Penyebab Mesin Mobil Berbunyi Cit Cit Saat di Gas - Suryadidik.com


Mesin mobil berbunyi cit cit saat digas - Semua mobil pasti akan mengalami atau bahkan sudah mengalami masalah. Selain masalah pada bodi, masalah juga akan timpul pada mesin mobil. Entah itu mobil lama atau mobil baru suatu saat akan mengalami masalah.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin mobil adalah mesin mobil berdecit  pada saat mesin dinyalakan terutama pada saat pagi atau saat pertama kali mesin dinyalakan. Suara berdecit yang cukup keras dari ruang mesin tentu saja akan cukup mengganggu kenyamanan anda terutama saat bepergian sama pacar.. ciyeee maluu.. Atau malah suara tersebut membuat anda was-was saat dijalan.

Bunyi decitan cit cit pada mesin mobil lebih sering diakibatkan oleh tali atau v belt kipas mobil yang memutar beberapa komponen beberapa mesin mobil diantaranya adalah pompa air atau water pump, kompresor Ac mobil, alternator, idler puly, pompa power steering ataupun kipas pendingin radiator.



Emang Tali Kipas Mobil itu apa om???

Tali kipas mobil adalah istilah akrab yang mungkin sudah kita kenal sebelumnya atau biasa disebut dengan V belt. Fungsi v belt sendir adalah untuk memutar beberapa komponen mesin mobil yang sudah kami sebutkan diatas tadi. baca juga artikel 5 penyebab mobil keluar asap dari kap mesin

Terus apa penyebab tali vbelt berbunyi???

Kekencangan atau setelan tali vbelt kurang

Penyebab yang pertama  mesin mobil berdecit saat digas adalah karena kekencangan tali vbelt kurang maka akan mengakibatkan bunyi berdecit pada beberapa kondisi yang diantaranya adalah
  • Pada saat mesin dinyalalakan namun tombol AC dalan kondisi ON atau hidup. Sehingga bisa membuat vbelt bekerja lebih extra untuk memutar mesin.
  • Disaat alternator menggeluarkan arus listrik secara maksimal misalkan pada saat menghidupkan lampu utama serta AC mobil, kondisi tersebut akan membuat vbelt atau tali kipas mendapatkan beban berat dari alternator ataupun pada dinamu amper.
Adanya kotoran dan retak atau pecah-pecah pada vbelt
  •  Meskipun kondisi atau tingkat kekencangan tali vbelt sudah cukup, namun bila v belt trsebut sering terkena air dan oli pastinya akan membuat basah dan licin. sedangkan bila ada debu  yang menempel pasti akan membuat vbelt menjadi kering serta licin sehingga tentu saja akan membuat bunyi yang berdecit.
  • Selain itu kondisi retak-retak pada karet vbelt juga turut serta menjadi salah satu penyebab mesin mobil berdecit saat digas. Karena karet vbelt yang sudah pecah-pecah menang sudah seharusnya diganti repot juga kan nantinya bila v belt lputus dijalan. Anda juga bisa membaca cara mengisi freon AC mobil sendiri
Kesimpulan dari artikle ini adalah v belt lah yang menjadi penyebab mesin mobil anda berdecit. Dan jika ditemukan kondisi v belt yang sudah pecah-pecah atau retak karena sudah usang segaralah untuk menggantinya agar tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan terutama saat dijalan.

Nah... Demikiankah tadi artikel tentang penyebab mesin mobil berbunyi cit cit saat digas, semoga yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagia anda semua dan bisa menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. Terimakasih dan semoga sukses selalu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel