Cara Mudah Membersihkan Jamur Pada Karet Kaca Mobil - Suryadidik.com


Cara membersihkan jamur pada karet kaca mobil - Pada dasarnya semua mobil jika masih baru pasti akan terlihat bersih dan mengkilap. Namun seiring berjalanya waktu dari tahun ketahun jika kita tidak rutin untuk melakukan perawatan masalah satu demi satu akan bermunculan.

Selain masalah pada mesin dan bodi mobil masalah juga timpul pada interior mobil. Salah satu masalah yang timbul pada mobil yang sudah cukup tua adalah menempelnya jamur pada karet kaca mobil. Selain pada karet kaca jamur dan kerak juga timbul pada keret-karet pintu maupun karet lainya.

Lantas bagaimana cara membersihkan jamur pada karet kaca ??



Terkadang beberapa memilik kendaraan mengambil jalan pintas atau jalan mudah ketika karet kaca mobil sudah mulai kering atau kotor. Umunya agar karet kaca mobil terlihat hitam mereka cukup mengoleskan semir. Namun cara tersebut akan menambah masalah pada karet mobil, cairan semir jika dioleskan secara terus menerus maka akan membuat karet kaca mobil malah akan memutih dan lebih cepat kering.

Terus bagaimana cara yang benar untuk menghilangkan kerak dan jamur pada karet kaca mobil  ??

Nah...Berikut ini adalah beberapa cara yang benar untuk membersihkan karet kaca mobil.
  1. Alangkah baiknya membersihkan karet kaca mobil sebaiknya dilakukan setelah selesai mencuci mobil atau anda bisa mencuci karetnya saja dengan menggunakan sabun. 
  2. Untuk karet dengan sudut yang cukup luas, seperti kaca bagian depan dan kaca belakang, anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Oleskan cairan yang mengandung silicon ke kain yang halus kemudian gosok kebagian karet-karet mobil. Ulangi penggosokan hingga jamur dan kerak yang menempel hilang.
  3. Pada bagian karet yang sulit dijangkau oleh tangan, anda bisa menggunakan cotton but untuk mengoleskan cairan pembersih silicon. Selain menggunakan cotton but anda juga bisa menggunakain kuas yang berukuran kecil atau kuas yang biasa digunakan untuk melukis.
  4. Untuk bagian karet dalam, khususnya pada kaca jendela anda harus extra hati-hati untuk membersihkanya karena jika kotoran dan debu masuk ke sela-sela kaca bagian bawah maka bisa membuat kaca jendela menjadi seret atau susah saat dinaik turunkan. Anda juga bisa membaca cara mudah memperbaiki kaca pintu mobil yang sudah untuk dinaik turunkan
  5. Setelah semua karet kaca dan karet pintu bersih, anda bisa menyemprotkan kembali cairan silicon khusus karet kaca secara bertahap agar silicon bisa merata. Biarkan cairan silicon meresap dan jangan lupa untuk membersihkan silicon bila ada yang meluber.
Selain menggunkan cara-cara diatas anda juga bisa menggunkan tinner untuk menghilangkan jamur dan kerak yang membandel pada karet kaca mobil. Berikut ini adalah toritorialnya :

Siapkan terlebih dahuli perlalatanya seperti:
  • Tinner secukupnya, untuk tinner anda cukup menggunakan tinner biasa atau tinner A yang dijuak ditoko-tocat. 
  • Siapkan juga kain yang bersih dan halus.
Setelah peralatan semuanya siap, untuk langkah pertama agar memudahkan proses membersihkan karet, anda bisa melepas karet kaca tersebut. Jika dibersihkan dalam posisi karet masih menempel ditakutkan nanti tinner malah akan mengenai cat mobil anda. Bisa-bisa luntur dah cat mobil anda.

Setelah karet terlepas, basuhkan kain yang bersih dengan tinner secukupnya dan gosok ke bagian karet kaca mobil yang sudah anda lepas tadi. Anda bisa menggulangi proses pengosokan disertai dengan tinner hingga jamur yang memepel hilang. Untuk memudahkan menghilangkan kerak pada karet, jika kain untuk membersihkan karet sudah kotor gantilah dengan kain yang baru untuk mempermudah proses menghilangkan jamur membandel.

Anda juga bisa membaca 4 akibat menggunakan air mineral pada radiator mobil

Selain mengunakan tinner anda juga bisa menggunakan bensin atau pertalite untuk membersihkan karet. Untuk toritorialnya sama halnya dengan menggunakan tinner.

Alangkah baiknya agar karet kaca mobil anda awet dan utahan lama pastinya anda bisa menggikuti tips dibawah ini
  1. Hindari penggunaan cairan beremulsi tinggi untuk membersihkan karet. Salah satu contoh adalah cairan semir ban.
  2. Hindari juga penggunaan minyak anti karat. Contoh yang paling umum digunakan adalah WD 40. Cairan ini malah akan membuat karet lebih lengket dan akan membuat debu mudah menempel setelah diberihkan.
  3. Jika ingin membersihkan karet kaca gunakanlah cairan pembersih khusus yang memiliki kandungan silicon. Selain membuat bersih silicon juga membuat tampilan karet lebih kelihatan hitam.
  4. Lakukan lah perawatan karet kaca mobil anda minimal 2 bulan sekali.
Perlu anda ingat, jangan melakukan langkah pengecatan pada karet mobil karena di kemudian hari malah akan membuat karet mobil anda terlihat kusam dan akan timbul masalah lainya. Selain menimbulkan masalah pengecatan pada karet mobil juga akan mengurangi keorisinal mobil anda. Anda juga bisa membaca 8 cara ampuh mengkilapkan cat mobil yang sudah kusam dan pudar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel