3 Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat AC Hidup - Suryadidik.com


Penyebab kaca mobil berembun saat AC di hidupkan - Ternyata masalah mobil tidak hanya pada bodi dan mesin, namun masalah mobil juga timbul dari kaca depan mobil salah satu masalah yang sering terjadi adalah kaca mobil berembun.

Seiring dengan banyak nya pemilik mobil banyak juga yang mengeluhkan tentang kaca mobilnya berembun baik dibagian luar maupun di bagian dalam, padahal AC sudah dinyalakan. Mengapa bisa terjadi demikian ? lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Berikut ini adalah ulasanya. cegidottt..

Embun bisa terjadi karena perbedaan suhu

by adi1986.blogspot.com


Perlu anda ketahui, embun merupakan suatu proses alami akibat perbedaan suhu udara antara bagian luar dan bagian dalam kaca.


Dalam ilmu IPA ini bisa disebut dengan kondensasi, proses pengembunan atau kondensasi bisa terjadi saat udara yang lebih panas tertahan oleh sebuah konduktor yang memiliki suhu lebih dingin. Sederhanya, kaca merupakan konduktor karena dapat menghantarkan panas, jika suhu luar mobil lebih panas dari pada suhu dalam kabin maka suhu kaca yang memisahkan dua ruang tersebut akan lebih rendah dari pada suhu udara luar.

Akibatnya udara akan bergerak dari suhu tinggi ke rendah, secara alamiah udara lebih panas tersebut akan bergerak mendekati kaca. Jika kelembapan pada daerah tersebut tinggi, otomatis kandungan air dalam udara panas akan berubah menjadi embun karena suhu kaca yang lebih rendah. Sehingga kaca bagain luar akan berembun.

Keadaan ini bisa anda lihat pada ruangan AC yang selalu mengeluarkan embun. Embun pada AC mobil dihasilkan karena udara panas dari luar yang dihembuskan memalui Evapator yang memiliki suhu lebih rendah. Ini sama halnya dengan kejadian kaca berembun dimana udara panas bergerak ke arah kondoktor yang suhunya leni rendah.

Jadi kesimulanya adalah :
  • Jika kaca mobil bagian luar berembun, itu tandanya suhu pada luar mobil lebih panas dari pada suhu dalam kabin.
  • Apabila kaca bagian dalam berembun, itu berarti suhu didalam kabin lebih panas daripada suhu pada luar mobil.
Selain berfungsi sebagai pendingin ruangan, sistem AC juga bisa dipakai untuk mencegah terjadinya embun pada kaca bagian dalam mobil. Khusnya saat kondisi sedang turun hujan, dan saat turun hujan itulah suhu pada luar mobil otomatis akan menurun .Sehingga suhu didalam kabin juga perlu diturunkan dengan cara menghidupkan AC, jika AC tidak dihidupkan maka kaca mobil bagian dalam akan berembun. anda juga bisa membaca cara mudah membersihkan jamur pada karet kaca mobil

Untuk mengetahui penyebab spesifik terkait dengan kaca mobil yang berembun , anda perlu memperhatikan faktor-faktor dibawah ini.
  1. Misalkan disaat turun hujan yang cukup deras, dan kaca bagian dalam mobil berembun tetapi anda tidak sedang menyalakan AC (hanya menyalakan blower) dengan alasan suhunya sudah terlalu dingin. Maka sewajarnya saja bisa terjadi pengembunan karena suhu didalam kabin lebih panas daripada suhu diluar kabin.
  2. Misalkan disaat sedang hujan, dan kaca bagian dalam mobil anda berembun padahal AC sudah dinyalakan. Maka ini bisa mengindikasikan adanya keruskan pada komponen AC mobil anda.  Keran jika AC dinyalakan pasti suhu didalam kabin jadi menurun. Namun jiak embun tersebut masih ada maka suhu didalam kabin kurang dingin.
  3. Misalkan jika kaca bagian luar yang berembun, ini bisa terjadi karena anda menyalakan AC terlalu dingin. Jika anda sering naik bus hal ini sering terjadi diwaktu malam hari. Dimana suhu didalam kabin terlalu dingin sehingga mengakibatkan kaca bagian luar berembun.
Jadi kesimpulanya yang menyebabkan embun pada kaca mobil, itu ada sistem AC mobil anda. Intinya adalah jika ada perbedaan suhu yang signifikan antara bagian dalam dan luar mobil maka akan membuat embun pada kaca mobil anda.

Terus bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca mobil tersebut ???

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain

1. Buka kaca samping

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan munurunkan kaca pintu mobil anda. Cara ini sangat cocok anda gunakan saat berkendara di puncak dengan kondisi luar yang dingin. Sehingg anda tidak perlu untuk menyalakan AC agar suhu didalam kabin sama dengan suhu di luar. Cara ini juga cocok anda gunakan saat AC mobil anda bermasalah atau rusak.

2. Mengelap kaca dengan kanebo

Cara yang paling simpel untuk menghilangkan embun pada kaca mobil bagian dalam adalah dengan mengelapnya. Perlu anda ingat gunakanlah kain khusus antu anda bisa menggunakan yang halus agar tidak membuat kaca mobil anda tergores.Namun, lebih baik anda menggunakan kanebo untuk membersihkan karena kanebo memiliki daya serap air yang baik.

Sementara untuk menghilangkan embun dari luar kaca mobil anda bisa menghidupkan wiper mobil. Jika kaca mobil menjadi buram saat disapu wiper, anda bisa menyemprotkan air washer.

3. Menyalakan window defogger

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menghidupkan fitur window defogger. Namun tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur ini. Windwo defogger memang berfungsi untuk menghilangkan lapisan embun pada kaca bagian belakang mobil. Kerena embun pada kaca mobil bagian belakang kan menganggu pandangan anda terutama saat adtert mundur. baca juga cara mudah dan cepat menghilangkan goresan pada kaca mobil

Jika mobil anda dilengkapi dengan fitur ini maka anda bisa menyalakan beberapa saat hingga embun menguap. Sistem kerja windwo defogger ini yakni dengan memanaskan kaca mobil sehingga embun yang menempel akan menguap.

Nah itulah tadi pembahasan tentang 3 penyebab kaca mobil berembun saat AC hidup. Semoga bermanfaat dan semogo menambah wawasan anda dalam dunia otomotif. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel