5 Penyebab Mobil Keluar Asap Dari Kap Mesin - Suryadidik.com


Penyebab mobil keluar asap dari kap mesin - Sebagai pemilik mobil tentunya selalu menginginkan mobilnya awet dan tanpa ada masalah. Dengan perawatan yang rutin tentunya akan membuat performa mobil akan selalu stabil bahkan akan terhindar dari resiko-resiko kerusakan yang bisa saja terjadi pada mobil anda.

Namun, meski sudah melakukan perawatan mobil secara rutin dan benar terkadang akan ada saja masalah yang datang tak dijemput pulang tak diantar. Hah.. Jalakangkung dong๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Kerusakan-kerusakan tersebut tentu saja dapat membahayakan mobil dan keselamatan anda saat berkendara. salah satu masalah yang datang dan tak terduga adalah mobil mengeluarkan asap dari kap mesin. Jika masalah ini terjadi pada mobil anda tidak usah panik terlebih dahulu. Anda cukup mematikan mesin mobil dan cari tahu penyebab terjadinya keluar asap kemudian cari solusi permasalahan tersebut.

Berikut ini adalah penyebab mobil mengeluarkan asap dari kap mesin yang harus anda ketahui :



1. Kebocoran Oli

Penyebab mobil mengeluarkan asap dari kap mesin yang pertama adalah terjadinya kebocoran oli pada mesin anda.

Tapi oli mesin kan tertutup rapat dan tempatnya didalam, bagaimana oli bisa terbakar dan keluar asap?

Setelah diselidiki ternyata kasus ini terjadi karena adanya ceceran oli ataupun tumpahan oli pada bagian mesin. Biasanya ini bisa terjadi setelah penggantian filter oli akan ada tumpahan oli disekitar rumah filter oli.

Selain itu, kasus terjadinya kebocoran oli ini biasanya terjadi pada mobil yang usianya cukup lama, namun tidak menutup kemungkinan mobil baru pun bisa terjadi kebocoran oli. Kebocoran oli bisa saja disebabkan faktor lain misalkan karena penyekat oli atau bisa disebut seal oli yang sudah keras. seal tersebutlah yang menyebabkan oli bisa memrembes keluar. Ketika mesin dalam keadaan panas lalu terkena rembesan oli inilah yang menyebabkan oli terbakar dan mengeluarkan asap berwarna putih.


Terus berbahaya tidak jika oli terbakar dan mengeluarkan asap dari kap mesin ?

Tentu saja oli yang terbakar dan mengeluarkan asap akan sangat berbahaya jika didiamkan terus menerus. Sehingga akan lebih baik untuk segera membawa mobil anda ke bengkel terdekat jika sudah terjadi masalah seperti ini.

Cara yang terbaik untuk mencegah kerusakan ini dapat terjadi, adalah dengan melakukan perawatan secara rutin pada bagian sirkulasi bahan bakar serta oli mobil. Dan jika tercium bau bensin disekitar mesin mobil, maka segeralah cari sumbernya dan kemudian segera perbaiki.

2.Kebocoran pada Radiator

Penyebab terjadinya mobil keluar asap dari kap mobil yang ke 2 adalah adanya kebocoran pada radiator mobil. Selain membahayakan, radiator mobil yang bocorjuga akan menguras air yang ada didalam radiator ataupun mengurangi volume air yang ada didalamnya.

Jika volume air ataupun cairan yang ada didalam radiator menjadi berkurang, tentu saja akan menyebabkan kemampuan radiator menjadi berkurang untuk mendinginkan mesin. sehingga mesin mobil menjadi lebih cepat panas atau overheating. Anda juga bisa membaca 4 akibat menggunakan air mineral pada radiator mobil

Untuk penanganan sementara jika radiator mengalami kebocoran, lakukan pengisian air khusus radiator saat mesin sudah mulai dingin. Perlu anda ingat berhati-hatilah saat membuka tutup radiator janagan sampai anda terkena percikan cairan radiator yang masih panas dan yang pasti jika terkena kulit akan melepuh.

Cara yang tepat jika ingin membuka tutup radiator adalah dengan memutar sedikit tutup radiator, biarkan suhu panas pada radiator keluar sedikit demi sedikit kemudian anda bisa langsung membukanya. Kalau diibaratkan seperti membuka minuman bersoda jika tidak hati-hati saat membukanya minuman bersoda tersebut malahan akan meledak.

3. Korsleting Listrik

Terjadinya krosleting arus listrik yang terjadi pada mesin kendaraan juga dapat menimbulkan asap yang keluar dari kap mesin mobil anda. krosleting listrik ini akan menimbulkan suhu yang panas di sekitar korselting, apabila ada bahan yang berbahan plastik seperti kulit kabel maka akan terbakar dan mengeluarkan asap dengan bau yang khas (bau plastik terbakar).

Korsleting listrik ini sedikit sulit terdeteksi karena asap akibat korsleting ini sangat minin namun efek yang ditimbulkan akan cukup besar. Sehingga kalau anda mencium bau plastik terbakar saat sedang mengemudi, maka segeralah pinggirkan kendraan anda dan lakukan pengecekan. Anda juga bisa membaca cara mudah merawat cat mobil agar mengkilap seperti baru

4. Mesin Overheat

Penyebab mobil keluar asap dari kap mobil selanjutnya adalah karena mesin terlalu Overheat. Overheat merupakan kondisi dimana kondisi mesin melebihi suhu kerjanya dalam waktu yang cukup lama. Overheat ini bisa disebabkan dari berbagai hal, tapi jika mesin mobil anda mengalami overheat biasanya akan muncul beberapa gejala.

Seperti temperatur suhu pada kabin ikut naik, dan bila dibiarkan terus menerus maka akan ada kepulan asap putih dari dalam kap mesin. Asap ini berasal dari cairan coolant atau air pendingin yang terbakar oleh panasnya mesin. Asap karena overheat ini memiliki kuantitas yang cukup banyak sehingga saat anda membuka kap mesin, asap akan langsung mengepul dari dalam mesin.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mematikan mesin mobil terlebih dahulu dan segera menghubungi tenaga yang ahli untuk melakukan pengecekan mobil anda.

5. Pemasangan Aksesoris yang Kurang Tepat

Penyebab terakhir yang membuat asap muncul dari kap mesin mobil adalah dikarenakan pemasangan aksesoris yang kurang tepat. Biasanya asap yang muncul akan dibarengi dengan percikan api. Penyebabnya sendiri biasanya terjadi karena pemasangan kabel yang kurang tepat, terlalu banyak sambungan pada kabel dan hal yang lainya yang dapat memicu munculnya asap dari kap mesin mobil.

Kesumpulanya adalah jika saat berkendara tiba-tiba ditengah jalan mobil mengeluarkan asap dari kap mesin maka jangan panik terlebih dahulu. Pinggirkan mobil ditepi jalan dan matikan mesin mobil dan beberapa waktu hingga suhu pada mesin mulai menurun.  

Kemudian cek bagian mesin mobil anda untuk mengetahu kerusakan yang terjadi. Jika kerusakanya dirasa cukup ringan dan dapat ditangani sendiri, anda bisa melakukan penanganan sementara agar bisa melanjutkan perjalanan sampai tujuan.

Jika anda tidak mengetahui tentang mesin mobil, segera hubungi bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan. jangan mencoba untuk menjalankan mobil disaat kondisi mobil seperti ini karena dapat memicu mobil terbakar.

Alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan anda bisa melakukan pengecekan bagian mesin mobil terlebih dahulu untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan ditengah jalan.

Demikianlah ulasan tentang 5 penyebab mobil keluar asap dari kap mesin mobil. Tetap stay di suryadidi.com karena disana banyak tips&trik menarik lainya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel