Cara Paling Ampuh Menghilangkan Embun Pada Lampu Mobil - Suryadidik.com


Haloo...Ketemu lagi ni sama suryadidik.com untuk kali ini kami akan membahas seputar komponen mobil yaitu tentang penyebab lampu mobil berempun dan cara mengatasinya. Langsung saja kita mulai penjelasanya cegidoott..

Lampu mobil atau biasa di sebut dengan headlamp merupakan salah satu komponen mobil yang sangat membantu pengemudi khususnya saat malam hari. Bayangkan jika lampu mobil anda mengalami masalah yang menyebabkan cayaha lampu bersinar kurang maksimal, pastinya dapat menganggu pandangan anda saat gelap gulita. Tidak hanya saat malam hari, saat cuaca sedang hujan yang deras dan  kabut yang tebal dijalan di siang hari lampu mobil juga sangat dibutuhkan.

Saat kabut yang tebal dan hujan deras lampu mobil dijadikan sebagai penanda keberadaan mobil anda dijalan supaya pengendara lain tahu bahwa ada mobil di depanya. Selain mengurangi pandangan anda ke jalan lampu yang berembun juga menggangu penampilan mobil anda. Anda juga bisa membaca cara mudah mengatasi lampu mobil yang kuning dan kusam

sumber gambar: youtube.com

Penyebab embun pada lampu mobil adalah adanya perbedaan suhu yang terjadi antara suhu luar dan suhu dalam lampu sehingga terciptalah embun pada lampu mobil anda. Biasanya embun pada lampu mobil akan menghilang dengan sendirinya ketika suhu pada lampu normal kembali.

Penyebab terjadinya embun pada lampu mobil lainya adalah masuknya air melalui lem antara mika dengan rumah lampu dimana lem tersebut sudah aus sehingga memungkinkan memungkinkan masuknya rembesan air.

Jika sudah terjadi hal semacam ini tetunya anda harus membersihkanya terlebih dahulu. Namun, anda tenang dulu, ngak usah langsung membawa ke bengkel atau pun ke salon mobil untuk membersihkanya. Disini kami akan membagikan tips mudah cara menghilangkan embun pada lampu mobil yang bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan mengikuti dua cara dibawah ini.

Cara yang pertama, periksa terlebih dahulu bagian belakang lampu mobil anda dengan cara membuka kap mesin. Cek bagain bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Jika tersumbat anda bisa membersihkanya terlebih dahulu hingga kotoran yang menempel benar-benar bersih.

Kemudian anda bisa menghilangkan lampu berembun dengan cara menyalakan lampu mobil seperti biasa hingga beberapa menit. Panas yang tercipta dari cahaya lampu akan menghilangkan embun yang menempel pada mika lampu anda. Anda juga bisa membaca

Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu mobil anda. Jika embun sudah menjadi genangan seperti air, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua.
Untuk menambah referensi anda bisa membaca 8 cara mudah merawat AC mobil agar tetap dingin dan sejuk

Cara yang kedua, anda bisa langsung mencopot lampu tersebut dan bersihkan embun yang penempel pada lampu dengaan menggunakan lap yang bersih, teknikny seperti ini :
  • Lepaskan headlamp (rumah lampu) dari tempatnya, jangan lupa untuk melepas soket-soket yang menmepel pada lampu tersebut. Ini bertujuan agar mempermudah saat proses pembersihan.
  • Selanjutnya anda bisa melepaskan bohlam lampu dan siapkan sebuah kayu yang berukuran jari kelingkin orang dewasa yang nantinya akan dimasukan ke dalam lubang lampu tersebut.
  • Siapkan kain bersih dan kering, ikat pada ujung kayu kemudian masukan kayu ke dalam lubang rumah lampu dan siap utuk melakukan pengelapan pada bagian lampu yang mengalami pengembunan. Jika kain sudah basah anda bisa mengantinya dengan kain yang kering. Hati-hati lah saat melakukan pengelapan agar tidak merusak reflektor yang ada pada rumah lampu. Jika terjadi kerusakan maka akan membuat cepat mengkuning.
  • Pengeringan juga bisa anda lakukan dengan menggunakan hair dryer atau pengering rambut, proses menggunkan hair dryer ini dilakukan setelah selesai pengelapan. Jika tidak mempunyai hair dryer, anda bisa kok memanfaatkan panas manatari dengan cara mengarahkan lubang lampu ke arah panas manatari.
  • Jika embun sudah menghilang pasang kembali mika lampu dan soket-soket yang menghibungkan bolam lampu
Masalah yang kecil atau sepele jika anda abaikan maka masalah tersebut malahan akan menjadi masalah yang besar bahkan bisa menjadi fatal. Salah satunya adalah maslah embun yang terdapat pada lampu mobil anda.

Nah.. Demikain lah ulasan cara mudah menghilangkan embun pada lampu mobil anda. Semoga bermanfaat untuk anda semua dan salam otomotif dari Pati jawa tengah.


jika anda berniat untuk melakukan pengecetan bodi mobil, poles bodi, ketok magic dan sebagainya. Anda bisa mampir dibengkel kami yang beralamat di kota pati jawa tengah. Atau anda bisa bertanya-tanya melalui WA 085640379019 FB Surya Didik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas