Tips Mudah Menyambung Cat Lama Dan Baru Biar Sama - Suryadidik.com


Cara menyambung cat lama dan cat baru biar sama - Halo sobat otomotif.. jumpa lagi ni sama suryadidik.com dan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi teknik atau tips Cara menyambung cat lama dan baru agar sama langsung saja mari kita simak bersama ulasanya.

Cara menyambung cat lama dengan cat baru biar sama merupakan teknik yang harus dikuasai para mekanik cat baik saat mengecat mobil klasik ataupun mobil terbaru. Bagi anda yang baru mengenal dunia cat atau mekanik cat yang baru alangkah baiknya anda harus menguasai teknik menyambung cat agar kelak tidak di komplain para pelangganya. Repot juga kan nanti jika ada konsumen marah-marah karena sambungan catnya terlihat.

Nah.. agar tidak ada emak-emak yang ngomel.. essttt mangsudnya pelanggan yang ngomel๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
Anda bisa mencoba teknik dibawah ini agar saat melakukan pengecatan cat lama dan cat baru biar sama dan tidak ada garis bekas clear. Berikut adalah ulasanya..

Tahapan dasar cara menyamakan cat baru dan lama agar nyambung dan tahan lama.

Jika melakukan pengecatan mobil klasik atau mobil lama anda terlebih dahulu harus mengenali jenis dan merek catnya. Ini bertujuan agar saat proses pengecatan dapat berjalan dengan cepat dan mudah. Kalau mobil baru atau mobil non klasik itu sih tergolong mudah, karena pabrikan sudah mencantumkan  merek atau jenis cat pada kabin mobil tersebut. Malahan terkadang mobil baru sudah diberikan sempel cat atau cat cadangan sewaktu kita membeli mobil di dealer tersebut.

Jika kita kesulitan mendapatkan merek cat lama, maka kita harus mencari merek cat yang lainya dengan cara mencocokan kertas sampel cat satu persatu dengan menempelkan ke bodi mobil yang akan kita cat. Disini kita harus memiliki kejelian mata untuk menggamati warna dengan cermat agar mendapatkan warna yang pas. Anda juga bisa membaca cara mudah menghilangkan dan mengatasi cat mengkerut atau kriting

Agar tidak salah dalam memilih warna, anda harus melihat sampel cat dengan cat mobil dari sudut pandang yang berbeda. Karena terkadang cat yang sama kalau dilihat dari sudut pandang lurus tetapi saat dilihat dari samping cat akan berbeda. Alangkah baiknya pastikan sampel kertas cat warna sama dengan warna cat mobil meskipun dilihat dari sudut pandang manapun. Dan perlu anda ingat pastikan saat mencocokan warna terkena panas matahari langsung. Bila anda mencocokan warna ditempat yang tebuh atau tidak terkena panas matahari maka akan sulit untuk menemukan warna yang cocok.

Jika masih belum menemukan cat yang sama, maka jalan terakhir adalah kita harus mengoplos cat berbagai warna untuk menjadikan warna yang sesuai dengan warna cat mobil yang akan dicat. Teknik penyampuran atau perpaduan warna ini ada pada pelajaran IPA waktu smp hayooo.. masih ingat ngak ni pelajaran SMP..

Perlu anda ingat, Jangan mencampurkan atau mengoplos cat yang mempunyai warna-warna candy karena bahan cat candy akan cepat pudar dan tentunya akan merugikan para konsumen kita.

Jika tidak mau ribet atau belum mahir dalam bidang pengoplosan warna, anda bisa mengoploskan cat di tukang khusus oplos cat mobil yang kini sudah banyak para tukang oplos cat.

Setelah mendapatkan warna yang pas, agar cat lama dan cat baru bisa nyambung perhatikan juga bahan pelarut cat atau tinner. Gunakanlah tinner dengan kualitas yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal dan cat lamanya akan tersambung dengan cat yang baru kita semprot.

Jika media yang ada cat cukup luas, alangkah baiknya anda bisa menyemprotkan poksi terlebih dahulu agar cat bisa menempel secara maksimal. baca juga Tips Mudah Menghilangkan Clear Atau Pernis Yang Leleh

Untuk langkah yang terakhir dan merupakan tahapan yang sangat penting dan menentukan hasil proses penyamaran bekas sambung antara cat lama dengan cat baru agar menyatu. Berikut ini adalah tekniknya :

Jika anda ingin mengecat bagian pintu mobil dan yang ingin anda cat hanya sedikit atau cuman dicat hanya setengah dari bagian seluruh pintu maka anda harus melakukan pernis dibelakang amplasan agar sambungan cat lama dengan cat baru tidak akan terlihat.

Dibelakang amplasan ?? maksudnya gimana nii om ???

Gini loo mangsudnya, amplas seluruh bagian cat pintu mobil hingga warna cat berubah menjadi doff. Begitupun juga jika anda ingin melakukan pengecatan kap mobil, amplas seluruh bagian kap mobil.



Terus apakah bekas amplasan bisa hilang ??

sobat tenang saja bekas amplasan akan hilang dan mengkilap kembali setelah anda menngosoknya dengan kompon.

Gunakanlah amplas halus nomor 2000 jangan menggunakan amplas nomor lainya jika amplas yang anda gunakan terlalu kasar, maka bekas amplasan akan terlihat saat cat di poles ulang kembali.
Anda bisa membaca  Cara Mempoles Mobil Agar Mengkilap Seperti Baru

Setelah teramplas dengan rata, anda bisa langsung pelakukan proses pernis pada cat baru ingat penyemprotan pernis harus dibelakang amplasan lakukan pernis 2 sampai 3 lapis agar hasilnya maksimal. Setelah proses pernis selesai, maka inilah teknik yang terpenting agar sambungan cat lama dan cat baru hilang yaitu dengan menyemprotkan tinner PU atau tiner bakar di bagian sambungan pernis. Anda bisa menyemprotkan tinner PU 2 sampai 3 kali lapisan. Jika sambungan pernis di semprot menggunakan tinner biasa maka sambungan pernis akan sulit untuk dihilangkan bahkan malah tidak bisa hilang.

Saat proses pernis gunakanlah tinner bakar (PU) atau anda bisa menggunakan tinner yang satu paket dengan clear. Jika anda menggunakan tinner A atau tinner biasa untuk campuran pernis maka cat akan kurang mengkilap dan sambungan cat akan terlihat.

Setelah pernis kering anda bisa langsung melakukan proses pemolesan. Biasanya pernis akan kering setelah 5 jam namun tergantung anda menggunakan pernis merek apa karena beda merek beda pula waktu keringnya.

esstt...Ada yang lupa๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€  Sebelum melakukan proses pemolesan, amplas terlebih dahulu hingga cat terasa halus menggunakan amplas nomor 2000. Lakukan pemolesan hingga sambungan cat baru dan cat lama tidak terlihat. Agar hasil pemolesan maksimal lakukan pengamplasan hingga pernis yang mengkilap menyadi doff.  Dengan pemolesan yang maksimal maka cat mobil juga akan mengkilap secara maksimal. Seperi mobil baru dah pastinya heehee....

Rebet juga kan tekniknya heheee... Namun jika anda tidak mau mengambil resiko anda bisa memyemprotkan pernis diseluruh bagian untuk menghindari sambungan cat lama dengan cat baru. Namun cara ini tergolong boros matrial sehingga anda harus menggeluarkan budget yang lebih untuk membeli cat dan pernis.

Demikianlah ulasan teknik cara menyambung cat lama dan cat baru biar sama. Semoga bermanfaat khususnya buat anda yang baru terjun didunia pengecatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel