Cara Mudah Dempul Mobil Yang Penyok - Suryadidik.com


Cara Dempul Mobil Yang Penyok - Hallo sobat otomania.. jumpa lagi nii sama suryadidik.com pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar dempul. Apa itu dempul ??

Yaaps betul.. Dempul merupakan bahan yang sering digunakan untuk menutupi lubang atau untuk meratakan bidang yang tidak rata pada kayu maupun logam,

Apa tujuan dempul ?

Pendempulan bertujuan untuk menghaluskan dan meratakan bidang kerja yang tergores serta digunakan untuk meratakan body mobil yang penyok atau tergores. Pendempuan ini dilakukan sebelum ke tahap pengecatan.

Dempul sendiri terbagi dari 3 macam yaitu :

1. Dempul Polyester Putty 

Jenis dempul imi mempunyai dua komponen dan sering disebut sebagai dempul plastik. Dempul ini sendiri menggunakan organic peroxide sebagai hardenner dan mengandung banyak pigment sehingga dapat membentuk lapisan yang tebal dan mudah untuk diamplas.Anda juga bisa membaca cara mudah mendempul mobil yang keropos

Salah satu contoh merk dempul polyester putty adalah  Osanglous, Alfa, Tanury, Autoglow, Bodylight dan lain sebagainya. Salah satu merk dempul terbaik adalah autoglow dan bodylight.

Untuk harga dempul plastik ini bervariasi mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 200.000. Jika dempul yang digunakan hanya sedikit anda bisa membeli dempul yang ukuran satu kilogram seharga sekitar Rp 30.000.

 2. Dempul Epoxy Putty

Epoxy putty merupakan dempul yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap karat dan memiliki daya lekat yang baik terhadap berbagai matrial dasar. Bahan utama dempul ini  meliputi epoxy resin dan amine sebagai hardenner.

Olehkarena itu proses pengeringan dempul ini cukup lama dengan pemanas paksa menggunakan mesin oven pengering.

3. Dempul lacquer Putty

Lacquer putty juga biasa disebut dengan dempul spot putty atau dempul odol. Jenis dempul ke tiga ini bahanya terbuat dari Nitrocellulose dan acrylicb resin.

Fungsi utama dempul odol ini adalah sebagai pengganti epoxy atau berfungsi untuk menutupi sambungan dempul agar nantinya bila dicat sambungan dempul tersebut tidak terlihat bila dicat. Dempul odol ini dapat anda aplikasikan secara tipis-tipis untuk menutupi pori-pori atau untuk mendempul goresen pada body mobil yang tidak terlalu dalam.Bila anda aplikasikan terlalu tebal maka dempul ini akan mengklupas.

Namun, alangkah baiknya bila pendempulan bersekala luas atau lebar alangkah baiknya anda bisa melapisinya dengan epoxy terlebih dahulu sebelum ke tahap pengecatan.

Salah satu merk dempul terbaik atau sering digunakan adalah dempul spot Wanda yang harganya sekitar Rp 35.000. Anda juga bisa membaca trik mudah menyambung cat baru dan cat lama biar sama

Laa terus dempul jenis apa nii yang harus digunakan untuk dempul mobil yang penyok ??

Untuk pendempulan pada mobil yang penyok anda bisa menggunakan jenis dempul Polyester Putty atau dempul plastik. Dempul ini juga bisa anda gunakan untuk mendempul body mobil yang keropos.

Lalu bagaimana cara dempul mobil yang penyok ??

Nahh..Berikut ini akan saya berikan tips dan trik supaya anda bisa melakukan proses pendempulan dengan mudah khususnya untuk para pemula. Dan cara ini sudah kami aplikasikan dibengkel dan para konsumen puas dengan hasilnya.  Berikut adalah penjelasanya

Pertama siapkan prsalatan untuk mendempul seperti :
  • Scrap dempul
  • Penggaris alumunium yang agak panjang atau biasa disebut dengan jidar dempul
  • Amplas
  • Palu
  • Linggis kecil
  • Balok kayu
  • Masker
  • Dan mesin gerinda jika diperlukan
Setelah semua peralatan untuk mendempul siap langkah pertama untuk dempul body mobil yang penyok adalah dengan melakukan pencongkelan yaa istilahnya ketoc magic lah😁😁

Mencongkel ?? Caranya gimana ??

Untuk caranya, jika bagian pintu mobil yang penyok anda bisa membuka dinding pintu (Door Trim) yang menempel di bagian dalam pintu dengan membuka baut yang menempel. Setelah baut terlepas, anda bisa mencongkel door trim tersebut dengan menggunakan obeng min. Agar tidak membuat lecet pada cat mobil anda, saat mengunakan obeng untuk mencongkel anda bisa melapisinya dengan kain.

Jika pintu mobil anda menggunakan sistem power window jangan lupa untuk melepas kabel-kabel penyambung tombol power window yang tertempel pada dinding pintu tersebut.

Setelah door trim terlepas, anda bisa mendorong bagain penyok tersebut menggunakan tangan atau menggunakan balok kayu. Jika bagian yang penyok sulit dijangkau oleh tangan anda bisa menggunakan linggis kecil untuk mendorong nya hingga body mobil yang penyok tersebut rata.

Untuk meratakan bekas congkelan linggis tadi anda bisa memukulnya dengan palu kecil secara perlahan. Raba dengan tangan jika dirasa masih belum rata anda bisa memukulnya kembali dengan palu.

Jika yang penyok bagian dumper gimana ??

Bila yang penyok bagian dumper cara mengatasinya sangatlah mudah yaitu dengan melepas dumper tersebut kemudian siram bagian yang penyok tersebut dengan air yang mendidih. Penyiraman air mendidih harus dilakukan dari bagain dalam dumper.

Setelah disiram dengan air mendidih kemudian dorong bagian yang penyok tersebut menggunakan balok kayu. Jika masih sulit siram kembali menggunakan air panas agar dumper tersebut lentur dan bisa didorong.

Setelah body yang penyok teratasi, tahap selanjutnya adalah pendempulan.

Untuk proses dempul mobil yang penyok langkah pertama adalah amplas bagian bekas penyok tadi menggunakan amplas halus nomor 600/360 amplas hingga debu dan kotoran yang menempel hilang agar dempul semakin kuat menempel.

Kemudian ambil dempul secukupnya menggunakan scrap jangan lupa untuk menambahkan hardenner kira-kira saja antara 10 :  2 intinya semakin banyak mencampurkan hardenner dempul akan semakin cepat mengering.

Isi panel bekas penyok tadi dengan dempul menggunakan scrap. Ingat proses pendempulan tidak bisa langsung jadi, harus setapa demi setapa.

Tunggu hingga dempul mengering, kemudian oleskan kembali dempul sampai terlihat rata. Jika masih belum rata tunggu dempul mengering dan oleskan kembali dempul sampai terlihat rata.

Jika bidang yang akan didempul lebar atau luas anda bisa menggunakan alat bantu seperti penggaris aluminium. Untuk cara menggunakanya cukup lah mudah isi bagian yang tidak rata atau bekas penyok dengan dempul kemudian tarik dari atas kebawah menggunakan pengaris tunggu hingga dempul mengering kemudian ulangi kembali hingga dempul rata dengan bagian panel yang tidak terdempul.



Jika masih belum rata oleskan kembali dempul kemudian tarik dengan pengaris dari samping tarik kiri kenkanan atau sebaliknya. Untuk bagian lekukan seperti dumper anda bisa menggunakan penggaris tipis yang lentur atau bisa menggunakan gergaji kayu bekas. Ingat jika menggunakan gergaji bekas gunakan bagain atas nya yang lurus atau bagain yang tidak bergerigi.

Setelah dempul sudah rata, tunggu hingga 1 jam atau sampai dempul mengering keras untuk melakukan tahap pengamplasan.

Gunakan amplas nomor 120 lakukan pengamplasan dengan paking kayu atau alas kayu agar hasil pengamplasan bergelombang. Setelah dempul rata ulangi kembali proses pengamplasan menggunakan amplas nomor 240 dan 360/600 hingga halus dan bekas amplasan tidak terlihat.

Agar pengamplasn dempul enteng dan tidak keras anda bisa mengoleskan sabun colek sebelum melakukan pengamplasan.
 
Cara dempul mobil yang penyok selanjutnya adalah tahap epoxy jika pendempulan hanya sedikit atau tidak terlalu luas anda bisa menggunakan dempul spot(dempul odol) dengan cara mengoleskan secara tips-tips hingga dempul tidak terlihat. Pada bagian pingfir dempul atau sampungan dempul oleskan dempul spot agak tebal.

Lakukan kembali pengamplasan menggunakan amplas nomor 360/600. Lakukan pengamplasan hingga lapisan dempul spot terasa halus. Pada bagian pinggir dempul atau sampungan dempul lakukan pengamplasan secara hati-hati agar dempol spot tidak hapis terkikis amplas. Untuk pengaplasan dempul odol anda bisa menggunakan packing karet atau sendal swallow yang tidak terpakai. Anda juga bisa membaca cara dempul body mobil yang keropos

Demikian lah tadi seputar info Cara Dempul Body Mobil yang Penyok semoga artikelo kali ini bermanfaat dan jangan sumkan untuk bertanya.

NB : Jika ada berminat anda bisa melakukan pengecatan atau pendempulan body mobil di bengkel kami yang beralamat di Ds Dengkek kab. Pati Jawa Tengah WA/Tlp 085640379019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel