Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar - Suryadidik.com


Cara mengamplas dempul mobil - Pendempulan merupakan salah satu rangkain sebelum ke tahap pengecatan. Tahap pendempulan bisa dikatakan tahap yang terpenting agar hasil pengecatan bisa terlihat maksimal dan sempurna. Oleh sebab itu peroses pendempulan butuh ketelitian dan kesabaran agar hasil pendempulan bisa terlihat rata. Jika hasil pendempulan rata maka akan mempermudah proses pengamplasan. Namun jika hasil pendempulan bergelombang maka akan butuh tenaga ekstra untuk mengamplasnya.

Selain proses pendempulan proses pengamplasan juga harus butuh ketelitian, kesabaran dan butuh tenaga tentunya. Jika pengamplasan dilakukan sembarangan atau asal-asalan maka setelah dicat hasilnya akan kurang memuaskan dan terlihat menggelombang seperti jalan dipuncak heheee



Percuma kan jika proses pendempulan sudah dilakukan dengan baik dan teliti namun proses pengamplasan dilakukan hanya asal-asalan. Selain bertujuan untuk menghaluskan dempul proses pengamplasan juga bertujuan agar dempul tidak terlihat tebal seperti tembok.

Nah.. agar tidak salah dalam proses pengamplasan dempul, berikut ini adalah urutan proses pengamplasan yang bisa anda aplikasikan sendiri di rumah.

Siapkan terlebih dahulu peralatanya seperti :
  • Amplas air nomor 80, 120 dan 240
  • Siapkan sebilah papan kayu tipis yang rata. Papan ini berfungsi untuk alas saat proses pengamplasan.
  • Siapkan busa yang agak keras atau anda bisa menggunakan sandal jepet yang tidak terpakai. jangan sandal jepitnya tetanga di ambi loo..
  • Sabun colek jika diperlukan
  • Dan yang terakhir siapkan air dan ember pastinya


Setelah semua peralatan lengkap, berikut ini adalah serangkaian langkah-langkah cara mngamplas dempul dengan baik dan benar.

Pastikan proses pengamplasan ditempat yang teduh. Jika tidak ada tempat yang teduh anda bisa memindahkan mobil dibawah pohon. Ini bertujuan agar proses pengamplasan tidak dilakukan dengan tergesa-gesa karena kepanasan. anda juga bisa membaca cara mudah menghilangkan goresan pada kaca mobil.


Siapkan amplas nomor 80 terlebih dahulu untuk pengamplasan dempul tahap pertama. lakukan pengamplasaan menggunakan alas kayu atau papan.


Emang kalau ngak menggunakan alas kayu kenapa??

Alas papan ini bertujuan agar hasil pengamplasan terlihat rata dan tidak mengelombang. Selain itu pengamplasan menggunakan alas papan juga akan membuat hasil dempul lebih tipis setalah diamplas.

Jika proses pengamplasan menggunkan tangan kosong maka akan sulit bahkan tidak mungkin akan mendapatkan hasil pengamplasan yang maksimal.

Agar proses pengamplasan cepat halus dan rata, anda bisa mengoleskan sabun colek secukupnya ke bagian permukaan dempul yang ingin anda amplas.

Perlu anda ingat jika pengamplasan dibagian lekukan-lekukan anda harus menggunakan alas karet tau gunakan sandal jepit bekas karena kudua bahan tersebut bersifat lentur. Jika bagian lekukan anda menggunakan alas kayu maka hasilnya akan kurang maksimal.

Perhatiakan juga gerakan pengamplasan agar mendapatkan hasil pengamplasan yang maksimal. Untuk gerakan pengamplasan anda bisa mengawali gerakan maju mundur dan kemudian ganti gerakan pengamplasan ke atas dan ke bawah. Anda bisa membaca 4 akibat menggunakan air mineral pada radiator mobil

Lakukan proses pengamplasan dempul hingga rata tanpa ada dempul yang bergelombang. Setelah diraba dempul sudah terasa rata, ganti amplas menggunakan nomor 120. Ulangi kembali proses pengamplasan dengan gerakan yang sama seperti diatas tadi hingga serat-serat bekas pengamplasan nomor 80 hilang.

Setelah serat-serat bekas pengamplasan hilang, ganti amplas nomor 240. Ini merupakan tahap terakhir dari proses pengamplasan dempul mobil. Lakukan pengamplasan dengan gerakan yang serupa hingga dempul benar-benar halus dan serat-serat bekas amplas kasar tadi benar-benar hilang.

Esstt ada yang lupa sebelum melakukan proses pengamplasan dempul basahi dengan air terlebih dahulu permukaan dan amplas agar proses pengamplasan tidak ada debu yang berterbangan.

Kesimpulan dari semua artikel ini adalah lakukan proses pengamplasan menggunakan amplas yang kasar terlebih dahulu agar dempul cepat rata dan tipis. Kemudian ganti amplas yang halus untuk menghilangkan serat-serat bekas amplas kasar tersebut.

Menggulangi pengamplasan menggunakan amplas halus juga bertujuan agar nanti jika dempul dicat  atau dipoxy tidak kelihatan serat-serat bekas amplasanya.

Demikianlah tadi serangkain atau urutan cara pengamplasan dempul mobil yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel