Cat Motor Anda Kasar ? Berikut Adalah Cara Mudah Mengatasinya


Cara Menghaluskan Cat Motor Yang Kasar -  Pernah ngak anda mencuci mobil sebersih mungkin hingga berjam-jam lamanya, tapi masih merasa kurang puas dengan hasil cucian anda ? Biasanya yang membuat kurang puas saat selesai mencuci adalah cat motor terasa kasar saat diraba. Cat kasar ini juga bisa terjadi pada body mobil.

Lantas apa penyebab cat motor menjadi kasar ??


Banyak faktor yang menyebabkan cat motor yang awalnya mulus dan kinclong berubah menyadi kasar salah satunya adalah
  • Motor terlalu sering terkena debu
  • Terkena percikan debu saat proses pengecatan
  • Terkena kotoran burung yang mengering
  • Dan yang terakhir adalah minimnya perawatan.
Sebenarnya cat yang kasar mudah sekali dihilangkan namun, bagi pemula pastinya binggung mencari cara menghaluskan cat motor yang kasar. Bila saat ini cat motor anda kusam berikut ini adalah cara mudah mengatasinya :

Gunakan Compound

Selain untuk memoles cat baru compound juga bisa digunakan untuk menghilangkan cat yang kasar pada body motor dan juga bisa digunakan untuk menghaluskan cat mobil yang kasar. Berikut adalah cara menggunakanya :

Pertama siapkan Compound, kain halus dan obat pengkilap (kit,turtell wax) dan mesin poles jika diperlukan. Jika bahan sudah semua oleskan compound secara merata pada cat motor anda yang kasar dan lakukan pemolesan dengan menggunakan kain yang halus jika pemolesan dilakukan secara manual atau dengan tangan lakukan proses pemolesan dengan gerakan memutar. Alangkah baiknya bila media yang akan dipoles agak luas anda bisa menggunakan mesin poles.

Setalah proses pemolesan selesai oleskan obat pengkilap pada bagian yang selesai dipoles kemudian gosok menggunakan kain yang halus. Selain untuk mengkilapkan cat motor yang sudah dipoles cairan pengkilap juga bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa compound yang masih menempel.

Perlu anda ingat, karena coumpond bisa mengikis cat maka lakukan pemolesan seperlunya saja jika cat motor yang kasar sudah menghilang hentikan pemolesan.
  
Lakukan WAX

Cara menghaluskan cat motor yang kedua adalah proses WAX. Apa itu Wax ?? Wax merupakan salah satu perawatan yang bisa anda lakukan untuk menghaluskan cat motor yang kasar. Memang, proses  Wax hampir sama dengan proses pemolesan namun, proses Wax tergolong lebih aman dan tidak mengikis permukaan cat. Ini dikarenakaan obat wax berbeda dengan obat pemolesan.

Namun, Wax hanya bisa dilakukan jika permukan cat yang kasar hanya sedikit atau tidak terlalu kasar. Jika permukaan cat terlalu kasar maka akan percuma. Anda juga bisa membaca cara alami menghitamkan body motor matic secara permanen

Untuk melakukan wax anda harus menyiapkan peralatan seperti :
  • Siapkan obat wax seperti turtell wax, enamoll, kit dll.
  • Siapkan juga kain yang halus dan kering pastinya.
  • Mesin Poles jika diperlukan
Setelah semua peralatan lengkap kemudian oleskan obat wax secara merata pada bagian dek motor yang kasar. kemudian gosok dengan kain yang bersih dan halus. Jika permukaan cat masih kasar ulangi proses pengosokan dan pemberian obat wax hingga dek kembali mulus seperti semula.

Selain untuk menghaluskan cat motor yang kasar, proses WAX juga bisa membuat motor kesayangan anda kembali kinclong.

Lakukan Pengamplasan

Tips yang ke yang ke 3 untuk menghilangkan noda kasar pada dek motor adalah proses pengamplasan. Cara ini bisa anda lakukan bila cat motor terasa sangat kasar saat diraba.

Emang ngak lecet cat diamplas ??

Tenang, disini amplas yang digunakan adalah amplas yang paling halus jadi tidak akan melukai cat motor anda. Anda juga bisa membaca

Siapkan amplas air nomor 2000, kain halus,compond dan obat pengkilap(kit, turtell wax dll). Setelah semua siap lakukan pengamplasan pada area body motor yang kasar. Untuk memudahkan pengamplasan anda bisa membahasi amplas dan permukan cat yang akan diamplas. Lakukan pengamplasan hingga noda kasar pada cat menghilang.

Loo setelah diamplas catnya kok malah busam ??

Tenang...Untuk mengkilapkan kembali cat yang kusam anda bisa melakukan pemolesan dengan menggunakan kompon.

Oleskan kompon secara merata pada bagian cat yang sudah diamplas dan gosok dengan kain yang halus. Lakukan pengosokan secara berulang kali hingga cat yang kusam tadi kembali mengkilap. Agar mengkilap lebih maksimal anda bisa mengoleskan obat pengkilap pada area bekas komponan tadi.

Agar cat body motor anda awet dan tidak mudah kasar, alangkah baiknya anda bisa mengikuti tips-tips ringan dibawah ini :
  • Tips yang pertama adalah jika mobil lama tidak dipakai anda bisa memasukannya kedalam ruangan agar tidak mudah terkena debu. Alangkah baiknya anda bisa menutupinya dengan  atau pun spray yang tidak terpakai.
  • Jangan dekatkan motor anda jika ada orang yang sedang mengecat karena debu bekas cat yang berterbangan bisa menempel pada dek motor anda.
  • Lakukan proses Wax atau mengoleskan obat pengkilap secara berkala.
  • Dan yang terakhir adalah mencuci motor anda minimal yaa satu minggu sekali lah..

Demikianlah tadi seputar tips Cara menghaluskan cat motor yang kasar semoga bermanfaat untuk anda semua dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel