7 Penyebab Mobil Ngebul Yang Wajib Anda Ketahui - Suryadidik.com


Penyebab mobil ngebul - Pada umunya mobil mengeluarkan emisi yang dihasilkan dari pembakaran mesin. Emisi yang dihasilkan merupakan gas CO, namun gas tersebut tidak memiliki warna. Lantas apa jadinya jika yang keluar dari knalpot asap yang berwarna putih bahkan asap hitam? apa penyebabnya? yuuk simak ulasanya berikut ini cegidoot..

Mesin mobil pada umunya menggunakan bahan bakar minyak kecuali mobil listrik lo yaa. proses perubahan energi dari minyak ke energi gerak dilakukan dengan proses pembakaran dari dalam mesin. Sehingga emisi kendaraan pasti akan ada dan tidak mungkin akan dihilangkan kecuali mobil anda menggunakan teknologi electric vehicle.

Namun, yang jadi pertanyaan saat ini adalah apakah normal apabila asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam pekat atau putih, apakah itu yang disebut dengan mobil ngebul?

Tentunya, mobil sudah dirancang agar ramah lingkungan dan sesempurna mungkin. pembakaran yang sempurna akan menghasilkan emisi berupa gas carbon dan uap air tanpa warna atau trasparan. sehingga jika mobil anda mengeluarkan asap hitam pekat atau putih menandakan bahwa mesin ada yang tidak beres.

Permasalahan apa yang terjadi jika mobil ngebul ??

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil mengeluarkan asap putih maupun hitam., salah satunya karena ada kerusakan pada injektor atau kebocoran oli. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan mobil ngebul atau mengeluarkan asap putih.



1. Kebocoran oli dari katup

Valve sindiri memiliki fungsi untuk membuka tutup saluran intake/exhauts menuju ruang bakar. Untuk bagian ujung katup dan batang kabut terletak dibagian dalam silinder. Sementara untuk daun katup berada di diruangan intaxe.

Itu artinya pada bagian dalam silinder yang penuh dengan oli harus disekat dengan seal karet agar oli tidak memasuki saluran intake/exhaust. Lalu bagaimana jika seal katup mengalami keruskan ?? jika mengalami kerusakan oli dari kepala silider otomatis akan mengalur masuk ke saluran intake dan akan terhisap keruang bakar dan ikut terbakar. anda juga bisa membaca 10 cara mudah mengetahui ciri-ciri mobil bekas tabrakan

Terbakarnya oli inilah salah satu faktor yang menyebabkan mobil mengeluarkan asap putih seperti motor 2 tak. Seal katup bisa rusak karena beberapa hal, salah satunya adalah fakroe umur. Selain itu karena adanya gerakan katup yang naik turun yang akan selalu menggesek seal, jika kondisi seal getas maka akan mudah retak yang berujung pada kebocoran.

2. Kebocoran oli dari silinder.

Penyebab mobil ngebul ke 2 adalah adanya kebocoran oli dari silinder. KIta semua pasti sudah tahu bahwa bagian bawah piston adalah bak penampung oli yang terisi dengan oli mesin dan oli akan bergejolak karena putaran poros engkol. Untok mobil yang umur diatas 5 tahun khusnya, biasanya linner sudah mulai tergerus.

Tergerusnya blok silinder ini akan memperbesar diameter silinder, yang berakibat ring piston menjadi lebih mengembang, dan berimbas pada besarnya gap ring piston.

3. Kebocoran oli dari gasket kepala silinder

Kebocoran oli mesin juga bisa berasal drai gasket antara kepala silinder dan blok silinder. Emang gasket itu apa ?? gasket adalah lapisan perapat yang merapatkan blok mesin dengan kepala silinder atau bias disebut dengan perpak.

Dengan adanya perpak ini, mengurangi tekanan kompresi, air pendingin dan oli mesin tidak tercampur. Namun, jika ada bagian perpak yang sudah rusak apalagi bagian yang rusak itu melewati jalur oli feed didalam blok mesin maka oli bisa merembes atau meluber mengikuti jalur kerusakan gasket. jika sampai ke ruang bakar oli ya akan ikut kebakar dan hasilnya kenalpot mobil akan mengeluarkan asap.


4. Kerusakan pada injektor mesin

Asap hitam terjadi karena campuran bahan bakar yang terlalu kaya. memang, kasus ini jarang terjadi pada mobil yang berbahan bakar bensin, tapi untuk mesin diesel konvensional ataupun commonrail ini kerap terjadi.

Pengeluaran bahan bakar yang terlalu banyak akan menghasilkan pembakaran yang kurang sempurna. Sehingga menghasilkan emisi berupa gas NOx dan pada mesin diesel akan ada DPM (Diesel Particulate Matter) yang berwarna pekat. Kejadian ini bisa terjadi karena pada ujung injektor jebol atau rusak sehingga bahan bakar tidak terkontrol saat keluar.

Hal ini lah yang menyebabkan campuran tidak ideal pada karburator. Ini terjadi pada mobil-mobil yang belum mengusung teknologi EFI, dimana campuran bensin didalam karbu tidak seimbang.

5. Kerusakan PVC system

Positif crankcase ventilation (PVC) merupakan sebuah saluran yang menghubungkan ruang engkol (crankcase) dengan intake manifold. Fungsi saluran ini adalah untuk memberikan ventilasi bagi ruang engkol agar tekananya stabil. Ini karena saat piston bergerak naik turun akan ada daya dorong  pada area bawah piston yang meningkatkan tekanan udara didalam crankcese.

Untuk menstabilkan tekanan ini maka diberilah saluran ke saluran air induction agar nantinya uap dari oli yang terbentuk didalam crankcase dapat terbakar. Sebelumnya, ada komponen PVC separator yang terketak ditengah saluran PVC fungsinya untuk mencegah oli cair ikut keluar ke PVC.

Kejadian rusaknya separator ini akan mengakibatkan oli bisa masuk kedalam air induction system yang terhubung langsung dengan ruang oenbakaran. Akibatnya, mobil akan mengelurakan asap berwarna putih hingga warna hitam pekan akan muncul.

6 Keruskan Exhaust Threatment

Exhaust threatment terdiri dari catalytic converter dan ERG pada mesin diesel. Untuk fungsinya meringankan emisi yang dihasilkan mesin mobil tersebut. Melalui catalytic converter gas NOx yang terbentuk dari pembakaran akan diserap sehingga keluar ke mufler dalam kondisi bersih. Sementara untuk ERG akan memutar kembali gas buang yang mengandung sebagian solar ke intake manifold.

Terbayang kan jika kedua komponen ini rusak atau justru malah sengaja dilepas maka akan menimbulkan emisi yang lebih buruk. Jangan salah, demi menambah power mesin ada banyak orang yang sengaja melepas catalytic dan ERG. Tetapi percuma kan mendapatkan power mesin yang full namun tidak ramah lingkungan.

7. Kebocoran Oli pada Turbocharge

Sekarang komponen turbo tidak hanya ada pada mesin diesel, namun mesin yang berbahan bakar bensin yang mengusung kompresi tinggi juga memiliki turbocharge sebagai salah satu air induction system karena memang sistem dongkrakan tenaganya cukup baik. Turbo bekerja dengan memanfaatkan gas buang untuk memutar kompresor yang menekan udara kedalam intake manifold.

Saat mesin hidup pasti banyak komponen yang saling bergesekan, maka sistem turbo juga membutuhkan pelumas. Biasanya pelumas diambil dari oli mesin dan kebocoran oli dari turbo sering pula terjadi. Ini dikarenakan suhu kerja turbo yang lebih tinggi serta turbinya bisa berputar dalam kecepatan yang tinggi akan menimpulkan resiko kebocoran oli.

Oli yang bocor akan masuk ke saluran exhaust akan terbuang, dan mengendap pada mufler. sementar jika oli masuk kedalam ruang bakr dn ikut terbakar. Maka hal tersebutlah yang menyebabkan mobil ngebul mengeluarkan asap hitam. anda juga bisa membaca cara mudah memperbaiki dongkrak yang rusak 100% berhasil

Jika saat ini mobil anda ngebul atau mengeluarkan asap putih dari knalpot alangkah baiknya anda bisa membawanya langsung ke bengkel agar masalah pada mesin mobil tidak bertambah parah.

Nah.. demikianlaah ulasan 7 penyebab mobil ngebul Semoga artikel diatas dapat menambah wawansan dan bermanfaat untuk anda semuanya. tetap stay di suryadidik.com


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel