Penyebab Transmisi Mobil Manual Keras Dan Cara Mengatasinya


Transmisi Mobil Manual Keras - Memiliki tanda ada masalah merupakan idaman semua sobat otomotif. Namun seiring berjalanya waktu dan usia mobil tersebut, masalah akan mulai datang satu persatu baik itu masah dari mesin maupun msalah dari bodi mobil. Salah satu masalah mobil yang sudah berumur adalah masalah pada transmisi mobil.

Persneling terasa keras saat oper gigi bisa ditemukan pada mobil transmisi manual baik berpengerak roda dua belakang ataupun pengerak roda depan terutama pada mobil jenis sedan ataupun mobil MPV.

Transmisi terasa keras saat digerakan ini terkadang hanya pada posisi gigi tertentu atau semuanya bisa pindah gigi perseneleng.

Perseneleng terasa keras saat tuas transmisi digerakan untuk memindahkan gigi dan pergerakanya yang terasa berat atau keras ini biasanya terjadi saat tuas transmisi digerakan maju maupun mundur dari posisi gigi netral.

Emang penyebab persneleng mobil terasa keras itu apa sih? karena jika tidak segera diatasi tangan kita akan terasa pegal semua saat memindahkan gigi.

Penyebab tuas transmisi atau tuas persneleng keras.

Penyebab persneleng mobil keras ini dikarenakan tali tuas transmisi atau cable assy transmission control terdapat kotoran, yang menghambat pergerakan kabel saat tuas transmisi digerakan.

Berikut ini adalah 2 cara mengatasi tuas transmisi keras saat dipindahkan :
  • Mengganti Cable Assy Transmission Control
  • Memperbaikinya dengan cara membersihkan kotoran yang menghambat pergerakan kabel transmisi.
Untuk mengatasi atau memperbaiki tuas persneleng mobil yang keras ini, kalau memang memungkinkan tanpa melepas kabel tuas transmisi itu akan lebih baik karena akan menghemat weaktu anda. Namun, jika tidak memungkinkan anda harus melebas kabel tuas transmisi terlebih dahulu.




Biasanya yang menyebabkan kerasnya tuas transmisi ini karena terbentuknya kotoran dari grease yang mulai mengering dan terdapat pada ujung kable tersebut.

Untuk cara membersihkan kotoran yang menyebabkan transmisi keras saat digerakan, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Tarik boot ujung kabel dan tahan menggunaka kleman atau catut.
2. Anda bisa menyemprotkan Anti Karat Mobil dan sambil kabel ditarik-tarik.


3. Sementara untuk bagian kabel yang dekat dengan tuas TM tidak terdapat karet boot, jadi anda tinggal memberi cairan anti karat sambil di tarik-tarik agar anti karat bisa masuk ke celah kabel.

Lakukan pemberian anti karat secara berulang-ulang sampai tali tuas transmisi atau kabel transmisi terasa ringan saat ditarik. Selain menggunkan cairan anti karat anda juga bisa memnggunakan oli untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kabel transmisi.

Naah Demikianlah tadi ulasan cara mengatasi transmisi mobil manual keras saat mengoper gigi. Semoga artikel diatas dapat membantu anda. Tetap stay di suryadidik.com dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel