Penyebab Cat Mobil Bergelembung dan Cara mengatasinya


Penyebab Cat Mobil Bergelembung - Kendaraan mobil khusnya roda 4 sekarang ini memang tengah membludak khususnya di Negara kita ini. Bahkan saat ini jalanan dibuat macet karena banyaknya orang yang menggunakan mobil pribadi untuk berpergian.

Tak heran jika saat ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk merawat mobilnya agar selalu tampil maksimal saat dibawa. Perawatan sendiri bisa mulai dari pengecekan mesin secara berkala, hingga melakukan sesuatu yang dapat mempercantik penampilan mobil seperti melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil.

Tujuan pengecetan mobil yaitu untuk menambah variasi warna atau memang ada bagian yang harus di cat ulang akibat terkena goresan atau bodi mobil mengalami penyok. Sayangnya tidak semua hasil pengecetan sesuai yang kita harapkan.

Terkadang setelah kita selesai proses pengecatan justru malah terdapat kecacatan pada permukaan cat mobil. Salah satu masalah yang timbul setelah selesai cat fhinishing adalah cat mobil bergelembung. Jika sudah terjadi masalah seperti ini tentunya kita akan mengulangi proses pengecatan ulang kembali. Selain membuat lelah, mengulangi pekerjakan merupakahn pekerjaan yang sangat membosankan.

Lantas apa yang menyebabkan cat mobil timbul gelembung-gelembung ?



Penyebab cat bergelembung bisa terjadi karena kualitas cat yang digunakan atau kesalaan saat proses pengecatan. Terus bagaimana cara mengatasinya jika cat mobil timbul bercak gelembung? Nah.. Berikut ini adalah ulasan dan cara mengatasinya. cegidoottt...

Campuran pernis dengan tinner kurang pas atau tidak tepat

Penyebab cat mobil menimbulkan gelembung yang pertama adalah tinner yang tidak dapat menguap secara sempurna saat pernis mulai mengering. Untuk itu sebelum melapisi cat dengan pernis, bersihkan terlebih dahulu permukaan cat secara keseluruhan dan pastikan tidak ada debu atau binatang kecil yang menempel.  Anda juga bisa membaca cara mudah menghilangkan cat mengkerut atau kriting

Ketika anda mencampurkan pernis dengan tinner aduk sampai rata, jangan sampai terdapat busa-busa halus bekas adukan. Jika terdapat busa hilangkan terlebih dahulu busa-busa tersebut dengan cara mendiamkan hingga 2-3 menit dan pernis siap untuk di semprotkan.


Untuk menghindari pernis leleh, lakukan  proses pernis tipis-tipis terlebih dahulu. Anda cukup menyeprotkan pernis dua sampai tiga lapis agar pernis terlihat sempurna.

Perlu anda ingat, Lakukan proses pernis seketika saat proses pengecatan selesai. Mangsudnya gini lo sob..bila hari ini melakukan pengecatan dan proses pernis dilakukan besok sudah dipastikan pernis akan cepat rusak atau mengklupas.

Hawa panas yang kurang merata

penyebab cat mobil timbul bercak gelembung selanjutnya yaitu hawa panas yang tidak merata. setelah penis dan tinner tercampur pastikan saat proses pernis dalam cuaca yang panas agar nantinya cat tidak timbul bercak gelembung.


Proses pengecatan kurang tepat

penyebab yang ke tiga adalah proses pengecatan yang tidak tepat, hal ini memang berarti murni kesalahan mekanik cat mobil tersebut. Kesalahan ini terjadi karena si tukang cat tersebut masih tahap belajar atau kesalahan mekanik cat yang tidak disengaja.


Untuk itu sebelum membawa mobil ke bengkel cat, pastikan terlebih dahulu bengkel cat tersebut memiliki tenaga yang benar-benar ahli dalam bidang pengecatan atau tidak . Agar nantinya anda mendapatkan hasil cat yang sempurna dan seperti yang anda inginkan.

Cat terlalu kental dan tebal

Penyebab cat mobil timbul bercak gelembung yang sering terjadi yaitu karena cat terlalu tebal yang justru akan meleleh dan membentuk pola seperti tetesan air mengalir. Hal ini biasanya terjadi karena tekakan udara pada spray gun tidak terlalu kencang.


Pengamplasan yang kurang bersih

Ini biasanya terjadi saat proses pendempulan ulang. jika proses pendempulan tanpa dilakukan pengamplasam terlebih dahulu atau pengamplasan yamg kurang bersih dapat dipastikan cat mobil akan bergelembung dengan cepat. anda juga bisa membaca 7 cara sederhana menghilangkan jamur pada kaca mobil


Alangkah baiknya sebelum melakukan proses pendempulan, amplas terlebih dahulu bagian yang ingin di dempul. Pengamplasan ini bertujuan agar jamur, kotoran dan karat akan menghilang.

Demikianlah tadi ulasan tentang penyebab cat mobil bergelembung dan cara mengatasinya. Semoga artikel bisa bermanfaat dan bisa membatu mengatasi masalah pada mobil anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel