati.

3. Cek Bagian Kolong Mobil

Cara memilih mobil bekas yang berkualitas ke 3 adalah dengan melakukan pengecekan pada kolong mobil. Ini bertujuan agara anda mengetahui kondisi bawah mobil tersebut apakah sasis dan lantai mobil masih utuh atau malah sudah ada yang berkarat dan kropos. Jika sudah ada karat dan kropos anda bisa melakukan cara ampuh menghilangkan karat pada mobil dan perawatanya untuk menghilangkanya.

4. Cek Interior Beserta Aksesorisnya

Setelah melakukan pengecekan pada eksterior, selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan pada interior dan aksesorisnya. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang berlu anda cek meliputi, karpet, dashboard berserta fitur-fitur yang menempel, AC dan juga perhatikan kualitas jok  serta plafon mobil tersebut dalam kondisi yang baik.

Pastikan anda untuk mencoba menduduki jok tersebut, tarik kebelakang dan serta cek kualitas pelapisnya. Selanjutnya anda bisa mengecek hazard, lampu depan dan lampu rem. Cek juga semua fitur-fitur yang ada pada mobil bekas tersebut mulai radio atau fasilitas audio lainya. Pastikan juga AC mobil tersebut dalam kondisi yang dingin dan normal. Jika AC mobil kurang dingin anda bisa menerapkan 8 cara mudah merawat AC mobil agar tetap dingin dan sejuk

Kemudian anda bisa melakukan pengecekan pada power window jika mobil bekas tersebut menggunakan sistem power window. Apakah semua kaca pintu mobil tersebut bisa dinaik turunkan.

5. Cek Peforma Mesin Mobil.

Setelah mengecek semua interior dan eksterior langkah selanjutnya adalah pengecekan mobil bekas tersebut. Anda bisa langsung menghidupkan mobil tersebut dan perhatikan suara mesin yang menyala. Ciri-ciri mesin yang masih bagus adalah mesin yang terdengar halus dan tidak ada oli yang bocor. Mesin mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-stater.

Perhatian juga pada sekitar area mesin mobil tersebut apakah ada bekas gorsean ataupun ada kecacatan pada radiator mesin maupun radiator  AC. Jika pada radiator AC maupun radiator mobil ada sedikit keganjalan bisa dipastikan mobil bekas tersebut bekas tambrakan.

Setelah mesin hidup, anda bisa langsung melakukan test drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan saat anda mengoper gigi berjalan secara halus dan lancar. Bila saat dikendarai mobil bekas tersebut terasa berat atau cenderung berbelok ke arah kanan dan kiri, sebaiknya ada pikir dua kali untuk membelinya.  Saat melakukan test drive, cobalah untuk melewati jalan yang kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil bekas tersebut.

7. Cek Kelengkapan Surat-surat Mobil Bekas Tersebut

Surt-surat kendaraan merupakan dokumen yang sangat penting yang wajib anda perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan anda mendapatkan STNK dan BPKB yang asli. Karena saat ini banyak beredar BPKB palsu agar mobil curian dapat laku dengan harga yang tinggi.

Untuk mengetahui apakah BPKB mobil bekas tersebut asli atau tidak, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Cover BPKB yang asli lebih mengkilap daripada yang palsu.
  • Hologram atau logo dari BPKB yang asli tidak akan berubah warna dan tetap terlihat silver meskipun terkena sinar matahari, sementara yang paslu jika terkena sinar matahari akan menacar berwarna kuning.
  • Adanya nomor dibawah bagian hologram, dimaksudkan untuk mengkategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili. Namun, sejumlah nomor tak akan bisa dideteksi pembacanya karena memang bersifat rahasia milik korlantas.
  • Cara mengecek keaslian BPKB selanjutnya adalah pada bagian pemilik. Yang palsu seringkali ditemukan dalam kondisi seperti dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.
  • Pada buku BPKB halaman ke-14 terdapat logo korlantas yang muncul hanya jika disinari menggunakan sinar ultraviolet, selain itu kertanya jika diraba bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.
8. Lakukan Cek Fisik

Setelah melakukan pengecekan surat-surat kendaraan, untuk lebih meyakinkan lagi anda bisa melakukan cek fisik dikantor samsat. Tujuan tes fisik ini adalah agar anda bisa memastikan data dan informasi yang tertera pada dokumen BPKB dan STNK sesuai yang sebenarnya dimobil. Janganlah ragu untuk meminta tes fisik pada pemilik mobil bekas. Jika mobil tersebut benar-benar resmi atau bukan hasil curian, pemilik mobil dengan senang hati akan mengizinkanya.

9. Asuransi

Cara yang terakhir agar mendapatkan mobil bekas yang berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang ingin anda beli menpunyai asuransi tentu hal ini akan sangatlah lebih baik. Lantas bagai mana dengan nama pemiliknya? janganlah khawatir karena asuransi bisa dipindah tangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak anda beli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen jual beli yang komplit agar saat proses balik nama asuransi bisa berjalan dengan lancar.

Teliti Sebelum Membeli

Teliti sebelum membeli merupakan hal wajib yang anda lakukan saat membeli mobil bekas. Hal itu tentu saja untuk menghindari anda dari kerugian yang tidak perlu. Seperti kerusakan mobil bekas yang sudah anda beli hanya karna anda kurang teliti saat mengecek kondisi mobil tersebut sebelumnya. Dengan menerapkan beberapa tips diatas diharapkan saat anda membeli mobil bekas menjadi lebih menguntungkan bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel