Cara Mendempul Bumper Plastik Yang Pecah, Robek & Renggang



Cara mendempul bumper plastik - Pada awal diciptakan mobil atau pembuatan mobil, unsur dumper sebetulnya difungsikan sebagai pengaman jika mobil mengalami benturan atau tabrakan sehingga jika mobil mengalami tabrakan tidak serta merta membuat body mobil penyok.

Tak heran jika mobil jadul atau mobil keluaran tahun 80.an dumper mobil terbuat dari plat besi yang kuat. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan permintaan pasar yang awalnya dumper terbuat dari plat besi sekarang dumper terbuat dari plastik.


Memang, dumper yang terbuat dari plastik lebih terlihat elegan dan menambah kesan keren pada mobil tersebut. Namun dumper mobil yang terbuat dari plastik lebih mudah penyok dan robek saat terjadi benturan. Sehingga yang pada awalnya fungsi dumper sebagai pengaman sekarang beralih fungsi menjadi dekorasi body mobil agar terlihat lebih elegan dan menambah kesan mewah mobil tersebut.

Letaknya yang didepan dan di belakang dumper mobil menjadi korban utama saat mobil terjadi benturan atau tabrakan. Tak jarang tabrakan tersebut bisa mengakibatkan dumper mobil menjadi penyok, pecah bahkan sampai hancur berkeping-keping.

Jika dumper mobil anda mengalami hal serupa asalkan tidak hancur berkeping-keping masih bisa diperbaiki kok dengan cara melakukan proses pendempulan. Selain untuk mendempul mobil yang kropos dempul juga bisa untuk memperbaiki dumper mobil yang penyok dan renggang.

Berikut ini adalah cara mendempul bumper plastik yang pecah atau penyok yang bisa anda lakukan sendiri dirumah. Karena jika dibawa ke bengkel biaya perbaikan dumper cukup mahal.

Jika kondisi dumper hanya lecet dan tergores anda bisa langsung melakukan proses pendempulan. Perlu anda ingat sebelum melakukan pendempulan anda harus melakukan pengamplasan terlebih dahulu hingga jamur dan kotoran yang menempel hilang. Ini bertujuan agar dempul menempel dengan kuat dan tidak mudah mengklupas.

Jika kondisi dumper pecah atau robek terlebih dahulu anda harus menjahitnya agar bagian yang pecah atau robek menyatu kembali. Penjahitan dumper yang robek sebenarnya sama halnya dengan menjahit pakain jadi mudah sekali untuk anda coba.

Sebelem menjahit dumper yang pecah anda harus menyiapkan pralatan seperti :
  • Mesin bor atau solder
  • kawat kecil (bendrat)
  • Tang penjepit
  • Lem alteco (lem korea)
  • Dan yang terakhir dempul plastik
Setelah semua perlengkapan lengkap langkah pertama yang harus anda dengan melepas dumper mobil yang pecah dan robek dengan cara membuka baut dan clip yang terletak pada bagian atas, bawah dan kanan kiri. Dan jangan lupa untuk melepaskan kabel-kabel yang menempel pada dumper.

Agar dumper tidak lecet dan tergores saat meletakan demper pada tempat yang empuk dan halus atau andi bisa menggunakan kain untuk tatakan dumper.

Kemudian anda bisa melubangi ke dua sisi demper yang pecah dengan mesin bor atau solder. Setelah terlubangi kemudian masukan ke dua sisi lubang tersebut dengan kawat bendrat kemudian tarik kawat tersebut dengan tang penjepit  sampai bagian yang pecah menyatu kembali.

Agar demper yang pecah menyatu dengan kuat, ikat bendrat kuat-kuat dengan tang penjepit. Lakukan pengikatan kawat dari dalam dumper supaya tali kawat tidak begitu kelihatan. Untuk menambah kekuatan jahitan anda bisa meneteskan lem alteco(lem korea) pada setiap sisi jahitan.

Jika tidak memiliki mesin bor dan solder gimana cara ngelubanginya om ??

Anda masih bisa menggunakan alat lainya kok yaitu dengan menggunakan paku. Panaskan paku pada api kompor gas setelah paku panas anda bisa melubangi dumper tersebut. Karena paku dalam keadaan yang panas berhati-hatilah saat memegangnya anda bisa menggunakan kain atau sarung tangan anti panas untuk memegangnya.


Agar bekas jahitan tidak terlihat anda bisa melakukan proses pendempul. Selain untuk mendempul body mobil yang penyok dempul juga bisa anda gunakan untuk mendempul dumper plastik. Berikut adalah cara pendempulanya.

Sebenarnya cara mendempul dumper plastik sama halnya dengan mendempul body mobil yang penyok. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan area yang akan anda dempul atau pada area bekas jahitan dempur tadi.

Agar dempul awet dan menempel dengan kuat, anda bisa melakukan pengamplasan  menggunakan amplas halus nomor 360/600 pada area yang akan anda dempul.

Setelah bersih anda bisa memulai proses pendempulan. Ingat proses pendempulan tidak bisa sekali jadi. Lakukan pendempulan tipis-tipis terlebih dahulu kemudian ulangi dan ulangi hingga diarasa dempul sudah halus dan tidak bergelombang.

Kemudian tunggu dempul hingga mengering keras dan anda bisa melakukan pengamplasan. Gunakan amplas nomor 240 agar bekas amplasan tidak terlihat kasar namun, jika dempul yang anda amplas agak luas atau lebar anda bisa menggunakan amplas kasar dulu nomer 120 kemudian ulangi menggunakan amplas halus nomor 240. Ini bertujuan agar bekas amplasan tidak terlihat setelah di cat.

Untuk lebih jelasnya tentang teknik pengamplasan anda bisa membaca cara mengaplas dempul mobil dengan baik dan benar

Jika demper yang ingin anda dempul penyok alangkah baiknya anda harus memperbaikinya terlebih dahulu.

Emang bisa di benerin demper penyok ??

Sangat bisa..Karna di suryadidik.com semua bisa๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Jika anda belum tahu pasti akan bertanya tanya gimana cara memperbaiki dumper mobil yang penyok. Baiklah agar anda tidak penasaran, berikut ini kami berikut tips cara memperbaiki demper mobil yang penyok.

Sebelumnya anda harus menyiapkan perlengkapan seperti :
  • Balok kayu yang agak kecil
  • Air mendidih (air panas)
  • Dan juga obeng  
Untuk memudahkan pengerjaan alangkah baiknya anda harus mencopot dumper dari bodi mobil. terlebih dahulu. Letakkan dumper pada posisi terbalik mangsudnya gini bagian dumper yang dalam berata diatas dan bagian dumper luar berada di bawah.

Siramkan air mendidih pada bagian yang penyok tadi kemudian dorong bagian yang penyok dengan balok kayu hingga bagian yang penyok kembali seperti semula. Semakin panas air yang anda gunakan maka akan semakin mudah untuk mengembalikan dumper mobil yang penyok. Ingat penyiraman harus dilakukan pada bagian dalam dumper.

Baca juga Penyebab dempul retak yang harus anda ketahui

Cara diatas sebenarnya menanfaatkan hukum fisika jika plastik terkena panas pasti akan meleleh atau lentur. Jadi saat dumper yang penyok terkana air panas maka akan lentur sehingga mudah untuk dikembalikan ke bentuk semula.

Namun, cara ini hanya bisa digunakan pada dumper yang berbahan plastik. Jika dumper mobil yang penyok berbahan plat besi maka akan percuma.

Cara ini sangat ampuh untuk menggatasi dumper yang penyok kembali seperti semula bahkan tanpa harus dilakukan pengecatan dan pendempulan. Namun jika ada bagian yang lecet akibat bekas penyok tadi anda bisa melakukan pendempulan untuk meratakanya.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang Cara memperbaiki bumper plastik yang pecah penyok, robek dan renggang. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel