Cara Mudah Mengisi Freon AC mobil Sendiri - Suryadidik.com


Cara mengisi freon AC mobil yang salah akan menjadi salah satu penyebab AC kurang dingin. Proses pengisin freon sebenarnya bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke bengkel AC. Hal ini sangatlah tepat dilakukan untuk mengurangi biaya perawatan dan bisa memanfaatkan budget yang ada untuk kebutuhan yang lebih penting.

Cara mengisi freon AC mobil sendiri

Banyaknya produksi mobil yang sudah tidak terkontrol membuat kebutuhan perawatan mobil meningkat salah satunya adalah perwatan AC mobil. Karena saat ini memeng keberadaan AC sangat dibutuhkan terutama saat berpergian disiang hari.

Memang cara mengisi freon AC tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan membutuhkan teknik khusus. Untuk anda yang berniat untuk mengisinya sendiri tenang saja, hal yang terpenting adalah mau dan ada niatan untuk mempelajarinya pasti akan bisa.

Jika berniat untuk mengisi freon AC sendiri, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini. cegiidott...

1. Sebelum ke langkah pengisian freon yang habis, alangkah baiknya anda bisa membersihkan nya semua komponen-komponen AC terlebih dahulu. Agar nantinya memperoleh hasil kinerja AC yang lebih maksimal. Pembersihan secara rutin merupakan salah satu cara mudah merawat AC mobil anda.


2. Cara mengisi freon AC mobil selanjutnya adalah mengkosongkan freon. Proses pengosongan freon perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk memulai pengisian freon dengan yang baru. Tidak dianjurkan untuk langsung mengisinya tanpa mengkosongkan freon terlebih dahulu. Freon lama dan freon baru jika tercampur mungkin saja dikemudian hari akan menumbulkan masalah. Jadi pahami lah prosesnya terlebih dahulu.

Cara yang perlu anda lakukan adalah dengan menutup bagian katup manifold gauge terlebih dahulu.
Kemudian hubungkan langsung bagian manifold gauge tersebut dengan bagian selang warna merah melewati alur menuju bagian nipel yang memiliki tekanan cukup tinggi.

Kemdian ada selang berwarna biru yang ada pada nipel bertekanan rendah serta selang warna hijau melalui alur menuju vakum. Anda juga bisa membaca cara menghilangkan noda kuning pada lampu mobil

3. Kemudiaan, siapkan freon kalengan dan keran khusus yang sesuai dengan kaleng. Anda bisa mendapatkan freon kalengan di dan keran di tuko-toko AC terdekat. Setelah itu pasang keran dengan kencang agar tidak mengalami kebocoran.dan putar keran searah jarum jam. Saat keran diputar maka otomatis jarum akan menusuk dan membut lubang pada bagian atas kaleng dan freon siap untuk digunakan.

4. Kemudian pasang selang yang berwarna kuning dari meteran freon pada kaleng. lalu pasang selang biru pada pipa low AC. Jika anda tidak memiliki meteran freon/ ,manifold gauge, anda bisa mamasang selang dari kaleng langsung ke pipa Low akan tetapi akan sulit untuk mengira-ngira jumlah freon yang akan dibutuhkan.

sunber; pakeotac.com

5. Tahap mengisi freon AC mobil yang ke 5 adalah dengan menyalakan AC pada temperatur tertinggi. Kemudian buka keran pada kaleng beserta meteranya. Setelah tekananya mencapai 50 psi tutup kerandn cek temperatur pada mobil apakah sudah dingin.

Rekomendasi freon mobil terbaik

Untuk menentukan freon mana yang baik dan aman digunakan untuk mobil anda, jangan memilih freon karna harganya jauh lebih murah saja. Namun, sebelum membeli freon perhatikan terlebih dahulu dampak yang terjadi jika anda menggunakanya dan jangan perhatikan kualitasnya.

Karena kualitas freon yang baik tentunya akan berdaampak positif pada AC mobil dan yang pasti akan membuat anda puas. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi freon terbaik yang bisa anda jadikan sebagai salah satu rekomendsi untuk mengisi freon AC mobil anda.berikut ini dalah penjelasanya :
  • Freon R 134 Merk Klea
Rekomendasi freon pertama adalah Freon R 134 merk klea.Tipe freon ini merupakan salah satu tipe yang menawarkan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan tipe lainya. Namun anda tidak usah khawatir karena tipe yang satu ini kualitasnya tidak diragukan lagi.

Keunggulan yang dimiliki dari tipe ini adalah freon dengan 100% bahan murni type R 134 A tanpa bahan campuran serta memiliki memberi dingin ayng lebih bagus. anda juga bisa membaca cara ampuh menghilangkan karat pada mobil
  • Freon R 134 Merk Refrigerant
Rekomendasi freon ke dua adalah freon R 134 merk refrigerant. Untuk tipe ini paling banyak digunakan oleh bengkel-bengkel AC pada umumnya. Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal dan memiliki kualitas yang cukup baik.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel diatas mengenai cara mengisi freon AC mobil yang diulas secar menarik sehingga mudah dipahami, diharapkan bisa membantu memudahkan anda untuk mempelajarinya.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas tentang cara mengisi freon AC mobil. Semoga bisa membantu anda dan bermannfaat bagi anda semua. Tetap stay di suryadidik.com dan semoga sukses selalu.

                                                                                                                                                                     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel