Cara Ampuh Menbersihkan Plafon Mobil Dari Kotoran Dan Jamur - Suryadidik.com


Cara Membersihkan Plafon Mobil - Ngomong-ngomong soal interior mobil, pasti tidak lupa dengan yang namanya plafon. Selain mempercantik interior mobil, fungsi plafon yang sebenarnya adalah untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari panas matahari. Bayangkan jika mobil anda tanpa plafon pasti suhu didalam kabin akan terasa panas terutama saat anda berkendara di siang hari.

Plaofon mobil merupakan bagian yang sering kali luput dibersihkan karena letaknya yang diatas dan cukup susah untuk membersihkanya. Meskipun cukup sulit untuk menghilangkanya, plafon mobil tetap harus dibersihkan dan harus dilakukan perawatan secara berkala agar kebersihan mobil anda tetap terjaga khususnya kebersihan dalam interior mobil. Jika mobil bersih tentunya kita akan nyaman saat mengendarainya. Selain membuat kurang nyaman saat mengendarainya, plafon yang kotor dan berjamur juga akan menganggu penampilan mobil anda khususnya pada bagian interior.

Terus apakah kita bisa membersihkan plofon mobil sendiri dirumah? sangat lah bisa, namun sebelum anda mengetahui cara menghilangkan noda dan jamur pada plafon mobil alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.


  • Asap Rokok, Mobil sebenarnya di desain dengan kabin yang tertutup rapat yang dilengkapi dengan AC untuk silkurasi udara didalam mobil. Selain membuat AC rusak, asap rokok yang mengepul juga membuat bau yang kurang sedap didalm kabin. Namun yang lebih parahnya asap rokok di dalam kabin juga akan mengakibatkan plafon mobil dan lama kelamaan plafon akan tumbuh jamur. Anda juga bisa membaca 8 cara merawat Ac mobil agar tetap dingin dan sejuk.
  • Memarkirkan Mobil dibawah Panas Matahari, Selain membuat cat mobil cepat kusam dan pudar, panas matahari juga bisa membuat plafon mobil cepat rusak. Kok bisa? mau tau jawabanya.. ini dia sedikit penjelasanya. Panas yang ditimbulkan dari matahari akan membuat suhu pada atap mobil langsung meningkat sehingga mengakibatkan plafon akan langsung menyerap suhu panas dari atap. Dan hal ini yang dapat membuat plafon mobil anda cepat kusut.
  • Tangan Kotor, Penyebab noda pada plafon yang terakhir adalah tangan yang kotor. Entah tangan itu terkena oli ataupun noda makanan dan kita tidak sengaja menyentuh plafon tersebut  tomatis noda yang menempel pada tangan akan beralih menempel ke plafon yang anda sentuh.
  • Terkena Cat, Biasanya hal ini terjadi saat anda melakukan pengecatan dan secara tidak sengaja cat tersebut mengenai plafon mobil tersebut.
Dari keempat penyebab diatas, tentu noda yang dihasilkan akan berbeda pula. Sehingga teknik dan cara pembersihanya pyn berbeda-beda. Sebelum kita melakangkah ke tahap pembersihan, anda harus menyiapkan pralatanya terlebih dahulu seperti:

1. Sikat Gigi, pilihlah sikat gigi yang beberbulu lembut. Hal ini dukarenakan jika menggunakan sikat gigi yang berbulu kasar akan merusak struktur dari matrial plafon tersebut.

2. Kain Lap atau Tissue, gunakanlah kain lap yang bersih dan kering. Jika menggunakan kain kotor saat membersihkan plafon, noda kotor pada kain malahan akan menambah kotor pada plafon mobil anda. Selain menggunakan kain anda juga bisa menggunakan tissue.

3. Cairan Pembersih, Untuk maslah cairan pembersih anda bisa membeli ditoko-toko aksesoris mobil atau anda juga bisa membeli di toko online. Namun, jika tidak mau ribet, kita juga bisa kok membuat cairan pembersih palofon sendiri dengan cara mencampurkan cairan pencuci piring dan pembersih jamur (pembersih lantai atau WC )

Untuk caranya, campurkan kedua bahan detergen tersebut dengan takaran satu bandng satu digelas yang sudah terisi air, aduk hingga air dan detergen bercampur jadi satu. Perlu anda ingat, tuangkan air sedikit saja atau secukupnya saat mencampurkan datergen. Hal ini bertujuan agar detergen bekerja secara maksimal saat digunakan untuk membersihkan plafon.

Setelah tercampur dengan rata, pisahkan busa dengan cairan pembersih hingga benar-benar tidak ada kandungan busa. Mengapa demikian?? karena busa merupakan hasil reaksi antara deterjen dengan air, jika detergen bercampur dengan busa dipakai untuk membersihkan noda pada pada plafon mobil maka akan sulit untuk menghilangkanya.

Berikut ini adalah cara membersihkan plafon mobil dari kotoran dan jamur

Untuk langkah awalnya, alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk menganalisa jenis kotoran apa yang menempel pada plafon mobil. Jika noda tersebut kering, anda bisa menghilangkan noda pada plafon tersebut menggunakan kanebo atau tissu basah. Namun, jika plafon mobil anda berbahan beludru anda harus hati-hati dan menggunakan cara yang tepat untuk membersihkanya. Karena sifat kain beludru jika terkena air akan menjadi lembap dan plafon mobil anda pun akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Maka dari itu untuk cara menghilangkan nodapada plafon mobil yang berbahan beludru anda bisa menggunakan sikat gigi yang kering dan lembut. sikat noda tersebut dengan gerakan perlahan agar tidak membuat plafon mobil anda menjadi rusak. anda juga bisa membaca 4 cara mudah memperbaiki mobil yang penyok

Bagaimana jika noda pada plafon tersebut tidak kunjung hilang? itu berarti noda yang menempel pada plafon mobil anda termasuk noda yang membandel. Terus bagai mana cara menghilangkanya? untuk cara menghilangkanya anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini. cegiidoott
  • Untuk langkah pertama celupkan sikat gigi ke cairan pembersih yang sudah kita ulas cara membuatnya diatas tadi.
  • Kemudian sikat bagian plafaon yang terdapat noda, jika plafon mobil anda berbahan beludru atau kain yang lembut anda bisa menyikatnya dengan gerakan searah. Namun untuk plafon yang berbahan fabric atau leather anda bisa menyikatnya dengan gerakan memutar. 
  • lakukan penyikatan hingga muncul lapisan pembersih pada area plafon yang kotor. Jika noda pada plafon belum hilang, anda bisa mencelupkan kembali sikat ke cairan pembersih tadi.

  • Jika noda pada plafon sudah hilang, anda bisa membersihkan sisa-sisa deterjen menggunakan kain yang bersih atau anda juga bisa menggunakan tissu. Perlu anda ingat, jangan gunakan kain yang kotor saat membersihkan plafon. Ini bertujuan agar noda kotor pada kain tidak berpindah ke plafon anda.
Untuk cara membersihkan plafon mobil dari noda cat, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Siapakan terlebih dahulu kain yang bersih dan tinner secukupnya. Untuk tinner anda cukup menggunakan tinner A yang dijual di toko cat terdekat.
  • Kemudian basahi plafon yang terkena cat dengan tinner secukupnya. Setelah terkena tinner bersihkan noda cat menggunakan kain yang bersih. Perlu anda ingat, tinner bersifat cepat mengguap maka anda harus cepat membersihkanya.
  • Jika kain yang anda gunakan sudah kotor terkena cat, ganti dengan kain yang baru. Ini bertujuan agar noda cat pada kain tidak mempel kembali ke plafon.
  • Ulangi ketiga langkah tersebut hingga noda cat yang menempel pada plafon benar-benar hilang.

Nah..demikianlah Ulasan Cara Ampuh Membersihkan Plafon Mobil dari Kotoran dan Jamur. Semoga artikel yang sudah anda baca tadi bisa bermanfaat untuk anda semua. Tetap stay di suryadidik.com karena disana banyak tips-tips menarik lainya.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel