Kaca Helm Anda Lecet Dan Kusam..Berikut Cara Mudah Mengatasinya


Cara Membersihkan Kaca Helm Yang Lecet Dan Kusam - Selain untuk menambah gaya helm, visor atau kaca helm juga berfungsi sebagai pelindung wajah dan mata dari debu, kotoran, air hujan dan terik panas matahari.

Salah satu bagian terpenting dalam helm ini kerap kali bersentuhan lansung dengan tangan sehingga secara tidak disengaja kuku kita mengenai kaca helm tersebut sehingga bisa membuat lecet pada kaca hlem tersebut.

Penyebabkan visor lecet lainya adalah akibat hlem sering terjatuh, penempatan hlem yang kurang layak, membersihkan kaca dengan kain kasar dan lain sebagainya.

Selain mengurangi tampilan helm goresan pada kaca helm juga akan mengurangi jarak pandang ada saat berkendara terutama pada malam hari.

Nahh.. Jika saat ini kaca helm anda tergores, berikut ini kami memiliki tips sederhana cara membersihkan kaca helm yng kusam dan pudar.



Untuk memudahkan proses pengerjaan alangkah baiknya anda bisa melepas kaca helem terlebih dahulu dengan cara membuka baut pada sisi kanan dan kiri kaca helm. Kemudian cuci kaca helm dengan sabun hingga bersih dan upayakan saat membilasnya dibawah air yang mengalir supaya kotoran yang masih menempel ikut menghilang.

Amplas secara perlahan pada permukaan visor atau kaca yang masih basah dengan menggunakan amplas air halus nomor 1000. Sambil diguyur dengan air sabun atau dengan air yang mengalir. Lakukan secara terus tahap pertama ini terutama apada bagian kaca yang tergores.

Setelah diamplas nantinya kaca helem akan terlihat kusam. Namun tenang, Setelah kaca helm kering  anda bisa melakukan pemolesan untuk mengkilapkan kembali. Lakukan pemolesan dengan white compound gunakan kain microfiber atau kain apa saja yang penting kain halus.

Oleskan kompon secara merata pada kaca helm terutama bagian yang diamplas tadi kemudian gosok dengan gerakan memutar dengan memberi sedikit tekanan. Ulangi proses pemolesan ini hingga lecet pada kaca helm menghilang

Selain menghilangkan lecet pada kaca helm pemolesan juga bisa menghilangkan noda kusam dan jamur yang membandel.

Agar kaca helm kembali mengkilap seperti baru, anda bisa mengoleskan kit atau turtell(obat pengkilap) pada kaca helm anda. 

Sebelum anda melakukan cara membersihkan kaca helm yang lecet dan kusam, untuk mengetahui apakah kaca visor anda tahan amplas atau tidak, cobalah untuk mengaplas sedikit pada bagian pojok bawah kaca helem tersebut (dekat engsel).

Jika tahan amplas, lanjutkan proses pengamplasan pada bagian tengah vitor atau pada bagian yang tergores. Namum jika goresan pada kaca helm terlalu banyak atau goresan nya terlalu dalam akan lebih baik anda mengantinya dengan yang baru.

Selain proses pengamplasan cara membersihkan kaca helm yang lecet dan kusam juga bisa anda hilangkan dengan menggunakan pasta gigi. Berikut adalah cara menghilangkan baret di kaca helm dengan pasta gigi odol

Perlu anda ketahui
  • Sebaiknya gunakan pasta gigi non gel untuk menghilangkan baret pada kaca helm. Mengapa demikian?? Karana jenis non jel lebih ampuh dibandingkan dengan pasta gigi non gel.
  • Menghilangkan baret dengan pasta gigi akan berhasil jika goresan tersebut dangkal. Untuk bisa mengetahui dangkal atau tidaknya goresan tersebut lihatlah cekunganya. Andabisa mencoba meraba goresan tersebut dengan jari tangan. Jika gorsan tersebut agak cekung atau bisa dirasakan dengan jari itu tandanya goresan tersebut terlalu dalam.
 Untuk langkah-langkahnya
  •  Langkah pertama pastinya siapkan pasta gigi dan juga kain lap yang bersih dan kering.
  • Bersihkan permukaan kaca hingga dipastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel.
  • Oleskan pasta gigi secukupnya dengan menggunakan teknik pengolesan searah. jika goresan vertikal oleskan pula secara vertikal. Begitu juga jika arahnya horizontal.
  • Kemudian gosok menggunakan kain yang bersih dan halus. Untuk mempercepat menghilangkan baret lakukan penggosokan dengan gerakan memutar dan beri sedikit tekanan.
  • Dan ulangi langkah-langkah diatas jika perlu.
Dari pada kita membeli kaca baru lagi dengan harga yang cukup mahal, mengapa kita tidak memanfaatkan pasta gigi yang murah meriah bahkan kita sudah punya di kamar mandi๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Agar kaca helm anda tidak cepat buram dan kusam ada baiknya anda bisa mengikuti tips cara merawat kaca helm yang benar. Berikut penjelasanya :

Pertama, anda harus menyiapkan peralatan seperti
  • Dua kain yang halus
  • Hand sanitizer/ pembersih monitor komputer, pembersih monitor pur ( baby oil )
  • Dan air hangat
setelah semua peralatan siap anda bisa membuka kaca hlem tersebut dengan cara membuka baut yang terletak pada engsel kanan kiri.

kemudian bersihkan kaca helm dengan air hangat hingga debu dan kotoran yang menempel menghilang. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya lecet pada kaca. Sebab jika ada kotoran atau debu yang masih mempel jika langsung dilap maka akan membuat goresan pada kaca tersebut

Basahi kain yang lembut tadi dengan  hand sanitizer(baby oil). Kemudian ratakan cairan tersebut ke seluruh permukaan dalam dan luar kaca helm. Biarkan sejenak lalu lap kembali kaca helm tanpa menggunakan baby oil.

Untuk perawatan harian, cukup bersihkan kaca helm cukup menggunakan tisu basah sebelum berangkat berpergian.

Agar helm tetap awet dan terjaga, simpan helm simpan hlem ditempat yang aman dan tidak mudah terjatuh.

Selalu simpan helm ditempat yang tertutup dengan bungkus plastik atau pembungkus lainya agar tidak terkena debu dan kotoran. Jika debu dan kotoran lama mengendap pada kaca helm maka akan mempercepat kaca helm menjadi buram dan kusam.

Jika dipakai hujan-hujan maka segeralah bersihklan sisa-sisa air hujan setelah helm tidak dipakai. terutama pada bagian kaca helm. Jika sisa-sisa air hujan tidak segera dikeringkan maka akan menimbulkan bercak air yang bisa membuat kaca helm anda cepat kusam.

Demikianlah info seputar Cara membersihkan kaca helm yang lecet dan kusam. Semoga bermanfaat dan semoga sukses selalu. Jika masih binggung anda bisa bertanya dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel