Ini Dia Cara Dempul Mobil Yang Keropos - Suryadidik.com


Cara dempul mobil yang keropos - Keropos merupakan momok tersendiri bagi para pemilik mobil karena body mobil yang kropos selain mengurangi penampilan mobil body mobil yang berkarat juga akan mengurangi nilai jual mobil tersebut. Lantas bagai mana cara mengatasi body mobil yang keropos ??

Pendempulan.. Yaa pendempulan merupakan salah satu cara untuk menambal body mobil yang bolong atau setelah di lakukan pengelasan. Tanpa proses pendempulan jika mobil di cat akan terlihat bergelombang atau tidak rata. Intinya pendempulan merupakan serangkain proses untuk meratakan body mobil yang penyok ataupun untuk menutupi bagian mobil yang berkarat.

Body mobil kropos biasanya terjadi pada mobil yang sudah berusia 10 tahun lebih namun, tidak menutup kemungkinan mobil yang masih agak baru juga mengalami kropos.


Nahh.. Agar body mobil yang kropos tidak terlihat atau hilang, berikut ini adalah cara dempul mobil yang keropos. Cara ini sangat cocok digunakan bagi para pedagang jual beli mobil agar mendapatkan untung yang lebih banyak 😄😄 Berikut penjelasanya

Sebelum melakukan pendempulan terlebih dahulu anda harus menyiapkan peralatan seperti :
  • Pastinya siapkan dempul 
  • Scrup untuk mendempul
  • Amplas kasar (Amplas nortoon)
  • Mesin Gerinda
  • Dan masker
Setelah semua peralatan siap langkah pertama cara dempul mobil yang keropos adalah pengemplasan. Gunakan amplas kasar(amplas norton) untuk melakukan pengamplasan. Lakukan pengamplasan hingga karat dan kotoran yang menempel hilang.

Jika karat susah untuk dihilangkan dengan pengamplasan anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan mesin gerinda. Dan yang terpenting adalah jangan lupa memakai masker saat melakukan pengamplasan ataupun pada saat mengerinda karat.
  
Perlu anda ketahui jika permukaan yang akan di dempul kotor atau terdapat noda karat maka dempul akan cepat mengkelupas. Jadi. bersihkan karat sebersih mungkin agar dempul menempel dengan kuat. Anda juga bisa membaca penyebab dempul mobil mengelupas

Jika terdapat body mobil yang bolong maka anda harus menutupi terlebih dahulu agar bisa di dempul. 

Emang bisa ???

Sangat bisa..

caranya ???

Sebenarnya cara ini tidak boleh di publikasikan karena sangat lah tidak terpuji. Namun berhubung kami orang yang senang berbagi maka akan kami berikan tips cara menambal body mobil yang bolong atau kropos. Cara ini sudah kami lakukan bertahun-tahun dan masih aman-aman saja. 


Perlu anda ketahui cara ini hanya kami gunakan untuk para pedagang mobil agar tidak terlalu banyak mengeluarkan ongkos untuk biaya fermak mobil yang akan dijual.

Berikut ini adalah tahapan cara menambal body mobil yang bolong :

Pertama siapkan bubuk kopi atau pun bubuk semen, satu buah lem alteco (lem korea) dan juga busa rokok.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah amplas pada sekitar area yang bolong hingga karat atau debu yang menempel hilang. Ini bertujuan agar lem nantinya menempel dengan kuat. Jika sudah bersih anda bisa memipihkan busa rokok tersebut agar nantinya tidak bergelombang saat di dempul.

Langkah ke dua teteskan lem alteco(lem korea) pada sekitar lubang tersebut kemudian tempelkan busa rokok dan teteskan kembali lem alteco agar busa rokok menempel dengan kuat. Perlu anda ketahui saat busa rokok terkena lem busa tersebut akan bereaksi mengeluarkan asap jika asap tersebut mengenai mata akan pedih jadi berhati-hatilah saat menggunakanya.

Catatan : Bila tangan anda terkena tetesan lem alteco maka cara menghilangkanya adalah dengan merendamnya dengan air hangat.

Agar lem menempel dengan kuat taburkan bubuk kopi atau semen diatas busa rokok tadi dan kembali teteskan lem alteco hingga bubuk kopi dan busa rokok menyatu. Fungsi bubuk kopi disini adalah untuk mengikat busa rokok dengan body mobil sehingga akan menempel dengan kuat.

Bila lubang yang bolong cukup besar dan tidak bisa di lem dengan busa rokok maka anda bisa menembalnya dengan isolasi kertas ataupun menambalnya dengan kertas karton.

Setelah lubang yang bolong akibat keropos tertutup, berikut ini adalah cara dempul mobil yang keropos :

Untuk langkah pertama adalah ambil dempul plastic secukupnya kemudian campurkan dengan sedikit hardener dengan menggunakan perbandingan 5 banding satu atau agar lebih jelasnya anda bisa membaca petunjuk penggunaanya yang tertulis pada kaleng dempul. Intinya, jika terlalu banyak mencampurkan hardenner maka dempul akan cepat mengering begitu sebaliknya jika hardennernya terlalu sedikit maka dempul akan lama mengering.

Setalah dempul dan hardenner tercampur rata anda bisa langsung mengoleskan ke media yang akan anda dempul menggunakan scrub dempul tadi. Jika area yang akan anda dempul cukup luas maka anda bisa menggunakan alat bantu seperti pengaris siku alumunium ataupun gergaji bekas.

Cara menggunakanya gimana ??

Untuk cara menggunakanya cukup mudah kok yaitu dengan mengoleskan dempul secara merata pada media yang ingin anda dempul kemudian tarik dari atas ke bawah ataupun dari bawah ke atas menggunakan siku alumunium tadi sampai dirasa dempul rata.

Jika ditarik dari atas ke bawah atau sebaliknya namun dempul masih bergelomang anda bisa menggulangi proses pendemupulan namun sekarang menarik siku alumuniumnya harus dari kanan ke kiri. Jika satu tarikan dempul belum rata ulangi kembali broses tersebut hingga rata tidak berelombang.

Cara Dempul Mobil Yang Keropos

Jika media yang akan anda dempul berada dilekukan seperti lekukan selebor ataupun lekukan pada talang air anda bisa menggunakan kartu domino ataupun alas sandal yang tidak terpakai.

Menggapa menggunakan alas sendal ??

Karena alas sandal terbuat dari karet sehingga akan lentur saat digunakan untuk mendempul di bagian lekukan-lekukan. Anda cukup memotong alas sendal berbentuk persegi untuk membantu proses pendempulan.

Setelah body mobil yang bolong tertutup dempul dengan rata kemudian tunggu beberapa saat hingga dempul mengering untuk ke tahap pengamplasan. Untuk tahap pengamplasan agar lebih jelas anda bisa membaca cara mengamplas dempul mobil dengan baik dan benar

Demikianlah tadi tips cara dempul mobil yang kropos semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda semua dan semoga sukses selalu.

NB ; Jika anda melakukan pengecatan body mobil, anda bisa mampir di bengkel kami yang ber alamat di Ds dengkek Kab. Pati Jawa tengah. Sampai ketemu di bengkel kami yaaa😁...


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel