Cara Mudah Menghilangkan Noda Cat di Dashboard Mobil


Cara Menghilangkan Noda Cat di Dashboard Mobil - Dashboard mobil merupakan salah satu bagian interior yang letaknya berada di bagian dalam mobil. Selain fungsinya sebagai wadah fitur-fitur lainya seperti tombol AC, Tape, Airbag dashboard juga sering difungsikan untuk menaruh berbagai aksesoris hingga pengharum ruangan.

Jika dashboard mobil bersih, rapi dan wangi tentu anda akan semakin nyaman dan betah berada di dalam mobil. Namun dashboard meruapakan salah satu bagian yang mudah kotor dan kusam karena sering bersentuhan dengan tangan. Jika noda tersebut dibiarkan lama ke kelamaan noda tersebut akan sulit untuk dihilangkan.

image by otonity.com

Salah satu noda yang sulit dibersihkan adalah noda cat di dashboard mobil. Kok bisa cat nyampe ke dashboard ?

Bisa saja..Ini biasanya terjadi karena saat mobil sedang di cat dan cat tersebut mengenai bagian dashboard mobil anda. Dan yang lebih parahnya lagi pak tukang catnya tersebut lupa untuk membersihkan noda cat yang menempel di dashboard mobil.

Jika sudah terjadi hal semacam ini mau tidak mau kita sendiri yang harus membersihkanya. Memang bagi anda yang belum tau cara menghilangkan noda cat di dashborad mobil akan sulit dihilangkan karena sifat cat jika sudah kering akan sulit untuk dihilangkan. Anda juga bisa membaca cara termudah menghilangkan bekas lem doubel tape pada body mobil

Agar dashboard mobil yang kusam esst mangsudnya agar noda cat yang menempel di dashboard mobil cepat menghilang, berikut ini adalah cara menghilangkan noda cat di dashboard mobil cara ini sudah kami coba beberapa kali jadi aman untuk anda coba. Berikut penjelasanya

Gunakan Thinner

Cara menghilangkan noda cat di dashboard mobil yang pertama adalah dengan menggunakan thinner. Kenapa harus menggunakan thinner ?? Karena untuk melarutkan cat atau clear coat menggunakan thinner jadi noda cat yang menempel di dashboard akan mudah dihilangkan dengan thinner.

Berikut adalah langkah-langkah cara menghilangkan noda cat di dashboard mobil dengan thinner :

Langkah pertama yang harus anda lakukan menyiapkan thinner. Anda bisa membeli thinner eceran ditoko cat. Agar murah diongkos anda bisa membeli thinner jenis A atau biasa disebut dengan thinner A.

Setelah mendapatkan thinner, langsung saja anda bisa mengoleskan thinner pada bagian dashboard yang terkena cat. Kemudian gosok secara merata dengan kain yang bersih dan kering. Jika masih sulit untuk dihilangkan oleskan kembali thinner hingga thinner bereaksi pada noda cat.

Agar noda cat tidak menyebar kemana-mana jika kain yang digunakan untuk membersihkan cat sudah kotor atau noda cat sudah berpindah ke kain anda bisa menggantinya dengan kain yang baru. Untuk bagian yang sulit dijangkau oleh tangan tangan anda bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan noda cat di dashboard mobil tersebut. Dan dashboard mobil pun kembali bersih tanpa ada bekas cat yang menggangu pemandangan😁😁😁

Selain untuk menghilangkan noda cat, thinner juga bisa digunakan untuk membersihkan dashboard yang kusam akibat jamur.

Gunakan Rubbing Compound

Jika anda tidak mempunyai thinner anda bisa menggunakan cara lain kok yaitu dengan menggunakan Rubbing Compound. Namun cara ini hanya bisa digunakan jika noda cat masih baru atau tidak terlalu lama menempel. Bila noda cat sudah lama maka akan sulit dihilangkan dengan compoud.

Jika anda ingin menggunakan compond untuk menghilangkan bekas cat di dashboard mobil berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Langkah partama kali yang harus anda lakukan adalah menyiapkan compound, kain yang halus dan bersih.

Bila semua bahan sudah tersedia semua kemudian oleskan compoud secara merata pada bagian dashboard  yang terkena cat dan tunggu beberapa saat supaya compoud bereaksi pada cat dan gosok dengan kain yang bersih hingga noda bekas cat menghilang. Untuk mempermudah menghilangkan cat jika kain yang digunakan sudah kotor anda bisa menggantinya dengan kain yang baru.

Disini kesabaran dan ketelatenan kita diuji jika kita tidak sabar maka sisa-sisa cat yang masih menempel akan sulit untuk di bersihkan. Anda juga bisa membaca cara mudah menghilangkan warna kuning pada lampu mobil

Selain menggunakan kedua cara diatas cara membersihkan noda cat di dashboard mobil juga bisa menggunakan pisau silet atau pisa cutter.

Emang bisa ?

Bisa saja...bahkan caranya cukup simpel yaitu cukup dengan mengkerok bekas cat tersebut dengan hati-hati. Namun cara ini tidak begitu direkomendasikan karena sifat pisau silet yang sangat tajam jika kita tidak berhati-hati menggunakanya maka pisau silet tersebut bisa melukai dasboard dashboard mobil anda.

Nah... Itulah tadi sedikit tips cara menghilangkan noda cat di dashboard mobil semoga bisa bermanfaat untuk otomania dan semoga sukses selalu.

NB : Jika anda berniat ingin melakukan pengecatan body mobil, anda bisa mampir di bengkel kami yang beralamat di Ds Dengkek Kab. Pati Jawa Tengah WA/Tlp 085640379019.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel