Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mudah Mengatasinya


Penyebab ban mobil benjol -Ngomong-ngomong soal ban, ban merupakan salah satu komponen mobil yang bisa dikatan sangat penting. Bayangkan jika mobil tanpa ban pasti mobil tidak akan bisa jalan. Oleh karena itu penying untuk melakukan perawatan pada ban mobil anda terutama saat akan dibawa perjalanan jauh.

Salah satu masalah atau penyakit yang kadang terjadi pada ban mobil atau ban motor adalah terdapat benjolan pada bagian samping ban. Permukaan ban benjol akan semakin terasa jika anda mengemudi dengan kecepatan yang cukup tinggi. Mobil akan serasa bergoyang atau bergetar kencang seperti naik odong-odong dipasar malem😁😁😁

gambar by jejakmobil.com

kasus permukaan ban benjo sering ditemui pada jenis ban tubless. Lantas apa penyebab ban benjol ???

Penyebab ban benjol terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah kerena pengisian angin dengan tekanan yang berlebih, ban mengalami deformasi bentuk karena kurangnya tekanan angin dan yang terakhir adalah beban atau muatan mobil yang berlebihan. Penyebab yang lainya bisa disebabkan karena ban sering dipakai buat melaju atau berjalan diatas bebatuan tajam atau kerena Toen In/Toen Out sehingga perlu malakukan stelan ban atau spooring ban. silahkan membaca cara mudah memperbaiki dongkrak


Selain penyebab-penyebab diatas, suspensi juga bisa menyebabkan ban mobil benjol. Kerena suspensi yang keras atau mati, bantinganya akan berakibat ke ban mobil menjadi tidak rata atau benjol. Mobil pun kurang terasa nyaman meskipun melaju dijalanan yang mulusss.

Terus bagai mana cara mengecek ban mobil benjol ??

Pertama, anda mendongkrak mobil hingga ban terangkat sekitar 0.5 cm dari permukaan tanah. jangan lupa menetralkan perseneling dan lepas rem tangan saat memeriksa ban agar ban bisa berputar. Putar roda ban, kemudian lihat apakah pada ketinggian 0,5 cm apakah ada bagian ban yang tersangkut di tanah. Jika ada berarti ban mobil anda tidak rata atau benjol. Perlu anda ingat, pastikan saat mendongkrak mobil pilihlah tempat atau permukan tanah yang rata.

Terus apakah ban benjol bisa diperbaiki ??

Kebanyaakan bengkel mobil menyatakan ban mobil benjol tidak bisa diperbaiki. Namun, jika belum ada budget untuk membeli ban baru Anda bisa melakukan perbaikan sementara dengan cara :

Penambalan termasuk cara memperbaiki ban benjol. Namun, efek ini hanya lah sementara dan memang digunakan hanya dalam kondisi darurat saja. Gunakanlah beberapa alat seperti obeng kecil dan kompresor. Terlebih dahulu anda bisa mengeluarkan angin yang ada didalam ban. Kemudian carilah titik mana yang kondisinya benjol lalu tusuklah dengan menggunakan obeng kecil. Cara menusuknya jangan terlalu tegak lurus tapi tusuklah dari samping. Tetapi hati-hati agar tusukan anda tidak mengenai ban dalam anda. Biasanya setelah ditusuk akan ada suara udara keluar. Setelah benjolan mulai hilang anda bisa mengisi ban dengan angin kembali. Baca juga cara mudah menghilangkan noda kuning pada lampu mobil

Setelah semua cara dilakukan untuk sementara ban akan kembali seperti semula. Sebaiknya segeralah untuk mengantinya dengan ban baru karena cara memperbaiki ban mobil yang benjol dengan obeng dan kompresor hanya bersifat sementara. Jangn terus-terusan mengunakan cara ini karena nantinya ban mobil anda malah akan menjadi robek dan tentunya akan berdampak pada keselamatan anda saat berkendara. Karena ban mobil yang benjol bisa berpotensi meletus jika dijalankan dengan kecepatan tinggi. Jalankan mobil secara pelan sehingga cara ini akan bertahan sedikit lama dan akan meminimalisir kerusakan pada vleg.

Beriku adalah tips memilih ban mobil agar awet dan tidak mudah benjol
  1.  Pilihlah ban mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Biasanya tertulis pada plakat yang ditempel dipintu atau di laci mobil. Ada beberapa kode yang tertera seperti seperti huruf LT (light truck), ST (special trailer), T berarti ban serep, R (radiar), P (passenger) berarti ban tersebut di desain utnuk mobil penumpang.
  2. Pilihlah ukuran ban sesuai dengan ukuran vleg mobil. Ukuran ban biasanya terdapat pada angka dibelakang huruf R yang tertera pada plakat.
  3. Pilihlah pola tapak ban sesuai dengan jalan yang sering anda lewati. Karena pola tapak ban ini berpengaruh pada daya cengkram dan akselerasi. Untuk jalan yang memiliki pola hujan cukup tinggi disarankan mengunakan ban dengan pola V.
  4. Semakin lebar ban maka daya cengkram ban akan semakin membaik. Namun Perlu anda ingat ban yang ukuranya lebih besar juga akan mempengaruhi akselerasi mobil anda.
  5. Mungkin sebagian dari anda ada yang menggunakan ban yang lebih tipis. Biasanya ban tipis ini banyak dipakai para kaula muda atau mobil modifikasi. Memang ban tipis bisa menambah kesan keren pada mobil namun, ban dengan profil tipis sangat buruk ketika digunakan untuk melintasi jalanan yang rusak atau berbatu. Vleg pun beresiko penyok dan dumper akan lebih cepat lecet ataupun pecah.
Demikian cara memperbaiki ban ban mobil benjol. Cara diatas memang bisa digunakan untuk mengatasi ban benjol. Namun efek baiknya hanyalah sementara. Bayak orang yang menyarankan agar ban benjol memang solusinya lebih baik diganti dengan yang baru untuk menjaga keamanan selama berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel