Cara Mudah Memperbaiki Dongkrak Yang Rusak 100% Berhasil - Suryadidik.com


Ngomong-ngomong soal dongkrak, dongkrak mobil merupakan komponen yang bisa dikatakan sangat penting dan jangan sampai lupa dibawa saat bepergian. Dongkrat sendiri berfungsi untuk mengangkat bodi mobil anda disaat ingin mencopot atau memangsang ban. Bayangkan jika tidak ada dongkrak atau dongkrak anda rusak, rebot juga kan jika ban mobil anda tiba-tiba bocor di tengah jalan.

Pada umunya dongkrak mobil memiliki tiga jenis yaitu dongkrak botol (bottle jack), dongkrak gunting, dan yang terakhir adalah dongkrak buaya. Ketiga jenis dongkrak tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun. dari ketiga jenis dongkrak diatas, jenis dongkrak botol dan buaya merupakan dongkrak yang sering mengalami masalah.



Selain untuk membantu buka cobot ban, terkadang dongkrak juga digunakan untuk mengangkat kendaraan pada ketinggian tertentu untuk mempermudah saat memperbaiki bagian bawah kendaraan. Untuk menambah wawasan anda bisa membaca 4 akibat menggunakan air mineral pada radiator mobil

Kelebihan dongkrak botol dan dongkrak buaya adalah bisa mengangkut beban yang cukup berat ketimbang dongkrak gunting. Bahkan dongkrat botol bisa mengkat beban hingga 2-3 ton bahkan lebih tergantung kapasitas dongkrak tersebut.

Untuk cara kerja dongkark ini menerapkan hukum pascal. Masih ingat ngak pelajaran fisika waktu smp dulu?? Dengan menerapkan hukum ini, membuat kinerja dongkrak ini menjadi lebih besar seiring dengan besarnya tabung yang dimiliki. Namun seperti halnya dengan alat lainya, dongkrak mobil juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi pada dongkrak antara lain adalah
  • Dongkrak tiba-tiba turun dengan sendirinya 
  • Tuas susah untuk dipompa
  • Piston dongkrak tidak bekerja secara oktimal, tiba-tiba macet dan tidak dapat turun
  • Dan permasalahan lainya
Jika salah satu masalah tersebut terjadi pada dongkrak botol dan dongkrak buaya yang anda miliki, anda tak perlu langsung mengantinya dengan yang baru. Anda bisa memperbaikinya kok dengan mengikuti toritorial berikut ini. cegidoott.....
Untuk langkah pertama cara memperbaiki dongkrak yang rusak adalah dengan membuka tutup oli hidrolik. Lalu perhatikan kondisi oli yang ada di dalamnya. jika oli pada dongkrak habis atau berkurang, anda bisa menambahkan oli hingga penuh. Untuk masalah oli anda bisa menggunakan oli mesin ataupun oli shockbreaker.





Saat proses pengisian oli berilah jeda agar oli bisa terisi sampai ke sela-sela tabung hidrolik. Agar oli cepat terisi sampai kesela-sela hidrolik, anda bisa memompa dongrak tersebut dengan gerakan pelan. Setelah oli turun ke bawah ada bisa mengisi oli kembali.lakukan langkah-langkah tersebut berulangkali hingga oli benar-benar penuh.

Jika oli masih dalam kondisi penuh dan kondisi oli masih sangat baik, ataupun sudah diganti dengan yang baru namun tetap tidak mau naik juga saat di pompa maka, coba perhatikan bagian katup in/outnya. Biasanya pada bagian ini, terdapat kotoran-kotoran yang menempel pada bagian katup sehingga bisa membuat siklus kerja hidrolis dapat terhambat dan kurang maksimal. Untuk itu, anda bisa membersihkan terlebih dahulu bagian katup ini kotoran-kotoran yang menempel benar-benar bersih. anda juga bisa membaca 8 cara mudah merawat AC mobil agar tetap dingin dan sejuk

Jika cara-cara diatas sudah anda terapkan namun belum bisa bekerja dengan maksimal, maka cara memberbaiki dongkrak yang lain adalah dengan cara mencoba membuka tuas pompa. Kemudian tarik plunger dan perhatikan kondisi seal-seal yang terdapat pada bagian ini. Jika kondisi seal sudah tidak baik, maka anda bisa menggantinya dengn seal yang baru. Untuk seal dongrak berbentuk bulan seperti cincin dan berbahan karet.

Perlu anda ingat, berhati-hatil pada sat pengambilan seal yang ada pada pump cylinder, karena didalamnya terdapat semacam bola kecil didalamnya. Sehingga usahakan agar bola-bola kecil didalamnya tidak ikut keluar.

Namun jika dongkrak masih belum bisa bekerja secara optimal seperti yang diinginkan, maka cobalah untuk membuka top nut. Kemudian cabut ram didalam ruang oli tersebut. Disana anda akan melihat seal rem, cobalah untuk memperhatikan apakah ada kerusakan pada seal tersebut. Jika mengalami kerusakan anda bisa mengantinya denagn seal yang baru.
Nah.. itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara memperbaiki dongkrak mobil yang rusak khususnya jenis dongkrak botol atau bottle jack dan jenis dongkrak buaya. Selain itu jangan lupa untuk melakuakan perawatan pada dongkrak mobil anda dengan cara melakukan pengantian oli hidrolik secara berkala. Perlu anda ingat, jangan gunakan dongkrak untuk menahan bebab terlalu lama atau untuk menggangkat beban yang melebihi kekuatan dongkrak tersebut. Karena hal tersebut dapat memperpendek usia dongkrak anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel