Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Karet Pintu Mobil - Suryadidik.com


Menghilangkan jamur di karet pintu mobil - Ngomong-ngomong soal karet , karet mobil merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi mobil. Bayangkan jika pintu mobil, pintu bagasi bila tidak dikasih karet pasti pintu mobil akan terasa berisik terutama saat dijalan yang rusak.

Keret pintu mobil sendiri berfungsi sebagai penahan air saat hujam, peredam suara, peredam getaran sebagai tumpuan pintu dan lain sebagainya. Karena sifat karet yang lentur maka jika pintu mobil mengalami getaran atau bergerak, pintu mobil akan mengenai karet tersebut. Jika pintu mobil tidak dilengkapi dengan komponen karet maka jika pintu bergetar maka akan terasa berisik dan cukup menganggu telinga pastinya.

Maka dari itu penting sesekali bagi anda untuk meluangkan waktu sejenak untuk merawat karet pintu mobil anda agar tidak tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Salah satu masalah yang timbul pada karet pintu mobil adalah jamur. Selain mengaggu penambilan jamur di karet pintu mobil jika dibiarkan menempel secara terus menerus maka akan membuat karet pintu mobil anda menjadi getas dan keras yang mengakibatkan pintu mobil keras saat ditutup.

Nah...agar karet pintu mobil tetap awet dan terhindar dari jamur, berikut ini adalah beberapa perawatan ringan yang bisa anda lakukan.

Namun alangkah baiknya terlebih dahulu anda mengetahui beberapa penyebab karet pintu mobil cepat getas, keras dan berjamur . Berikut ini adalah penyebabnya :
  • Faktor usia, semakin lama usia mobil maka semakin tua juga umur karet tersebut. Hal ini terkait dengan reaksi oksidaif  (reaksi dengan oksigen)
  •  Kotoran seperti debu, pasir dan lumpur yang menempel jika dibiarkan secara terus menerus juga akan membuat karet pintu mobil anda cepat berjamur dan getas.
  • Air bekas cucian mobil yang terperangkap dikaret pintu mobil juga bis menyebabkan karet cepat keras dan berjamur.
Maka dari itu penting untuk melakukaan secara berkala pada karet pintu mobil anda agar selalu bersih dan tetap awet. Anda juga bisa membaca cara mudah menghilangkan bekas lem alteco pada cat mobil

Berikut ini adalah cara mudah  menghilangkan jamur pada karet pintu mobil :
  •  Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah bersihkan terlebih dahulu karet menggunakan lap ataupun kuas hingga tidak ada debu dan kotoran yang menempel.
  • Kemudian semprotkan cairan pembersih jamur yang bisa anda dapatkan di toko-toko terdekat ataupun di olshop. Anda juga bisa menyemprotkan cairan tersebut ke busa kemudian lap sampai rata.
  • Untuk membersihkan karet dibagian sudut atau pada sela-sela yang sulit dijangkau anda bisa menggunakan cuttone bud untuk mengoleskan cairan tersebut.
  • Setalah terolesi dengan rata, kemudian gosok karet pintu mobil tersebut, jangan terlalu kuat untuk mengosoknya.
  • Kemudian diamkan beberapa saat agar cairan pembersih jamur meresap hingga ke bagian dalam pori-pori karet.
  • Bersihkan sisa-sisa cairan dan sisa-sisa jamur menggunakan kain yang halus.
  • Selain menggunakan cairan khusus pembersih jamur, anda juga bisa menggunakan kompon untuk menghilangkan jamur tersebut.
Untuk menghindari jamur kembali memempel pada karet kaca mobil, usahakan sehabis dicuci lap hingga kering agar jamur tidak mudah memempel.

Agar karet awet dan bebas dari jamur berikut ini adalah tips ringan cara merawat karet-karet mobil

Karet mobil memang sebiaknya dari awal mendapatkan perawatan yang tepa agar awet, akan tetapi banyak pemilik mobil yang mengacuhkan karena beberapa mereka kurang mengerti cara merawat karet-karet tersebut. Jika sudah mengetahui kondisi karet mulai rusak baru berusaha mencari-cari info untuk merawatnya. baca juga 8 cara mudah merawat AC mobil agar selalu dingin dan sejuk

Jika karet mobil sudah rusak, tidak ada pilihan lain selain mengganti karet yang rusak tersebut dengan karet yang baru. Anda bisa mengati karet di bengkel resmi ataupun di bengkel aksesoris mobil.

Nah.. jika sudah diganti dengan karet yang baru anda bisa merawatnya dengan selalu menjaga kebersihan karet tersebut. Sebenarnya cara membersihkan karet cukup mudah dan tidak sesulit dan seribet yang anda bayangkan kok. Cukup berbekal kain basah dan kering, kuas kecil yang halus, cairan pembersih karet bersilikon (silikon ruber).

Untuk mendapatkan cairan pembersih karet silikon, anda bisa membelinya di toko aksesoris ataupun di toko-toko online. Berikut ini adalah cara merawat dan membersihkanya.
  1. Saat melakukan pencucian mobil, cuci juga bagian karet pintu mobil dengan sabun untuk memudahkan proses pencucian anda bisa menggunakan kuas cat yang berukuran kecil.
  2. Agar tidak menimbulkan jamur, saat selesai proses pencucian keringkan menggunakan kain kanebo hingga dipastikan tidak ada sisa-sisa air yang menempel.
  3. Anda juga bisa menggunakan cairan khusus untuk pembersih karet yang menggandung silicon , dengan cara menyemprotkan ke bagian karet secara merata. Atau anda bisa menyemprotkan kekain/spons kemudian mengelapnya ke karet hingga rata.
  4. Untuk bagian yang sulit dijangkau oleh kain seperti pada bagian sudut-sudut, anda bisa mengunakan cutton bud untuk mengoleskan cairan pembersih karet tersebut.
  5. Kemudian tunggu hingga cairan tersebut meresap ke dalam karet. 
Oh iyaa.. untuk mendapatkan cairan pembersih karet bersilicon anda bisa membelinya di toko cat khusus mobil ataupun di toko sparte part mobil.  Cairan pembersih karet bersilicon ini fungsinya adalah melembabkan karet dan melicinkan (merawat karet). Cairan pembersih karet ini memiliki kemampuan masuk kedalam pori-pori karet untuk merawat karet pada bagian luar dan bagian dalam karet. Sehingga karet mobil anda menjadi awet dan selalu berwarna hitam mengkilap.

Perlu anda ingat, Jangan menggunakan oli atau cairan lainya yang berasal dari minyak bumi untuk membersihkan, melicinkan ataupun menghitamkan karet, karena justru bukanya karet menjadi awet, cairan sejenis oli malahan akan merusak karet. Sehingga karet dapat mengembung/mengembang dan jika sudah begini anda harus mengganti karet pintu mobil anda dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel