Cara sederhana Memperbaiki Dumper Plastik Yang Pecah


Cara memperbaiki dumper plastik yang pecah kali ini sengaja kami buat kepada anda yang ingin belajar menjadi seorang body repair ataupun bagi anda yang ingin mencoba memperbaiki demper mobil sendiri dirumah. Kalau bisa memperbaiki dumper plastik sendiri kan lumayan bisa ngirit heehe karena tak sedikit biaya perbaikan benper mobil di bengkel cat.

Seperti kita ketahui demper mobil pada awalnya dibuat sebagai pengaman atau pelindung jika mobil terjadi tabrakan. Pada mobil-mobil klasik atau mobil tahun 80.an demper mobil terbuat dari plast besi yang sangat kuat sehingga tidak mudah penyok atau renggang saat terjadi tabrakan.

Pada mobil keluaran terbaru bemper mobil sudah banyak yang terbuat dari bahan plastik karena bemper yang terbuat dari plastik lebih terlihat keren dan elegan (kata para konsumen). Namun kelemahan dumer yang terbuat dari plastik adalah sangat mudah pecah ataupun penyok saat terjadi tabrakan meskipun itu tabrakan ringan.

Bahkan saat ini dumper mobil ditambah aksesoris body kit yang sedemikian rupa yang ditempel pada bagian depan dan belakang dumper sehingga menambah kesan mobil tersebut lebih terlihat mewah.

Letaknya yang di depan dumper mobil memang sangat rawan sekali terkena benturan baik itu benturan ringan atupun parah sampai dumper tersebut pecah berkeping-keping.
 
Jika demper mobil anda mengalami demikian (walaupun hanya ringan dan hanya lecet-lecet saja) tentunya kalau mobil anda masih tanggungan asuransi pasti akan mendapatkan ganti yang baru.

Dan bagi anda yang mobilnya sudah tidak asuransi, tentunya biaya untuk memperbaiki dumper mobil yang pecah harus anda tanggung sendiri. Nah jika anda berniat untuk memperbaiknya sendiri kami ada beberapa tips mudah cara memperbaiki dumper plastik yang pecah dengan langkah-langkah yang kami tulis sedemikian rupa agar anda mudah memahaminya. Berikut penjelasanya

Baca juga cara mudah menghilangkan bekas lem alteco lem korea di body mobil

Pecah bisa berarti terbelah asal tidak menjadi terbelah berkeping-keping itu namanya hanjur luluh yaa, kalau dumper mobil termasuk pecah berkeping-keping lebih baik di buang saja'

Beriku cara memperbaiki dumper plastik yang pecah :

Pertama anda harus menyiapkan peralatan seperti :
  • Obeng
  • Tang penjepit
  • Amplas
  • Kawat kecil atau kawat bendrat
  • Lem alteco (lem G lem korea)
  • Mesin bor atau solder
  • Dan yang terakhir dempul
Setelah semua peralatan lengkah anda bisa membuka dumper mobil tersebut dengan cara membuka baut dan clip yang berada pada bagian bawah, atas, tengah dan juga bagian samping.

Berhati-hatilah saat membuka dumper agar cetokan dumper yang letaknya di kanan kiri dumper jika cetokan tersebut patah maka dumper mobil anda akan renggang. Esst jangan lupa juga untuk melepas kabel lampu dan juga kabel sensor yang menempel pada dumper yaa.

Agar demper tidak lecet dan tergores setelah demper terlepas beri alas kardus atau kain untuk alas meletakan demper tersebut.

Langkah selanjutnya adalah lakukan proses penjahitan.Ya proses penjahitan merupakan langkah sederhana untuk memperbaiki dumper plastik yang pecah.

Sebenarnya cara penjahitan dumper mobil sama halnya dengan cara menjahit pakaian yang robek cuman, jika menjahit pakain menggunakan benang namun untuk menjahit demper menggunakan kawat kecil (kawat bendrat).

Berikut adalah cara menjahit demper mobil yang robek :


Untuk langkah pertama cara menjahit demper yang robek adalah dengan cara melubangi pada kedua sisi demper yang pecah menggukan mesin bor atau dengan solder. Jika anda tidak memiliki mesin bor atau solder anda bisa melubangi dumper yang akan dijahit dengan paku. Agar paku kuat menembus  demper panaskan paku pada api kompor gas jika paku sudah panas anda bisa melubangi duper yang akan anda jahit.


Berhati-hatilah saat memanaskan paku agar tangan tidak terkena panasnya paku anda bisa memegang paku yang panas tersebut menggunakan kain atau tang penjepit.

Setelah ke dua sisi terlubangi masukan ke dua sisi lubang tersebut dengan kawat bendrat kemudian tarik dengan tang penjepit hingga bagian yang pecah menyatu. Kemudian ikat kawat tersebut dengan tang penjepit. Agar ikatan kawat tidk terlihat anda bisa mengikatnya dari dalam dumper.

Jika dumper plastik yang pecah agak panjang lakukan penjahitan hingga beberapa kali agar dumper yang robek tidak mudah pecah kembali.

Agar jahitan lebih kuat, anda bisa memberinya lem alteco dan bubuk kopi. Hah bubuk kopi ? caranya gimana ??

Untuk caranya cukup mudah yaitu cukup meneteskan lem alteco secara merata pada bagian dumper yang dijahit kemudian taburkan bubuk kopi diatas lem alteco tersebut Kemudian teteskan kembali lem alteco(lem korea) di atas bubuk kopi tersebut.

Langkah yang terakhir untuk cara memperbaiki dumper yang pecah adalah proses pendempulan. Proses pendempulan ini bertujuan untuk menutupi kawat bekas jahitan tersebut sehingga dumper mobil kembali seperti semu tanpa ada bekas pecahan dumper.

Proses pendempulan dumper plastik sebenarnya sama halnya dengan proses mendempul body mobil lainya sehingga mudah sekali untuk anda pelajari.

Langkah pertama cara mendempul dumper plastik adalah pengamplasan. Lakukan pengamplasan pada area dumper yang sudah dijahit tadi. Agar dumper tidak mudah terkelupas lakukan pengamplasan hingga bersih dari kotoran dan jamur yang menempel. Untuk pengamplasan anda bisa mengunakan amplas no 360/600.

Setelah permukaan demper bersih ambil dempul secukupnya kemudian oleskan pada bekas jahitan tadi. Ingat proses pendempulan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali sehingga ulangi proses pendempulan beberapa kali hingga bekas jahitan tadi tidak terlihat.

Jika pendempulan dilakukan pada lekukan demper anda bisa menggunakan sendal bekas. Mengapa harus sandal bekas ? karena sendal bekas terbuat dari karet sehingga bisa lentur saat mendempul bagian lekukan atau bagian sudut demper.

Setelah proses pendempulan selesai lakukan pengamplasan. Lakukan proses pengamplasan menggunakan amplas air halus nomor 240/400 dan 360/600. Mengapa harus menggunakan amplas halus ? karena jika menggunakan amplas kasar maka bekas amplasan nanti akan terlihat setelah proses pengecatan.

Agar hasil pengamplasan tidak bergelembong lakukan proses pengamplasan menggunakan amplas nomor 240 terlebih dahulu dengan alas kayu. Jika pengamplasan pada bagian lekukan lakukan pengamplasan menggunakan alas sendal bekas.

Setelah menggunakan amplas no 240 ulangi kembali proses pengamplasan dengan amplas nomor 360. Ini bertujuan agar dempul terlihat halus dan bekaks amplasan tidak terlihat saat di cat.

Langkah yang terakhir adalah proses pengecatan. Agar cat tidak mudah mengkelupas alangkah baiknya sebelum melakukan pengecatan alangkah baiknya anda melakukan proses epoxy terlebih dahulu. Dan Dumper yang dulunya pecah pun kembali seperti semula.

Cukup mudah bukan cara memperbaiki dumper yang pecah jika masih binggung anda bisa bertanya pada kolom komentar dibawah. Janganlah sumkan untuk bertanya karena pepatah mengatakan malu bertanya akan sesat di jalan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel